Saturday, March 17, 2012

Banana cake



Banana cake dengan taburan almond dan coklat chips


Banana Cake adalah salah satu andalan saya dalam membuat cake yang sehat. Ceritanya setiap hari Rabu disekolah anak saya selalu mengadakan Healty Food days. Tujuan diadakan acara tersebut adalah selain memperkenalkan makanan sehat kepada anak-anak mulai dari usia dini, mereka juga dibiasakan untuk mengkonsumsinya minimal satu kali dalam seminggu. Tentu saja acara tersebut disambut gembira oleh para orang tua murid yang terkadang memang amat susah membuat anak suka makan sayur, buah atau makanan sehat lainnya.

Walaupun begitu sebenarnya buat saya kreteria makanan sehat yang dicanangkan sekolah tersebut juga agak membingungkan karena didalamnya termasuk juga cake, biskuit, dan segala macam roti.
Terus terang saya tidak terbiasa untuk memberikan snack berupa potongan wortel mentah, timun segar atau potongan buah segar lainnya. Buat saya atau mungkin juga sebagian besar orang Asia lainnya konsep makan sayur dan buah itu hanya diberikan beserta makanan pokok yaitu pada saat makan pagi, siang atau malam hari. Snack adalah merupakan makanan ringan tapi mengenyangkan, yang diberikan disela-sela antara makan pagi dan siang disekolah. Jadi kalau diberikan potongan sayur atau buah dari rumah, sudah pasti sayuran/buahnya menjadi hitam dan tidak fresh lagi juga tidak mengenyangkan buat si anak. Sedangkan anak masih dalam masa pertumbuhan, mereka butuh banyak energi dalam aktivitas disekolah. Akhirnya dengan berbagai macam argumen sekolah membolehkan anak2 untuk membawa makanan sehat yang berarti makanan rumahan. Mereka bisa saja membawa cake atau roti/sanwich asalkan ada unsur sayur atau buah didalam ingredient-nya.

Mulai saat itu saya berburu resep-resep cake dan roti yang menggunakan buah/sayur dalam bahan bakunya. Banana cake ini selain cocok untuk snack yang memenuhi kriteria sehat tersebut karena memakai buah pisang dan kacang-kacangan dalam bahan bakunya utamanya. Dan setelah dicoba ternyata juga amat enak sekali...yang jelas anak-anak pasti akan menyukai rasanya sehingga unsur gizi serta kesehatan dapat juga terpenuhi sekaligus.

Banana Cake

Bahan :
- 300gr pisang matang, haluskan
- 4 butir telur
- 2btr kuning telur
- 160gr tepung terigu
- 20gr tepung maizena
- 150gr mentega cair
- 175gr brown sugar
- 1/2sdt Ovallet (bisa di skip)
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt baking soda
- 2sdm bumbu spekoek (mix spices)
- Chocolate chips & almond/ walnut cincang (sesuai selera)

Cara Membuat :
  1. Kocok telur dan gula sampai mengembang dan kental, tambahkan ovallet kocok lagi sampai adonan terlihat mengkilat.
  2. Masukkan pisang, kocok rata.
  3. Kemudian masukkan semua jenis tepung, baking powder, baking soda dan bumbu spekoek, aduk rata.
  4. Campur adonan dengan mentega cair
  5. Terakhir masukkan chocolate chips dan kacang2an.
  6. Oles loyang dengan mentega, taburi dengan tepung terigu.
  7. Tuang adonan kedalam cetakan, oven suhu 180 derajat sampai matang.
  8. Angkat dan dinginkan.
  9. Potong sesuai selera.

Catatan :
  • Pilih pisang yang sudah matang sekali dan lembek, agar warna dari cake cantik.
  • Sebaiknya menggunakan jenis pisang ambon agar cake harum dan rasanya memuaskan tapi kalau tidak ada pisang ambon maka tambahkan essence banana atau vanilla kedalam adonan.

No comments:

Post a Comment