Friday, April 22, 2011

Sate daging manis



Beberapa hari lalu di supermarket dekat rumah ada promosi daging import, wah sebuah kebetulan pikir saya, karena selama ini terus terang saya agak kesulitan membeli daging yang di jual dipasaran. Sebenarnya bukannya tidak ada daging yang di jual, tapi entah kenapa saya tidak menemukan daging yang cocok di negara tempat saya tinggal ini. Menurut saya pribadi daging yang dijual berkualitas jelek dan memiliki aroma yang tidak saya sukai. Entah karena pikiran saya sendiri yang selalu melihat sapi berkeliaran dimana-mana dan memakan apa saja yang ditemuinya di tempat-tempat sampah, tapi memang bau dari dagingnya yang dimasak lain sekali dengan bau khas daging seperti yang biasanya dan dagingnya sangat keras walaupun sudah dimasak dengan press cooker. Padahal harga daging sapi dan semua turunannya seperti jerohan dan lain-lain disini sangat murah sekali dibandingkan dengan di negara kita. Hal ini mungkin juga karena daging sapi bukanlah merupakan makanan favorite di negara yang sebagian besar penduduknya beragama budha dan hindu ini dan banyak dari mereka yang vegetarian.

Setelah mendapatkan daging fillet tanpa lemak yang berkualitas bagus, maka putar otaklah mau dimasak apakah daging ini. Pikir punya pikir kenapa tidak mencoba membuat sate saja, karena sate daging sangat cocok memakai fillet tanpa lemak yang berkualitas baik, dan dimulailah perburuan resep sate daging yang ada di internet. Pilihan saya akhirnya jatuh ke resep daging manis, dengan sedikit modifikasi dengan menambahkan kacang pada bumbu perendamnya maka jadilah resep daging manis ala saya....Rasanya tidak mengecewakan apalagi bila dihidangkan dengan kecap manis dan irisan bawang dan cabe rawit, hmmm....anak saya yang bukan pecinta daging sapipun ternyata sangat menyukainya karena empuk dan harum.....Selamat mencoba.....


Bahan Sate :
- 500 gr fillet daging sapi dengan kualitas baik potong tipis-tipis
- Tusuk sate
- 4 sdm kacang tanah goreng halus (saya pakai peanut butter).

Bahan Perendam :
- 10 butir bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 2 sdm ketumbar bubuk
- 1 sdt garam
- 75 gr gula jawa sisir halus
- 50 gr asam jawa
- 3 lembar daun jeruk buang tulang tengahnya
- 4 sdm minyak goreng
- 3 batang serai ambil putihnya

Bahan pengoles :
- 2 sdm gula pasir
- 6 sdm kecap manis

Cara Membuat :
  1. Daging fillet potong tipis-tipis, sisihkan.
  2. Haluskan semua bumbu perendam lalu tumis sampai harum, angkat, dinginkan dan tambahkan kacang tanah bubuk.
  3. Rendam irisan daging dengan bumbu perendam, diamkan kurang lebih 1 jam agar meresap.
  4. Tusuk 4 potong daging dengan tusuk sate.
  5. Panggang sate daging diatas panggangan dengan bara api, balik-balik sambil dioles dengan bahan pengoles.

Pelengkap :
- Sambal kecap yang terdiri dari kecap manis dan irisan cabe rawit dan bawang.
- Lontong/ nasi putih
- Kerupuk


Catatan :
  • Memanggang sate daging memerlukan kesabaran khusus karena kalau terlalu lama daging akan terlalu keras dan bila kurang lama maka daging akan mentah.
  • Lama memanggang daging sapi juga berbeda dengan sate ayam, daging sapi akan sedikit lebih lama.
  • Agar matang merata maka sate harus sering dibalik-balik.
  • Selain dipanggang diatas bara api, sate ini juga dapat di panggang dengan oven. Dengan suhu 200 derajat maka lamanya sekitar 5 menit setiap sisi.
  • Bila tidak suka kacang maka kacang bisa diganti dengan kelapa parut sangrai yang sdh dihaluskan.

No comments:

Post a Comment