Thursday, March 20, 2014

Lapis singkong pelangi



Beberapa minggu ini rasanya malas banget ngeblog, malas nge-blog dan malas nyoba resep-resep baru mungkin dikarenakan juga banyak sekali aktifitas lain yang harus segera dikerjakan. Pekerjaan yang tersisa dan menumpuk bukannya langsung dikerjakan malah didiemin aja sampai-sampai gak tau lagi mesti dari mana mengerjakannya. Targetnya sich sebelum bulan Maret habis sudah selesai semua tapi sampai sekarang tidak tersentuh, padahal bulan Maret sudah hampir berakhir.  Mungkin memang perlu penyegaran baru atau suasana yang benar-benar baru buat me re-fresh kembali pikiran dan menaikkan mood.

Masih dalam rangka bermalas-malasan banyak teman yang meminta dibikinkan sesuatu, satu dua ditolak karena memang sedang dititik rendah mood, tapi akhirnya beberapa diterima juga karena sudah terlanjur menolak beberapa kali jadi gak enak hati hehe...akhirnya dengan kesepakatan maka dicarilah resep2 yang mudah dan tidak memakan waktu berpikir maupun mengerjakannya. Kali ini saya membuat lapis singkong pelangi.

Kalau dulu saya pernah mem-posting lapis singkong/ sentiling disini, maka kali ini saya memposting lagi lapis singkong yang saya bentuk di cetakan plastik tahan panas. Perbedaannya dengan lapis singkong yang dulu adalah pada penggunaan agar-agar di dalamnya. Penggunaan agar-agar ini membuat tekstur lapis singkongnya menjadi lebih padat dan kenyal, untuk masalah rasa dua-duanya sama enaknya menurut saya, jadi tergantung selera dan ketersediaan bahan saja mana yang disuka.

Resep lapis singkong dengan agar-agar ini saya dapatkan dari blognya mbak Diah Didi yang bisa dilihat disini ya.....Silahkan mencoba.....

Lapis singkong pelangi

Bahan :
- 1 kg singkong, kupas dan parut halus
- 1 bungkus agar-agar tanpa warna
- 200gr gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1sdt vanilla essence
- 250ml air santan
- Pewarna kue sesuai selera (saya pakai hijau, pink dan kuning)

Bahan taburan :
- 200gr kelapa parut kukus dengan 1/4sdt garam

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan jadi satu
  2. Bagi adonan menjadi beberapa warna.
  3. Olesi cetakan dengan minyak goring, masukkan adonan warna pertama, kukus selama 5mnt.
  4. Masukkan warna berikutnya kukus lagi 5mnt terus ulangi sampai warna habis.
  5. Terakhir kukus selama 15 menit.
  6. Angkat, dinginkan dan keluarka dari cetakan. Gulingkan atau taburi dengan parutan kelapa.

Catatan :
  • Adonan bias dicetak juga di cetakan loaf cake, lama mengukus tambahkan 10mnt dari lama mengukus dicetaka kecil.
  • Pada cetakan besar, agar kue mudah dikeluarkan dari cetakan maka alasi dasar cetakan dengan plastic tahan panas dan oles dengan minyak.
  • Potong-potong setelah dingin.

No comments:

Post a Comment