Monday, July 23, 2012

Kueh cantik manis


Kueh cantik manis
 Tidak terasa puasa telah tiba..dibulan baik ini tentunya disambut meriah oleh seluruh umat muslim didunia. Kalau di Indonesia suasananya pasti sudah sangat meriah terutama pada saat menjelang buka puasa. Kita bisa berkeliling melihat-lihat pasar Ramadhan. Pasar Ramadhan ini hanya ada disaat bulan Ramadhan saja, biasanya menjual beraneka ragam jajanan dan lauk pauk untuk berbuka. Di pasar ini hampir semua makanan yang dijajakan homemade karena yang berjualan biasanya ibu-ibu rumah tangga yang mencari sedikit rejeki menjelang hari raya. Mereka menuangkan semua ketrampilannya dan membagikan resep andalan keluarganya dengan berjualan. Kalau di Malang biasanya pasar Ramadhan sering ditemui di sekitar Jl.Soekarno-Hatta, Jl. Sulfat, daerah Sawojajar, dan sekitar Pasar Besar.

Sekarang tinggal jauh di negara orang Ramadhan dirayakan tidak semeriah di negara sendiri. Walaupun demikian banyak juga rumah makan yang menyediakan paket "Iftar" yang telah dilengkapi dengan takjil untuk berbuka, takjilnya biasanya berupa kurma atau wattalapan (sejenis puding caramel yang terbuat dari santan kental). Kebiasaan warga muslim Srilanka berbuka didahului dengan makan sejenis bubur yang mereka sebut "kanji". Bubur beras ini hampir serupa dengan bubur ayam Indonesia tetapi tanpa lauknya dan dimasak dengan santan dan dibuat agak encer serta dimakan hangat-hangat, baru setelah itu makan utama. Untuk kami sendiri warga Indonesia biasanya ada banyak kegiatan di KBRI. Selain pengajian yang diadakan setiap hari untuk ibu-ibu dan anak-anak, ada pula buka puasa bersama pada hari-hari tertentu.

Tanpa disadari dimanapun tempat Ramadhannya memang yang paling sibuk adalah para ibu terutama yang jauh dari tanah air seperti saya. Kalau biasanya menyusun menu harian saja maka sekarang kesibukannya bertambah dengan harus menyusun menu selama Ramadhan. Yang jelas menu Ramadhan dibuat sedikit lebih istimewa dari hari biasa. Tambahan menu ini biasanya berupa jajanan kecil atau takjil untuk berbuka. Dalam menu kali ini saya membuat Kueh Cantik Manis, jajanan ini mudah dibuat dan enak. Resepnya saya ambil dari buku membuat "Kue-kue Nusantara" terbitan PT Gramedia Pustaka yang saya modifikasikan tampilannya agar sedikit menarik.

Untuk para ibu...Selamat menjalankan ibadah puasa dan tetap semangat.....

Kueh Cantik Manis

Bahan Hijau
- 800ml Santan
- 100gr tepung hun kwe
- 1 sdm tepung beras
- Pasta pandan
- 200gr gula pasir

Bahan Putih :
- 1/2 cup pacar china warna-warni (sago seed) yang sdh direbus matang
- 450ml santan
- 50gr tepung hun kwe
- 1 sdm tepung beras
- 100gr gula pasir

Cara Membuat :
  1. Aduk semua bahan hijau sampai tepung larut, bagi 2 adonan.
  2. Masak adonan pertama dalam panci dan rebus hingga mendidih dan kental.
  3. Tuang dalam loyang yang sudah dialas plastik dan dioles dengan minyak. Biarkan agak dingin.
  4. Campur semua bahan putih kecuali pacar china (sago seed), masak sampai mendidih, tuang pacar chinanya aduk rata, sampai mengental dan matang, angkat.
  5. Tuang adonan putih diatas adonan hijau, dinginkan.
  6. Masak kembali sisa adonan hijau sampai mendidih dan matang, tuang diatas loyang adonan pertama dan kedua. dinginkan.
  7. Kueh cantik manis bisa dipotong setelah benar-benar dingin.

Catatan :
  • Adonan dapat ditumpuk setelah permukaannya agak keras tapi belum benar-benar dingin, agar tiap lapisnya dapat melekat sempurna.
  • Santan bisa diganti dengan susu segar atau susu non fat.

No comments:

Post a Comment