Sunday, April 15, 2012

Carrot Cake


Carrot cupcake


Hari ini adalah hari istimewa buat warga negara Srilanka, mereka sedang merayakan Avurudhu atau tahun baru Srilanka. Perayaan tahun baru ini dirayakan oleh semua warga negara baik yang berasal dari suku Sinhala maupun Tamil. Perayaan diawali dengan puasa satu hari sebelumnya, mereka biasanya memperbanyak doa2 di kuil ataupun vihara, kemudian baru diikuti oleh buka puasa bersama tepat saat tahun baru berlangsung yaitu makan bersama seluruh anggota keluarga. Pada saat puasa tidak seperti puasa warga muslim, mereka biasanya bisa memilih pantang makanan tertentu saja seperti minuman beralkohol maupun makanan yang berasal dari hewan hidup, kemudian pantangan ini akan berakhir tepat pada saat jam tahun barunya. Memang tahun baru Srilanka ini dihitung berdasarkan perputaran bulan dan dihitung sampai jam-jamnya sehingga tiap tahunnya berbeda2 jamnya dan hari ini mereka merayakannya tepat jam 10 malam. Perayaannya diawali dengan menyalakan lampu minyak dan membunyikan petasan tanda perayaan dimulai,  kemudian makan bersama seluruh anggota keluarga. Selain makan bersama ini mereka juga melakukan ritual tertentu seperti memakai baju dengan warna tertentu, memasak kiribath (sejenis beras yg dimasak menjadi nasi/rice cake dengan susu atau santan). Memasak kiribath ini ada caranya yaitu pada saat memasak santan/susunya harus tumpah ruah, yg menandakan harapan kemakmuran di tahun kedepan.

Avurudhu Sweet bingkisan dari tetangga

Ada satu lagi kebiasaan yang tidak pernah ditinggalkan dalam merayakan tahun baru ini yaitu berkunjung kerumah keluarga yang lebih tua dan saling bertukar bingkisan antar tetangga dan saudara. Biasanya bingkisannya berupa makanan2 manis khas Avurudhu yang ditaruh di piring2 cantik.

Karena disekeliling rumah kami para tetangga merayakan perayaan ini maka kamipun kebagian menerima bingkisan tersebut, dan untuk mengembalikannya dan agar piring-piring tersebut tidak kosong maka kali ini saya membuat carrot cake sebagai balasannya.

Carrot cake kali ini saya buat dalam bentuk cupcakes. Pemilihan carrot capcakes bukan tanpa maksud tetapi karena rasa carrot cake yang menurut saya amat istimewa dan sangat cocok dijadikan bingkisan serta saya buat dalam bentuk cupcakes karena akan lbh mudah mengemasnya selain itu bentuknya sangatlah cantik dan enak dilihat.

Bingkisan cantik
Untuk resep carrot cupcakes kali ini saya sedikit memodifikasikannya dari resep buttermilk coklat cupcakes yang saya punya.
Resepnya sangat sederhana dengan hasil dan rasa yang memuaskan. Rasa carrot cakes yang biasanya sedikit berat dibuat sedikit sponge dan ringan, dan untuk cream icing yang biasanya menggunakan cream cheese frosting kali ini saya ganti dengan swiss meringue buttercream.





Dengan menggunakan cream jenis ini maka biasanya cream cheese yang sebentar saja sudah lumer di luar kulkas akan sedikit tahan lama dan yang jelas rasanya tidak kalah dengan cheese frosting. Silahkan mencoba...

 Carrot cake

Bahan :
- 1 cup brown sugar
- 1/2 cup gula castor
- 1/2 cup margarine
- 1 btr telur
- 1 cup butter milk
- 2,5 cup tepung terigu
- 1/4 sdt baking powder
- 1/4 sdt baking soda
- 1/4 sdt garam
- 1sdt vanilla ekstrak
- 1/2 sdm mix spice (saya pakai kayu manis bubuk)
- 1,5 cup wortel serut halus
- 1/2 cup kacang walnut/ almond cincang (bisa di skip bila suka)

Cara membuat :
  1. Taruh margarine dan gula dalam mangkuk, mixer sampai gula larut dan warna berubah pucat.
  2. Masukkan telur, kocok sampai mengembang. Kemudian tambahkan butter milk dan vanilla ekstrak kocok rata.
  3. Ayak semua bahan kering lalu tambahkan kedalam adonan, aduk sampai tidak bergerindil.
  4. Tambahkan serutan wortel dan kacang walnut cincang.
  5. Masukkan dalam cetakan muffin yang telah diberi papper cup.
  6. Oven suhu 180 derajat selama kurang lebih 20 mnt. Angkat dinginkan dan siap di hias.

Swiss meringue buttercream

Bahan :
 - 1/4 cup gula castor
- 1 putih telur
- 6 sdm butter (saya pakai yg salt) biarkan dlm suhu ruang
- 1/4 sdt vanilla ekstrak

Cara membuat :
  1. Masukkan putih telur dan gula pd mangkuk tahan panas. Masak dengan memakai sistem waterbath/double boiler, sambil terus diaduk, biarkan sampai gula larut semua (tdk bergerindil) dan putih telur sedikit hangat bila disentuh.
  2. Angkat mangkuk, mixer putih telur sampai mengembang dan keras (hard pick)
  3. Tambahkan vanilla ekstrak, terus dikocok.
  4. Tambahkan butter sedikit2 sambil terus dikocok.
  5. Hentikan mixer kalau adonan sudah berbentuk cream yang halus dan lembut permukaannya.
  6. Cream siap digunakan.

 Catatan :
  • Untuk mempercepat proses dan agar cake menjadi sempurna sebaiknya gunakan gula castor / brown sugar yang berbutir halus, atau kalau tidak haluskan gula terlebih dahulu dengan cara diblender.
  • Kalau tidak memiliki buttermilk dirumah maka bisa diganti dengan 1 cup fresh cream / bisa juga whip cream liquid ditambah 1 sdm cuka, biarkan 5-10mnt dan siap dipakai.
  • Pada proses pembuatan cream memang pada saat mencampur adonan putih telur dan mentega sedikit diperlukan kesabaran karena agak lama membuatnya menjadi solid.
  • Cream setelah di mixer harus langsung digunakan untuk menghias, tp bila ingin disimpan terlebih dahulu maka cream harus di mixer kembali sebelum digunakan kembali, agar hasil creamnya halus kembali.
  • Jangan takut apabila cream seperti pecah dan memisah, mixer kembali cream sampai solid dan proses ini bisa dilakukan berulang2.

2 comments:

  1. Hello friend..Very delicious carrot cake. You have a wondeful blog. Happy to follow you dear.Do visit my blog in your free time.
    http://www.foodydelight.com/

    ReplyDelete
  2. Hi pranjali, thanks for visiting my blog. Nice to know you and I enjoy read your blog too..

    ReplyDelete