Saturday, February 8, 2014

Ayam goreng kremes



Tidak ada satu katapun yang bisa diucapkan kecuali yipiiiii!!!!...berhasil..... Akhirnya bisa juga bikin ayam kremesan.....setelah bertahun-tahun dan mencoba berbagai resep. Ya memang resep ayam kremesan adalah salah satu resep yang saya buru selama ini, sayangnya tidak pernah menghasilkan kremesan yang saya mau. Tapi kemaren setelah mendapat resep kremesannya beserta semua tips-tips-nya disini, maka akhirnya perburuan saya selesai juga.

Memang selama ini saya selalu mencari resep ayam kremesan, karena ayam kremesan adalah makanan favourite. Ceritanya dari kecil saya susah sekali makan, ibu saya sudah berusaha keras agar saya mau makan masakannya, mulai dari cara halus sampai marah-marah dan akhirnya menyerah dan masa bodoh. Sebenarnya saya bukannya tidak mau makan sama sekali tetapi tepatnya saya memilih-milih makanan, saya memang tidak suka sayur berkuah, makanan bersantan, dan lauk yang saya pilih hanya yang digoreng-goreng saja itupun tertentu saja jenisnya. Karena sangat memilih maka supaya mau makan ibu selalu menyuruh pembantu membuatkan telur dadar atau telur ceplok saja untuk saya dan agar gizi saya tercukupi dia juga memberikan berbagai macam vitamin.

Suatu saat saya ingat waktu itu kita sekeluarga pergi liburan sama-sama, orang tua saya memutuskan untuk melakukan perjalanan dari Jakarta ke Malang dengan berkendaraan karena ingin menikmati perjalanan dan juga ingin berhenti dibeberapa kota yang dilewati. Saat akan makan siang kami sedang berada di daerah Jawa Tengah, karena sudah merasa lapar maka kami putuskan berhenti di sebuah warung pinggir jalan ditengah-tengah persawahan. Warungnya sendiri tidak terlalu besar, separuh tembok separuh dari "gedek" bambu, tapi halamannya cukup untuk parkir beberapa kendaraan. Suasana siang itu lumayan ramai, ada beberapa mobil dan ada juga bis2, mungkin mereka juga singgah karena kelaparan sama seperti kami. Menu yang dijual di warung itu sederhana sekali hanya nasi serta ayam goreng dan sambal lalapan saja, tapi ternyata ayam gorengnya tidak pernah saya lupakan sampai saat ini karena benar-benar enak dan empuk sekali, ditambah dengan gurihnya kremesan menjadikan saya yang tidak suka makan tiba-tiba habis 2 piring penuh. Warung ayam goreng itu adalah ayam goreng Ny. Suharti.

Rasa ayamnya yang khas serta kremesannya benar-benar membuat saya jatuh cinta, dan beberapa tahun kemudian ayam goreng Ny. Suharti telah menjadi besar dan terkenal serta membuka cabang di Jakarta, kami sekeluargapun menjadi langganan tetapnya.

Setelah pindah ke Malang ayam ala Ny Suharti tetap menjadi pilihan saya, ada beberapa tempat yang biasa kami kunjungi, walaupun rasanya berbeda-beda tetapi tetap yang ada kremesannya yang saya pilih. Makanya setelah tinggal di Srilanka setiap kali pulang ke Indonesia daftar kunjung ke ayam kremesan berada di list teratas karena tetap kangen dengan makanan ini.

Berbagai resep-pun saya coba untuk menghadirkan ayam kremesan di rumah, sayangnya belum ada resep yang memuaskan rasa kremesannya, sampai ketemu blognya mbak Diah Didi. Di resep mbak Diah berbeda dengan resep-resep kremesan yang saya coba sebelumnya, caranya yang sederhana dan bahan yang tidak macam-macam membuat saya berani mencobanya. Pikiran saya kalaupun gagal tidak akan terlalu kecewa, dan ternyata keraguan saya terhapus...hasilnya sangat memuaskan, terimakasih mbak Diah Didi buat resep kremesannya....

Ayam goreng kremesan

- 1 ekor ayam potong-potong sesuai selera
- 7 btr bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 3 btr kemiri
- 1sdm ketumbar bubuk
- 1/4 sdt kunyit bubuk
- Garam
- Gula
- 1btg sereh
- 1sdt air jeruk nipis
- 1 cup air kelapa

Bahan kremesan

- 300ml (air bumbu bekas ayam + air/santan)
- 100gr tepung tapioca
- 1btr kuning telur
- Garam (kalau perlu)
- Kaldu blok (bila suka, saya tidak pakai)

Cara membuat :

Ayam : Ungkep ayam bersama bumbu-bumbu sampai ayam empuk, tambahkan air bila perlu. Tiriskan ayam dan pisahkan air bumbunya lalu dinginkan.

Kremesan : Campur air bumbu bekas ayam, tambahkan air/santan sampai dengan 300ml yang dibutuhkan, masukkan tepung tapioca, aduk rata. Tambahkan garam atau kaldu blok bila suka. Masak diatas kompor sampai kental seperti lem dan bening. Angkat, panas-panas masukkan ke dalam blender, tambahkan 1 btr kuning telur, blender terus sampai cairan lumer dan dapat disendok.
Panaskan minyak sampai benar-benar panas, tuang sesendok adonan aduk-aduk dengan sumpit sampai adonan menyebar. Angkat bila sudah matang dan berwarna kuning keemasan.

Cara Menghidangkan : Goreng ayam dan hidangkan dengan menaruh kremesannya diatasnya.

Catatan :
  • Saat menggoreng kremesan minyak harus banyak dan panas benar.
  • Kecilkan sedikit api setelah adonan masuk, agar hasil kremesan bagus dan tidak gosong.

7 comments:

  1. Hai Mba Dini..syukurlah ..kalau sekarang udah bisa bikin kremesan sendiri di rumah ya Mba..ikut seneng mendengarnya.
    Oh Mba tinggal di Srilangka ya mba..saya suka lho liat acara masak Chef Srilangka ..di nat geo adventure..Chef siapa tapi..lupa namanya..acara masaknya sambil jalan di Sri langka gt..dan masakannya memang mirip2 masakan kita juga ya Mba sebagian..kmrn sempat liat Chefnya masak kayak sayur lodeh sukun..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih ya mbak diah sdh mau mampir di blog ku, iya nich sekarang bisa bkn ayam kremes kapan aja...oh ya acara masaknya peter kuruvita mkn ya...dia orang australia tp ada keturunan srilanka. Makanan srilanka mmg mirip masakan ind tp lbh berbumbu, dan semua diksh santan atau kelapa. Beberapa masakan sama malahan terutama kue2nya, mkn karena pengaruh org malay disini. Sekali lg terimakasih resepnya ya mbak dan salam kenal.

      Delete
  2. Salam kenal mba dini. Saya sudah mencoba resep ayam kremes yang ada di blog mba. Sebenarnya juga sudah baca di blog mba diah. Tapi ragu mw buatnya ,jangan2 mba diah bisa ,saya gagal lagi.karena sebelum nya sudah bikin tapi kremesnya terlalu tebal dan ga bagus.nah karena baca di blog mba,yang bilang kalau gagal juga ga kecewa karena bahan nya sederhana,saya beranikan mencoba lagi.waktu blender,sempat bingung ,ko ga cair2. Diresep juga ga ditulis berapa lama harus diblender.tapi akhrnya cair juga. Dan begitu di goreng. Hasilnya sesuai yang di harapkan.judulnya berhasil, Dapat pujian juga dari adik.kakanya pintar memasak.trimakasih mba dini dan mba diah juga.

    ReplyDelete
  3. Salam kenal mba dini. Saya sudah mencoba resep ayam kremes yang ada di blog mba. Sebenarnya juga sudah baca di blog mba diah. Tapi ragu mw buatnya ,jangan2 mba diah bisa ,saya gagal lagi.karena sebelum nya sudah bikin tapi kremesnya terlalu tebal dan ga bagus.nah karena baca di blog mba,yang bilang kalau gagal juga ga kecewa karena bahan nya sederhana,saya beranikan mencoba lagi.waktu blender,sempat bingung ,ko ga cair2. Diresep juga ga ditulis berapa lama harus diblender.tapi akhrnya cair juga. Dan begitu di goreng. Hasilnya sesuai yang di harapkan.judulnya berhasil, Dapat pujian juga dari adik.kakanya pintar memasak.trimakasih mba dini dan mba diah juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya mbak sudah mampir dan mencoba resepnya..salam kenal juga.

      Delete
  4. Mbk didi.....top banget resep2x smua enak n g ada rahasia2an...mksh mbk didi ...

    ReplyDelete
  5. Mbk didi.....top banget resep2x smua enak n g ada rahasia2an...mksh mbk didi ...

    ReplyDelete