Tuesday, September 6, 2011

Gado-gado siram ala Malang

Gado-gado siram ala Malang plus emping
Tak terasa lebaran sudah lewat, semua sudah berjalan lancar, sudah pula keliling bersilaturahmi pada para sesepuh, teman dan juga teman kerja suami. Walaupun senang tapi juga meninggalkan rasa capek, rasanya malas sekali memasak, apalagi membayangkan semua makanan berat yang sudah kita nikmati selama lebaran yang tentunya bersantan dan serba daging, duch bikin malas makan juga. Tapi melihat lontong yang masih tersisa di kulkas sayang juga kalau tidak dimanfaatkan, akhirnya terpikir untuk membuat gado-gado siram ala Malang, selain ringan juga gampang dan berbahan sayur mayur yang sangat sehat.
Saya ingat dulu sewaktu kecil Ibu saya sering membuat gado2 ini, terus terang saat itu saya tidak begitu menyukainya karena dalam pikiran saya gado2 itu ya seperti yang dijual di warung-warung di Jakarta yang terdiri dari sayuran2an rebus seperti kankung, kecambah, tahu, tempe dan bumbunya langsung diulek sebelum dihidangkan, bukan seperti yang dimasak Ibu saya. Beliau selalu membuat bumbunya dengan cara dimasak terlebih dahulu. Rasa bumbu yang dimasak ini berbeda dengan yang diulek kerena ada sedikit lebih manis dan gurih, mungkin karena ada penambahan santan dalam bumbunya. Jenis sayurannya juga berbeda karena tidak ada sayuran hijaunya, biasanya terdiri dari wortel, buncis, kentang, kol, telur rebus, tahu goreng dan terkadang daun slada mentah yang dipotong kecil2 disertai pula dengan emping mlinjo atau krupuk merah sebagai pelengkap.
Dan ternyata setelah saya kuliah di Malang kota tempat orang tua saya dulu di besarkan, yang disebut gado-gado ini ternyata ya seperti milik Ibu saya bukan seperti gado2nya Jakarta. Karena makanan ini begitu populer disana maka sayapun mulai menyukainya. Kepopuleran gado-gado siram ini tidak kalah dengan makanan khas Malang lainnya seperti pecel, cwie mie Malang dan bakso Malang. Hampir setiap pelosok menjualnya dan pedagang juga berjualan keliling dengan gerobak-gerobak atau sepeda. Dari semua pedagang gado-gado siram, ada satu tempat legendaris yang menjual gado2 siram dan sangat terkenal di Malang yaitu gado2 Dempo. Tempatnya persis menempel di belakang pagar SMA St. Albertus atau lebih dikenal dengan nama SMA Dempo karena SMA ini terletak di Jl. Dempo.
Warungnya terbuat dari tenda berjejer-jejer menjual gado-gado, es buah2an aneka rupa dan juga Cwie Mie. Seingat saya mulai dari saya kecil sewaktu liburan ke Malang sampai sekarang warung2 ini tetap seperti itu tidak berubah sama sekali, dan masakannyapun tetap sama seperti itu. Deretan warung yang hanya buka siang hari ini sangat terkenal baik bagi warga Malang maupun pendatang dan selalu ramai pengunjung setiap saat.
Dibawah ini saya tuliskan resep gado-gado siram ala Malang yang saya dapatkan dari Ibu saya. Mudah-mudahan bisa menjadi alternatif hidangan pilihan di rumah.

Gado-gado siram ala Malang

Bahan :
- Wortel rebus, potong memanjang spt korek api
- Buncis rebus, potong memanjang
- Kentang rebus, potong dadu
- Kol rebus, rajang kasar
- Daun slada mentah, rajang kasar (saya skip)
- Telur rebus, belah-belah.
- Tahu goreng potong kecil2
- Emping/ kerupuk merah

Bahan Bumbu :
- Satu cup kacang tanah goreng, haluskan (saya pakai blender)
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 cabe merah besar
- 2 cabe rawit
- 1 mata asam jawa
- 1/2 sdt gula merah, sisir halus (saya pakai gula putih biasa)
- Garam
- Santan encer secukupnya (Saya pakai 1 sdm peres bubuk santan instan)
- Air secukupnya

Cara Membuat :
  1. Haluskan semua bumbu dan tumis sampai harum.
  2. Masukkan kacang tanah kedalam bumbu, tambahkan air.
  3. Setelah bumbu dan kacang tercampur maka masukkan santan encer, masak sampai mendidih dan matang.
  4. Bumbu siramkan diatas sayuran yang sudah diatur diatas piring.
  5. Tambahkan remasan emping atau kerupuk merah.


Catatan :
  • Gado-gado ini bisa enak dihidangkan dengan lontong, ketupat, nasi, atau dimakan begitu saja.

2 comments:

  1. "Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Steak & Sate Kelinci
    • Jagung & Pisang Bakar
    • Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/WarungKhasBatu

    NB : blogger / pengulas / reviewer / tour guide kami undang test food GRATIS !
    "






















    ReplyDelete
  2. "Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Steak & Sate Kelinci
    • Jagung & Pisang Bakar
    • Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/WarungKhasBatu

    NB : blogger / pengulas / reviewer / tour guide kami undang test food GRATIS !
    "

    ReplyDelete