Saturday, May 31, 2014

Dadar Gulung Mawar


 
Ceritanya beberapa waktu lalu sempat juga heran dan terkagum-kagum dengan postingan blog masakan dari teman-teman di Malaysia, mereka kreatif sekali dan banyak menampilkan masakan traditiona lama yang dimodifikasikan sehingga bentuknya menjadi lebih modern dan menarik. Mereka tidak takut untuk menabrak pakem-pakem bentuk dan warna masakan traditional sehingga bisa menampilkannya dengan lebih cantik dan menarik.
 
Seperti diketahui bahwa Indonesia juga kaya sekali akan masakan traditional, setiap daerah memiliki makanan khasnya sendiri-sendiri, tetapi rasa yang standart dan bentuk yang itu-itu juga semakin menjauhkan kepopularan-nya. Ide-ide baru ini kemudian mungkin yang menginspirasi beberapa teman bloger di tanah air untuk segera bangkit memodifikasi makanan traditional Indonesia dan mulai memperkenalkannya kembali.
Makanya senang sekali sekarang melihat banyak sekali blog masakan Indonesia terutama kue-kuenya dengan berbagai modifikasi bentuk dan rasa serta cara pengerjaan yang tidak rumit dan mudah diikuti dan dikerjakan sehingga menghasilkan kue dengan bentuk yang cantik dan menarik tapi dengan rasa traditional.
 
Dan ini hasil jalan-jalan ke blog teman-teman yang memuat dadar gulung dengan tampilan mawar...kesan pertama cantikkkk banget...gak iklas buat dimakan hehe.....
 
Saya memakai resep dadar gulung yang sudah saya posting disini dan kalau ingin lihat cara pengerjaan bisa dilihat dibawah ini, atau bias juga dilihat di postingan bloger aslinya yang dimuat disini.


Step by step dadar gulung mawar
 
Dadar gulung mawar
 
Bahan Kulit:
- 200gr tepung terigu
- 2btr telur kocok lepas
- 400cc santan (saya pakai santan instant + air)
- Pasta pandan
- 1sdm gula pasir
- 1/4sdt garam
- 2sdm minyak goreng

Bahan Isi :
- 200gr kelapa parut
- 250gr gula
- garam
- Daun pandan
- 1/2 cangkir air
- 1sdt vanilla ekstrak

Cara membuat :

Isi : Campur semua bahan isi kecuali kelapa parut, masak sampai gula leleh. Tunggu sampai larutan gula mendidih dan pinggir-pinggirnya berbuih. Masukkan kelapa parut, aduk-aduk sampai semua larut dan tercampur rata, masak terus sampai air terserap habis. Angkat sisihkan.

Kulit: Masukkan semua bahan, aduk rata smpai tidak bergerindil. Saring.
Panaskan wajan anti lengket, oles dengan sedikit minyak. Buat dadar sampai semua adonan habis.

Catatan :
  • Dadar untuk kulit tidak boleh terlalu tebal agar mudah dibentuk.

4 comments: