Thursday, January 27, 2011

Lapis Surabaya



Beberapa waktu yang lalu seorang teman mengeluh kalau membuat cake selalu bantat, padahal semua cara sudah diikuti berdasarkan resep yang ada, dan ukuran serta bahan-bahannyapun sudah benar. Pernah juga beberapa kali konsultasi via telephone saat dia sedang membuat cake, tapi ternyata cakenya tetap gagal.
Saya sendiripun heran, padahal saya yang juga pemula dalam hal masak memasak merasa selama ini tidak pernah kesulitan dalam membuat cake asalkan semua bahan baku dan resep yang ada diikuti dengan benar...padahal resep yang kita punya sama, tapi kenapa dia selalu gagal...Karena penasaran maka kita putuskan untuk mencobanya memasak bersama tentunya dirumahnya dan memakai peralatan miliknya, agar tahu dimana letak kesalahannya.

Uji coba resep kali ini adalah Lapis Surabaya. Cake ini kita pilih karena untuk menyambut Chinese New Year tahun ini dia akan memasak lapis surabaya, karena cake istimewa ini biasanya hadir dalam keluarganya di setiap perayaan New Year.

Dengan semangat kitapun belanja bersama untuk menyiapkan semua bahan, dan sampai pada menyiapkan peralatan yang diperlukan. Ternyata olala....mixer yang dia punya ternyata jenis hand mixer kecil dengan satu whisk...mungkin disinilah letak salahnya karena selama ini dia selalu membuat lapis surabaya dengan resep 30 kuning telur yang dikocok bersamaan sehingga kapasitas adonan tidak sesuai dengan kapasitas mixer. Dan setelah saya perhatikan cara mengocoknyapun disatu tempat dan hanya mangkuk besar tempat adonannya yang diputar2.
Maka kembali kita mempelajari resep yang ada dan diputuskan untuk tidak memakai resep lama yang mencampur adonan sekaligus dan kemudian baru membaginya menjadi 3 bagian (perlapis). Memang dengan cara membuatnya perlapis akan terlihat sedikit ribet karena satu persatu tapi untuk mixer dengan kapasitas kecil cara ini paling aman, selain itu kita bisa juga membuatnya hanya dua lapis, yaitu coklat dan vanilli.

Setelah selesai ternyata hasilnya mengembang dengan baik, rasanyapun tidak mengecewakan, dan kami lega karena telah tahu dimana letak kesalahannya. Disini saya tuliskan resep Lapis Surabaya NCC  karena di resep ini telah dibagi untuk ukuran perlapisnya, jadi sangat cocok digunakan untuk kapasitas mixer seperti punya teman saya.

Resep Lapis Surabaya NCC 
Lapis surabaya 3 layer

Bahan Tiap Lapis
Bahan Kuning :
- 10 butir kuning telur
- 100 gr gula pasir
- 125gr mentega kocok dulu sampai pucat
- 50 gr tepung terigu.
- Essence vanili (vanili bubuk)

Bahan Coklat :
- Tambahkan bahan kuning dengan pasta coklat atau coklat powder 50 gr.

Cara membuat :
  1. Kocok telur dan gula sampai pucat, kental dan mengembang. Sisihkan.
  2. Masukkan mentega kocok, aduk rata.
  3. Masukkan tepung terigu, aduk rata.
  4. Tuang dalam loyang, suhu 180 derajat. Kalau mau cake tidak mengkerut dipinggir pada saat akan matang turunkan suhu sedikit.
  5. Lapisan teratas (biasanya lapisan vanili) bisa ditaburi prune, almond atau kismis.
  6. Buat 2 lapis atau 3 lapis sesuai selera.
  7. Tiap lapis setelah dingin beri olesan selai atau butter cream kemudian tumpuk.

Catatan :

Hal-hal yang mungkin perlu diperhatikan agar sukses membuat cake :
  • Siapkan semua bahan dan peralatan sebelum memulai.
  • Timbang semua bahan dengan benar.
  • Pelajari resep yang ada. Bila disebutkan dikocok (beat) berarti dikocok dengan mixer. Bila disebutkan diaduk (fold) berarti memakai spatula. Untuk cake jenis sponge cake (memakai sedikit terigu) perhatikan cara pengadukannya pada saat memasukkan terigu karena cara mengaduk yang salah akan mempengaruhi tekstur cake. Cara aduk yang benar adalah dengan aduk, balik, lipat.
  • Kalau mengocok menggunakan hand mixer usahakan jangan hanya satu sisi saja tapi putar mixer agar adonan tercampur sempurna.
  • Yang perlu diperhatikan juga setelah mixer digunakan untuk mengocok mentega harus dicuci bersih dan dikeringkan dulu, baru bisa dipakai untuk mengocok telur, kecuali pada jenis butter cake.

No comments:

Post a Comment