Friday, November 30, 2012

Cookies hias


Mendekorasi cake dan cookies sudah menarik minat saya sejak saya mulai aktif browsing resep di internet. Rasanya tidak puas-puas mata memandang dan mengagumi hasil karya yang ditampilkan. Bagaimana mendapatkan ide serta menuangkannya dan membuat sebuah cake atau cookies begitu cantik dan menarik amat sangat membuat saya penasaran dan juga kagum, dan sejak saat itu mulailah saya mencari dan berburu resep-resepnya di internet dan buku2 yang membahas cara dekorasi. Sayangnya hanya dengan membaca dan melihat caranya di internet dan buku saja tidaklah cukup buat saya, akhirnya saya juga mulai mencari kursus-kursus dekorasi di sekitar tempat saya tinggal. Kursus-kursus yang saya ikuti memang tidak special membahas mengenai cookies hias, kebanyakan adalah mendekorasi cake dan bagaimana mendekorasi secara umum saja tapi dari kursus inilah pengetahuan saya tentang cara mendekorasi dan bahan apa saja yang cocok dipakai saat mendekorasi mulai berkembang, mulailah saya berani mendekorasi cake tapi memang tetap saja tidak menghias cookies.
Ketidak beranian ini mungkin timbul karena setelah saya membaca resep-resep yang ada sepertinya sulit dan rumit, dan disamping itu cookies hias kalah popular dibandingkan dengan cupcakes ataupun cake hias lainnya harus ada tema perayaan ultah anak atau sebangsanya dulu baru membuatnya, dan karena selama ini belum ada kesempatan yang tepat membuatnya maka oleh karena itu saya harus menunggu sampai kesempatan itu datang.

Kira-kira 2 bulan yang lalu sewaktu saya sedang berada di toko buku favorite secara kebetulan saya melihat buku "Dress your cookie" kepunyaan "Joanna Farrow". Setelah dibaca dan dipelajari ternyata tingkat kesulitan yang saya takutkan itu tidak benar, dalam buku ini dijelaskan secara rinci mulai dari dasar membuat cookies sampai cara mendekorasinya dan juga disertai contoh-contohnya sekaligus. Isinya pun sangat menarik karena mudah dimengerti dan tidak sulit disamping itu gambar yang ditampilkanpun enak dilihat dan sederhana mudah dimengerti, pokoknya buat pemula cocok sekali.


Dari kiri ke kanan mengikuti arah jarum jam adalah tahapan membuat cookies hias


Penasaran dan sudah gatal rasanya untuk saya uji cobakan resepnya, dan kebetulan sekali waktunya bertepatan dengan ultah anak saya akan berulang tahun ke 10. Biasanya sich kami tidak merayakan hari ulang tahunnya dengan pesta besar, dia hanya membawa cake ultah ke sekolah dan dibagikan untuk teman dan gurunya saja, tapi karena ultah kali ini yang kesepuluh maka saya menjanjikan membuatnya sedikit istimewa, rencananya dia akan membawa cookies hias ini sebagai isian godies bag. Setelah lama berbincang akhirnya kami sepakat untuk menentukan tema dari cookies hias-nya yaitu dress cantik untuk teman-teman perempuannya dan  mobil balap untuk teman laki-lakinya.

Seminggu sebelum hari H cookies ini sudah siap dan dikemas cantik. Semoga saja teman-temannya akan senang menerima goodies bag-nya dan menjadikan hari itu hari yang membahagiakan untuk anak saya. Selamat ulang tahun sayang....wishing you all the best...and I love you so much....

Vanilla cookies

Bahan :
-150gr tepung
-100gr mentega yang sedikit padat (saya pakai margarine)
- 50gr tepung gula (saya pakai gula castor)
- 1 kuning telur
- 1sdt vanilla ekstrak

Cara :
  1. Kocok gula, mentega dan vanilla ekstrak sampai tercampur rata dan berubah pucat, dan masukkan telur satu-satu. Kocok sampai rata.
  2. Tambahkan tepung terigu. Aduk rata.
  3. Diamkan adonan sambil ditutup plastik kurang lebih 1 jam sebelum ditipiskan.
  4. Tipiskan adonan diatas alas yang sudah ditaburi sedikit tepung, gilas setebal 5mm.
  5. Adonan siap dicetak sesuai selera.
  6. Tempatkan adonan yang sudah dicetak diatas baking tray dan oven selama 12-15mnt dengan suhu 190 derajat.
  7. Angkat cookies dan diamkan 5 menit diatas rak. Setelah dingin cookies siap dihias.

Bahan Royal Icing
- 1 putih telur
- 200gr icing sugar

Cara Membuat :
  1. Taruh putih telur dalam mangkuk, kocok sambil ditambahkan icing sugar sedikit demi sedikit.
  2. Kocok sampai icing lembut dan sedikit kaku.
  3. Kalau icing terlalu kaku bisa ditambahkan sedikit air pada adonan.
  4. Untuk membuat garis pinggiran (outline) maka diperlukan bahan royal icing yang sedikit kaku, sedangkan untuk bahan menutup gambar diperlukan bahan icing yang sedikit encer (flooding shape).
Tahap Menghias :
  1. Tentukan model atau gambar yang akan dibuat.
  2. Kalau tidak ada cetakan maka copy gambar yang diinginkan ke kertas yang sedikit tebal, terus gunting.
  3. Bentuk adonan memakai cetakan yang sudah digambar, potong dengan bantuan pisau.
  4. Hias cookie yang sudah jadi dengan membuat outline terlebih dahulu, biarkan sedikit kering.
  5. Baru warnai cookies dengan bantuan icing sugar berwarna yang sedikit dicairkan (flooding shape).
  6. Rapikan ujung-ujungnya dengan menggunakan tusuk gigi.
  7. Diamkan beberapa jam sampai benar-benar kering sebelum dikemas.

Catatan :
  • Kalau ingin cookies coklat maka tambahka dalam resep cookies vanilla sebanyak 1 sdm coklat powder.
  • Dalam menghias terkadang memerlukan motif yang ditumpuk, maka sebelum membubuhkan motif berikutnya maka pastikan motif/warna sebelumnya harus kering terlebih dahulu agar warna tidak berbaur.




2 comments:

  1. mbak, bukannya klo mau dikeringkan itu cookies hrs dipanggang agar bakteri di putih telurnya mati?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak...memang ada yg memanggang dulu cookiesnya krn takut ada bakteri atau ada jg orang yg alergi telur mentah. Tp di resep ini saya tidak memanggangnya mbak. Semua tergantung selera aja kok, atau kalau tidal mau pakai telur jg bisa, cukup mmemakai air jeruk lemon saja dan dicampur icing sugar.

      Delete