Monday, February 3, 2014

Dadar gulung isi unti kelapa


Setiap kali membuat kue-kue traditional terutama jajan tampahan dan isian untuk bingkisan maka sudah dapat dipastikan saya selalu menyertakan dadar gulung didalamnya terutama dadar gulung isi unti kelapa, tapi sayangnya selalu lupa untuk di foto. Mungkin karena kue ini sering kali saya buat makanya sering terlewat.

Pemilihan dadar gulung isi unti kelapa sebagai isian kue tampahan bukannya tanpa maksud, saya selalu menyertakannya karena kue ini gampang sekali dibuatnya serta cepat. Kue ini juga hanya memerlukan peralatan sederhana untuk membuatnya jadi tidak perlu modal yang banyak dan ribet, cukup punya wajan anti lengket atau wajan biasa saja juga bisa.
Isian jajan tampahan

Isian dadar gulung juga bias bervariasi tapi biasanya saya memakai unti kelapa. Isian kelapa ini saya pilih karena mudah mendapatkannya, saya juga selalu punya stock kelapa parut siap pakai di freezer rumah.

Sebenarnya dadar gulung isi kelapa sudah dikenal oleh masyarakat Srilanka, mungkin juga karena pengaruh warga malay yang ada disini. Mereka menjualnya di toko-toko kue, bentuknya serupa dengan dadar gulung di Indonesia tapi ujungnya tidak dilipat, hanya digulung saja, warnanyapun bukan hijau tapi warna natural putih krem. Karena bentuknya yang tidak menarik ini makanya saya selalu membuatnya sendiri, dan ternyata kalau saya suguhkan ke tamu-tamu Srilanka yang datang ke rumah mereka amat menyukainya. Suguhan ini juga cocok ditemani teh kental pahit yang biasa mereka suguhkan di sore hari. Silahkan mencoba.....

Dadar gulung isi unti kelapa

Bahan Kulit:
- 200gr tepung terigu
- 2btr telur kocok lepas
- 400cc santan (saya pakai santan instant + air)
- Pasta pandan
- 1sdm gula pasir
- 1/4sdt garam
- 2sdm minyak goreng

Bahan Isi :
- 200gr kelapa parut
- 250gr gula merah sisir halus
- 3sdm gula pasir
- garam
- Daun pandan
- 1/2 cangkir air
- 1sdt vanilla ekstrak

Cara membuat :

Isi : Campur semua bahan isi kecuali kelapa parut, masak sampai gula leleh. Tunggu sampai larutan gula mendidih dan pinggir-pinggirnya berbuih. Masukkan kelapa parut, aduk-aduk sampai semua berwarna coklat, masak terus sampai air terserap habis. Angkat sisihkan.

Kulit: Masukkan semua bahan, aduk rata smpai tidak bergerindil. Saring.
Panaskan wajan anti lengket, oles dengan sedikit minyak. Buat dadar sampai semua adonan habis.

Penyajian : Taruh isi ditengah kulit dadar, gulung sesuai selera.


Catatan :
  • Biasanya pada saat membuat adonan isi saya tunggu larutan gulanya sampai sedikit berkaramel sehingga isian bisa dipulung.



No comments:

Post a Comment