Wednesday, February 22, 2012

Jajan Pasar

Jajan Pasar

Hmmm...sudah beberapa hari pengen ngemil tapi bingung mau ngemil apa, agak bosan juga sich setelah beberapa waktu lalu sibuk dengan cake, buttercream dan teman-temannya, pengennya sich yang manis tapi ringan dan enak tentunya. Daripada pengen sesuatu tapi gak jelas apa akhirnya terpaksa buka-buka buku resep buat membantu membuka inspirasi dan ketemulah resep cenil serta teman-temannya....Wah sudah kebayang enak juga ya sore-sore ngemil cenil sambil minum teh..

Makan jajan pasar jadi teringat dulu sewaktu kecil dan liburan di Malang selalu dapat oleh-oleh dari Nenek sebungkus jajan pasar yang dibelinya di pasar sepulang belanja. Bungkusannya terbuat dari daun pisang dan tidak terlalu besar tapi isinya komplit macam-macam, ada cenil, lupis, klepon, singkong gaplek dan berwarna agak kehitaman kalau tidak salah namanya gatot, ada jagung pritilan dan direbus dulu sehingga agak besar serta empuk kemudian baru dikukus, serta sentiling dari singkong, semuanya berbalut kelapa parut yg gurih dan dikucuri gula aren yg manis legit..hmmm jangan ditanya rasanya...mulai dari harum saat membuka bungkusnya sudah bikin air liur menetes...

Saat saya mulai kuliah dan kost di Malang pun, jajanan pasar ini juga merupakan camilan selingan yang sehat dan bergizi juga harganya murah jadi terjangkau dengan kantong mahasiswa kost seperti saya. Langganan saya biasanya disekitar pasar Blimbing, gang didekat sekolah Cor Jessu, daerah comboran atau di belakang ramayana alun-alun Malang. Mereka biasanya buka sore sampai malam hari dengan gerobak dorong dan lampu petromax. Dan percaya atau tidak kemaren saat saya liburan ke Malang para penjual ini masih tetap setia menjual jajan pasarnya ditempat yang sama dan gerobak yang sama...dengan rasa yang tidak berubah sedikitpun...persis seperti ingatan saya dulu.

Dari beraneka ragam jajan pasar ini yang tetap menjadi favorite saya sampai saat ini adalah cenil...buat saya rasanya tanpa cenil bisa dipastikan bahwa itu bukan jajan pasar karena cenil adalah jajan pokok dari jajanan pasar itu sendiri sedang lainnya bisa diganti-ganti atau dihilangkan. Rasa cenil yang kenyal berpadu dengan gurihnya parutan kelapa dan manisnya gula membuatnya tak terlupakan, bahkan sewaktu kecil saya selalu menghabiskannya duluan karena takut kehabisan dan keduluan yang lain....

Dibawah ini saya tuliskan resep cenil dan sentiling singkong sedangkan resep klepon sudah saya tuliskan resepnya disini. Selamat mencoba...


Resep Cenil

Bahan :
- 275 tepung sagu
- 100cc air mendidih
- 2 sdm air
- Pewarna merah dan hijau

Cara Membuat :
  1. Ambil 1 sdm tepung sagu, cairkan dengan 2 sdm air, aduk rata.
  2. Tuang campuran ke dalam 100ml air mendidih, aduk sampai kental, angkat dinginkan.
  3. Masukkan sisa tepung kedalam adonan, uleni sehingga bisa dibentuk.
  4. Bagi adonan menjadi 2 buah (tergantung warna yang dikehendaki), campur rata dengan pewarna dan bentuk bulat panjang (sebesar kelingking)
  5. Masukkan adonan cenil dalam air yang banyak dan mendidih, tunggu hingga mengapung, dan angkat.
  6. Hidangkan beserta parutan kelapa dan kucuran gula aren manis. 

Resep Sentiling Singkong

Bahan :
- 500gr singkong kupas, parut
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt vanilli
- 100 gr gula pasir (sesuai selera)
- Pewarna

Cara membuat :
  1. Campur parutan singkong dengan gula, garam dan vanilli, aduk rata.
  2. Bagi adonan jadi beberapa bagian sesuai dengan warna yang diinginkan (bisa satu warna saja)
  3. Masukkan adonan ke dalam cetakan yang sudah dialasi daun pisang/plastik dan dipoles dengan minyak.
  4. Kalau ada beberapa warna maka masukkan adonan ke dalam cetakan berselang seling sesuai warnanya (seperti kue lapis).
  5. Kukus adonan hingga matang, potong-potong.
  6. Hidangkan beserta parutan kelapa.

 Catatan :
  • Pada resep cenil, bila tidak ada tepung sagu/kanji bisa diganti dengan tepung jagung (maizena), dengan cara dan perbandingan yang sama. Walaupun memiliki kekenyalan yang sedikit berbeda tapi memiliki rasa yang hampir sama.
  • Parutan kelapa sebaiknya dikukus terlebih dahulu sampai matang agar tahan lama, dan tambahkan garam sedikit bila suka.
  • Air gula bisa didapat dari : gula aren atau gula kelapa yang disisir halus serta dimasak dengan sedikit air sampai agak kental.

2 comments:

  1. mb ijin nyontek resep cenilnya ya
    trus klo mw follow blog itu gimana caranya sih #maaf sy newbie
    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Silahkan mbak...kalau mau mingikuti blog saya tambahkan saja di daftar bacaan, alamatnya www.dyahretnomulyandari.blogspot.com. Terimakasih kembali...

    ReplyDelete