Thursday, December 13, 2012

Zebra cake putih telur


Tidak terasa sudah hampir memasuki minggu ke 2 bulan Desember, itu berarti sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2012 dan memasuki tahun yang baru. Banyak cerita dan kenangan yang tertinggal pada tahun yang telah dilalui ini, ada kenangan yang manis ada pula kenangan yang tidak enak untuk diingat, kenangan manis sudah pasti akan tersimpan terus dihati sedang yang tidak enak biarlah berlalu dan dijadikan pelajaran untuk masa yang akan datang.

Buat saya sendiri tahun 2012 adalah tahun-tahun produktif saya dalam hal memasak, kalau dahulu memasak hanya saya jadikan hobby dan dinikmati keluarga sendiri saja maka di tahun 2012 saya mulai serius untuk menekuninya. Mulai banyaknya pesanan yang datang satu persatu, tidak hanya dari teman-teman dekat saja tetapi juga dari lingkungan teman-teman lainnya membuat saya mulai berusaha untuk meningkatkan kemampuan saya memasak. Terus berusaha belajar dan mencoba resep-resep baru baik melalui kursus ataupun belajar dari buku dan internet membuat saya semakin percaya diri dan mantap untuk menekuninya.

Kesalahan-kesalahan terkadang masih juga sering saya alami, mulai dari cake gagal, resep yang tidak sesuai, sampai dengan ditegur pelanggan yang kecewa membuat saya semakin dapat mengambil hikmah dari kesalahan itu. Saya akui bahwa proses belajar itu tidak pernah selesai, memerlukan banyak kesabaran dan waktu yang amat panjang, terkadang batas kesabaran kitapun diuji, rasa jenuh dan putus asa seringkali saya rasakan. Ego saya sering juga timbul, merasakan bahwa ini tidak seharusnya saya kerjakan, bukan ini yang saya mau, berperang melawan diri sendiri, melawan keinginan dan kenyataan yang dihadapi, melalui semua rasa itu sampai akhirnya kepasrahan untuk menjalani semuanya hadir kembali, memompakan semangat untuk berbuat yang terbaik apapun yang terjadi dan menjalani semua tahap kehidupan dengan ikhlas. Semua tahap demi tahap dalam kehidupan ini tentunya harus dilalui dan akan terus saya jadikan sebagai suatu loncatan untuk semakin meningkat ke tahap berikutnya.

Banyak sudah harapan saya yang tercapai di tahun-tahun kemaren, banyak pula doa-doa saya yang belum terjawab, harapan saya semoga saja semua keinginan dan doa saya di tahun yang akan datang dapat segera mendapat jawaban-Nya dan semoga saja diberikan yang terbaik.

Di penghujung tahun 2012 ini sebagai penutup kegiatan memasak saya sebelum libur dimulai dan sekaligus untuk menghabiskan sisa stock yang ada di kulkas terutama sisa putih telur yang menumpuk maka saya putuskan saja membuat zebra cake.  Resep aslinya saya ambil dari blognya mbak diana pratiwi di  www.rumahmesaeed.blogspot.com. Resep ini dikukus dan cocok sekali untuk menghabiskan sisa putih telur yang kita punya. Rasa cakenyapun enak dengan penampilan warna yang cantik.

Selamat mencoba teman...dan selamat menyambut tahun yang baru...tahun penuh harapan baru dan menjadikannya lebih baik dari tahun sebelumnya.......
Zebra Cake Putih Telur
Bahan :
- 400gr putih telur
- 250gr gula
- 10gr emulsifier (saya pakai 1 sdt )
- 1/4sdt garam
- 1sdt vanilla
- 180gr tepung terigu
- 1/2 sdt baking powder
- 50gr mentega, cairkan
- Pasta coklat ( atau tergantung selera)
Cara :
  1. Panaskan kukusan, alasi tutup dengan serbet.
  2. Kocok putih telur, tambahkan gula sedikit-sedikit, kocok sampai mengembang. Tambahkan emulsifier dan garam, Kocok sampai kental.
  3. Tambahkan tepung dan baking powder yang sudah diayak. Aduk rata dengan spatula.
  4. Campurkan adonan dengan vanilla dan mentega cair. Aduk sampai tercampur rata.
  5. Bagi 2 adonan, satu adonan beri warna (saya pakai pasta coklat).
  6. Olesi loyang 22cm dengan mentega.
  7. Masukkan adonan berselang seling, sesendok coklat dan kemudian sesendok putih, dimulai dari tengah loyang sampai semua adonan habis.
  8. Kukus selama kurang lebih 20 menit.
  9. Cake siap dihidangkan.
Catatan :
  • Warna cake tidak hanya putih dan coklat saja, bisa divariasikan dengan warna-warna lainnya tergantung selera.
  • Apabila tidak punya pasta coklat maka bisa diganti dengan coklat bubuk yang dicairkan dengan sedikit air.
  • Sebaiknya menuangkan adonan ke loyang tiap warnanya dengan ukuran yang sama sehingga motif akan terlihat lebih bagus.

No comments:

Post a Comment