Tuesday, February 18, 2014

Onde-onde mini


Kangen onde-onde abang-abang yang dijual di gerobak dorong? Namanya kalau gak salah onde-onde unyil karena bentuknya yang kecil-kecil, digoreng diatas wajan yang besar sekali dan biasanya dijual digerobak dorong, resep ini ternyata mirip dan bisa dicoba loh......Ceritanya lagi browsing jajanan eh ngelihat postingan mbak Rina Audy tentang onde-onde, setelah dilihat resepnya ternyata tidak pakai air kapur dan ada penambahan tepung beras, wah saya belum pernah mencoba resep onde ini, makanya penasaran juga seperti apa hasilnya...Dan setelah dicoba ternyata kulitnya lebih tahan krispy dan menggelembung besar jadi kopong dalamnya, persis onde-onde mini yang dijual di gerobak-gerobak dorong. Percobaan pertama terlalu besar, isinya seperti menciut, percobaan kedua ukuran ondenya saya buat lebih kecil dan isi kacang hijaunya saya tambah ukuran gulanya jadi isi tetap menggumpal saat setelah digoreng dan setelah matang kalau digoyang2 ondenya berbunyi puk...puk...karena dalamnya kopong. Besarnya saya buat sedikit lebih besar dari kelereng jadi sekali makan bisa habis 3-4 butir sendiri, paling asik dimakan saat panas-panas karena krenyes-krenyesnya berasa banget...Kalau mau resep aslinya bisa dilihat disini ya....

Onde-onde mini

Bahan Kulit:

- 150gr tepung ketan
- 1sdm munjung tepung beras
- 1sdm gula
- 1/4 sdt vanilli
- 1/4 sdt garam
- 100ml air
- Wijen
- Minyak untuk menggoreng

Bahan Isi :

- 200gr kacang hijau kupas, rendam air mendidih +/- 1 jam
- 1 lbr daun pandan
- 175gr gula pasir
- 1/2 sdt vanilli
- 2 sdm susu bubuk

Cara membuat :
  1. Bahan Isi : Kukus kacang hijau kupas beserta pandan, lalu tumbuk halus kacang hijau saat panas-panas, sisihkan. Campur kacang hijau halus yang telah hangat dengan gula dan vanilli. Buat bulatan-bulatan padat, sisihkan.
  2. Bahan Kulit : Capur semua tepung, gula, vanili, susu bubuk dan garam. Uleni sedikit-sedikit dengan air sampai bisa dipulung.
  3. Pipihkan bahan kulit, isi tengahnya dengan kacang hijau, bulatkan.
  4. Gulirkan pada wijen sampai semua permukaannya tertutup, aga tekan-tekan sedikit agar wijen melekat.
  5. Goreng dalam minyak panas yang banyak.
Catatan :

  • Agar onde-onde tidak meletus saat digoreng, usahakan agar api kompor jangan terlalu besar.
  • Saya biasanya menggoreng onde-onde 2 kali. Pertama sampai asal matang saja lalu angkat, kemudian ulangi lagi menggoreng sekali lagi sampai warnanya coklat.

No comments:

Post a Comment