Tuesday, February 18, 2014

Bubur ketan item dan kacang hijau



Kemarin sewaktu belanja ke toko china ngelihat ketan item dan kacang hijau bagus-bagus, jadi pengen beli, sekalian pikir saya dari pada harus mondar mandir lagi. Memang biasanya kalau ke toko china saya bisa mendapatkan segala macam tepung, bumbu-bumbu, tahu dan semua bahan kebutuhan masak saya, rasanya semua pengen dibeli, padahal terkadang cuma menumpuk di lemari atau kulkas saja tanpa sempat diapa-apakan sampai akhirnye terbuang karena kedaluwarsa atau sudah tidak bagus lagi, makanya saya jarang-jarang mengunjunginya, atau kalaupun beli hanya sedikit saja.

Kali ini selain membeli tahu dan kacang tanah yang memang sudah ada di daftar belanjaan, saya akhirnya juga membeli ketan hitam, dan kacang hijau. Saya pikir enak juga nanti sore-sore makan bubur ketan dan kacang hijau, padahal seumur-umur saya tidak suka dengan kedua makanan itu.

Tidak tahu kenapa saya tidak suka makan bubur-bubur ini, padahal ibu saya dulu sering membuatnya, atau kalau tidak membelinya dari tukang bubur yang lewat. Mungkin karena buburnya ditambahin santan atau karena rasa kacang hijunya yang saya tidak merasa tertarik memakannya. Dulu pernah ada teman yang menyarankan untuk minum air rebusan kacang hijau setiap hari, katanya sich berkasiat untuk mempercantik kulit dan rambut, juga untuk kesuburan. Air rebusannya diminum tanpa ampasnya dan hanya ditambah gula dan jahe saja, tanpa santan, saya suka akan rasanya.

Makanya kali ini saya membuat bubur kacang hijaunya tanpa memasukkan santan dan menambah jahe serta gula merah, begitupula ketan hitamnya saya rebus sampai jadi bubur dengan hanya menambahkan gula. Santannya saya buat agak kental dan sebagai tambahan saja, buburnya saya suka yang kental sekali, jadi saya memasaknya sampai air habis terserap. Untuk menambah crunchy saya taburkan kacang tanah sangrai, dan akhirnya jadilah bubur ketan hitam dan kacang hijau ala saya....rasanya enak dan tidak enek...anak sayapun yang belum pernah mencoba bubur ini menyukainya....Jadi selamat mencoba...

Bubur kacang hijau dan ketan hitam

Bahan :
- 1,5 cup ketan hitam, rendam kurang lebih 1 jam
- 1,5 cup kacang hijau rendam 1 jam
- 2 cup gula (1 cp untuk kc hijau dan 1 cup untuk ketan hitam)
- 1/2 cup gula merah sisir halus
- air
- 1 ruas jahe
- Santan 250ml
- 1/2 sdm tepung maizena
- Garam
- Kacang sangrai buang kulitnya sesuai selera.

Cara membuat :
  1. Cuci bersih ketan hitam dan kacang hijau, tiriska dan sisihkan. Masak ketan hitam dengan air sebanyak 2 kali jumlah ketan hitam, masukkan 1 cup gula, masak terus sampai ketan hitam lunak, angkat.
  2. Masak kacang hijau seperti memasak ketan hitam, tambahkan 1 cup gula dan 1/2 cup gula merah serta jahe, masak sampai kacang hijau menjadi bubur, tambahkan air bila perlu.
  3. Untuk santan, campur santan, tepung maizena dan garam. Masak sampai matang dan kental, aduk-aduk terus agar santan tidak pecah.
  4. Cara menghidangkan : bubur kacang hijau dan ketan hitam taruh dimangkok, tambahkan saus santan dan taburkan kacang tanah diatasnya.
Catatan :
  • Banyaknya air untuk memasak tergantung dari cepat empuknya ketan hitam dan kacang hijaunya. Saya biasa memakai ketan hitam dan kacang hijau dari China, ketan hitamnya cepat sekali empuk tetapi kacang hijaunya lebih lama empuk dibandingkan yang dari Indonesia (berdasarkan pengalaman).

No comments:

Post a Comment