Sunday, February 23, 2014

Carabikang


Sudah lama mencari resep carabikang, tapi sayangnya sampai sekarang belum ada satupun dari resep-resep itu yang berhasil, padahal semua cara dan ukuran sudah sesuai resep.
Kegagalan-kegagalan itu kadang bikin malas juga untuk mencoba lagi, apalagi kebanyakan dari resep-resep carabikang yang ada ribet banget, ada yang mesti dikeplok-keplok dengan tangan sampai 30 menit, ada juga yang di mixer dengan kecepatan rendah lebih dari 20 menit, mesti pakai api kecil, bisa dibayangkan kalau akhirnya gagal pasti nyesek juga rasanya. Walaupun kepikir untuk menyerah tapi rasa penasaran menaklukkan kue yang satu ini ternyata lebih besar, makanya tetap terus mencari resepnya. Saya juga berpikir kalau yang lain bisa maka mungkin saja gagalnya bukan dari resepnya tapi mungkin saja cara saya yang salah, makanya perburuan tetap saya lakukan.

Kalau dulu semua resep carabikang yang ada dicoba maka sekarang lebih selektif memilihnya, resep-resep saya pilah-pilah, yang dirasa ribet atau yang hampir sama saya skip saja apalagi yang tidak ada fotonya dan berbau tahayul seperti mensyaratkan agar kalau lagi bikin tidak sedang datang bulan alias harus bersih. Kepikir gak sich susahnya....padahal kalau penjual dipasar tuch harus memproduksi kue-kuenya tiap hari ya....Mungkin si pembuat resep ingin resepnya lebih sedikit berbau misterius ya hehe...


Dan dari semua resep yang saya dapat akhirnya saya coba campur-campur dan modifikasikan sendiri agar lebih mudah dan praktis terutama pada cara membuatnya. Dan memang setelah diamati dari resep-resep itu satu kuncinya agar carabikan dapat mekar seperti bunga adalah harus bersarang, makanya saya ambil resep yang menambahkan sedikit baking soda ke dalam bahannya, beberapa resep juga ada yang menambahankan telur, saya pikir baking soda akan bereaksi bagus apabila ada campuran air, telur dan tepung, telur juga akan membuat carabikang empuk lebih lama. Saya tambahkan ukuran air (santan) juga ke adonan karena bahan cair akan membuat kue lebih empuk.

Percobaan pertama masih belum begitu bagus bentuk dan tampilannya, saya foto karena saya terlalu gembira carabikang saya akhirnya dapat bersarang dan naik sempurna tidak bantat.
Kemudian pada percobaan berikutnya saya tambahkan waktu mendiamkannya, dan hasilnya jauh lebih bagus lagi hanya tinggal penyempurnaan bentuknya saja, kalau rasa jangan ditanya.....menurut saya sudah persis seperti yang dijual dipasar, pada saat dibakarpun baunya sudah tercium ke seantero rumah. Jadi buat teman-teman yang masih penasaran membuat kue carabikang...jangan berputus asa ya...dan resep ini bisa dicoba.

Carabikang

Bahan :
- 250gr tepung beras
- 75gr tepung terigu
- 1 sdm munjung tepung tapioca
- 200gr gula pasir
- 1btr telur kocok lepas
- 1sdt baking soda
- 900ml santan ( saya pakai 400ml santan kaleng + 500ml air)
- Daun pandan
- Daun jeruk
- Vanilla essence (bila suka)
- Garam
- Pewarna makanan tergantung selera

Cara membuat :
  1. Sisihkan 3 sdm tepung beras. Campur tepung beras, tepung terigu, tepung tapioca dan gula dalam mangkuk besar, sisihkan.
  2. Ambil 200ml santan dan 3sdm tepung beras, garam, aduk rata, tambahkan daun jeruk, daun pandan dan vanilli, masak sampai adonan kental dan meletup2.
  3. Panas-panas masukkan adonan ke campuran tepung, aduk rata, tambahkan air santan aduk terus sampai tidak bergerindil. Masukkan telur dan baking soda, aduk rata.
  4. Diamkan adonan selama kurang lebih 2 jam.
  5. Bagi adonan sesuai warna.
  6. Panaskan cetakan kue lumpur diatas kompor, olesi dengan minyak tipis-tipis.
  7. Isi dengan adonan 2/3 tinggi cetakan, hias dengan adonan warna.
  8. Tunggu sampai adonan berlubang-lubang dan kering atasnya, angkat lalu oles dengan minyak/mentega agar tidak kering.
  9. Untuk membuat bentuk bunga maka balik kue dan tekan-tekan dengan tangan, atau cara ini juga bisa dicoba http://www.youtube.com/watch?v=FoB_N12Gpuw
Catatan
  • Panas api kompor harus rata biar matangnya bareng, biasanya saya alasi dulu cetakan kue lumpurnya agar api dari kompor tidak langsung ke cetakan dan panasnya bisa merata.
  • Telur bisa dihilangkan dalam resep untuk menghasilkan bentuk kue yang lebih kukuh.
  • Untuk menghasilkan bentuk bunga yang bagus, saya memakai kertas papper cup yang dibentuk kerucut segitiga dibawah kue yang sudah berbentuk bunga.



No comments:

Post a Comment