Thursday, July 28, 2011

Kue lumpur pumpkin

Lumpur pumpkin


Wah tidak terasa sebentar lagi bulan Ramadan, pastinya para ibu sudah mulai sibuk berbelanja untuk kebutuhan menyiapkan hidangan yang akan menemani buka dan sahur untuk keluarga di rumah. Kalau saya sendiri biasanya menu buka dan sahur tidak terlalu berbeda dengan hidangan sehari-hari tetapi mungkin untuk sahur saya lebih banyak menyiapkan hidangan yang simpel dan mudah penyajiannya seperti makanan kering2an, oseng-oseng dll, terkadang saya siapkan malamnya dan tinggal dipanaskan kalau mau makan. Sedangkan untuk buka karena suami saya tidak makan santan dan tidak suka dengan kolak, maka saya buatkan saja kue-kue kecil traditional yang legit selain menu makan besar untuk menganti energi yang telah hilang selama berpuasa.

Dibawah ini saya menuliskan resep kue lumpur pumpkin sebagai contoh kue traditional legit tapi juga sangat menyehatkan karena terbuat dari bahan labu kuning/pumpkin. Rasanya memang bener2 legit membelai lidah, resepnya sendiri saya ambil dari resep lebaran majalah femina yang memakai bahan dasar kentang dan santan tapi kemudian saya modifikasikan dengan menggunakan pumpkin dan susu nonfat.

Kue cantik ini tidak akan mengecewakan, cara membuatnyapun mudah, selain itu bisa menjadi alternatif makanan sehat bergizi untuk menemani puasa anda ataupun sebagai bahan suguhan lainnya....Selamat mencoba dan semoga saja ibadah puasa kita kali ini lancar serta mendapatkan berkah....

Kue Lumpur Pumpkin

Bahan :
- 400cc susu nonfat/santan
- 250gr pumpkin, kukus, haluskan
- 3 telur
- 200gr gula pasir
- 150gr terigu
- minyak untuk mengoles
- Vanilla essence
- 1/4 sdt garam
- Kismis untuk hiasan

Cara membuat :
  1. Kalau memakai santan, rebus santan terlebih dulu sampai mendidih, dinginkan.
  2. Kocok telur dan gula. Masukkan santan/susu nonfat bergantian dengan tepung dan juga pumpkin. Sesudah rata masukkan vanilla essence.
  3. Panaskan cetakan, oles dengan minyak.
  4. Tuang adonan 3/4 penuh, setelah setengah matang taruh kismis diatasnya, tutup.
  5. Angkat setelah matang. Hidangkan.

Catatan :
  • Pumpkin bisa diganti kentang dengan ukuran yang sama
  • Pumpkin/kentang sebaiknya dikukus agar tidak terlalu lembek.
  • Lamamemanggang sekitar 5-10 menit.
  • Atur api jangan terlalu besar atau terlalu kecil agar matang sempurna.

No comments:

Post a Comment