Thursday, November 22, 2012

Tempura



Tempura udang dan sayuran
 Sebenarnya sudah cukup lama sekali saya punya buku step by step Japanese and Korean cooking terbitan dari Periplus, sayangnya buku ini tergeletak begitu saja. Awalnya saya membeli buku ini dikarenakan kesukaan anak saya akan masakan Jepang dan Korea, pokoknya setiap kali makan diluar pasti dia memilih dua restauran ini. Resep dalam bukunya komplit, hampir semua masakan Jepang dan Korea yang popular ada di dalamnya disertai penjelasan dan gambar step by step untuk pemula. Dalam daftar isinya juga disertakan nama bahan-bahan yang biasa dipakai dalam masakan Jepang dan Korea serta di sertakan juga dengan  gambarnya sehingga bagi pemula yang tidak terbiasa dan belum pernah tahu akan bahan tersebut mudah mengenalinya.

Resep pertama yang saya coba setelah membeli buku ini pastilah resep Tempura. Pemilihannya bukan tanpa sebab karena resep tempura ini memiliki tingkat kesulitan yang rendah, disamping itu bahan bakunya-pun mudah didapat, sayangnya setelah dicoba ternyata hasilnya kurang memuaskan, pokoknya tidak sesuai dengan selera saya dan tidak krispy seperti yang di restauran.

Kegagalan ini tentu tidak membuat saya berhenti mencoba, tapi setelah beberapa kali akhirnya saya menyerah juga, dan buku masakan ini hanya saya simpan saja. Sampai suatu hari disaat saya bosan dengan acara-acara TV yang biasa saya tonton maka secara tidak sengaja saya pilih salah satu channel TV Jepang yang sedang ada acara masak memasaknya, dan masakan hari itu adalah Tempura. Pembawa acaranyapun memakai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar jadi saya bisa mengerti, sebuah kebetulan pikir saya.

Dan setelah diikuti secara cermat cara membuat dan bahan bakunya ternyata hampir sama dengan yang ada di buku saya. Jadi kesimpulannya  bahan yang saya pakai dan cara pengerjaannya sudah benar hanya saja perbedaan ada pada cara mengaduk adonan kulitnya. Selama ini saya selalu mengaduk adonan sampai benar-benar licin dan ternyata disitulah kuncinya. Dalam tips memasak di acara tersebut dijelaskan kalau bahan adonan terlalu licin maka kulit tidak akan crispy tapi malah akan memuat minyak yang banyak, adonan yang benar adalah diaduk asal campur saja dan usahakan agar air yang dipakai benar-benar air es dingin, kalau perlu mangkuk tempat adonan diletakkan diatas es batu saat mencampur adonan kulit.

Karena rasa penasaran maka langsung resep itu saya coba dan kebetulan juga semua bahannya juga tersedia di kulkas, dan akhirnya memang seperti yang disebutkan di acara memasak tersebut tempura saya berhasil dengan sukses.....dan sayapun dapat terseyum lega....

Memang sebuah resep walaupun sederhana kalau tidak diteliti dan dibaca dengan benar hasilnya akan berbeda dengan yang diharapkan. Terkadang juga kita menganggap pengetahuan tentang memasak sudah cukup dengan membaca resep yang didapatkan dari buku-buku dan internet saja, padahal menurut saya dengan hanya mengandalkan dari buku dan browsing resep di internet tidaklah cukup menambah pengetahuan kita akan resep itu sendiri. Kemampuan kita akan lebih meningkat dengan mengikuti banyak kursus-kursus ataupun aktif mengikuti diskusi-diskusi di milis-milis memasak, kita juga bisa berbagi bermacam tips-tips memasak dari ahlinya. Dan selain itu semakin banyak mencoba maka hasilnya akan lebih sempurna lagi karena kita akan belajar dari kesalahan yang mungkin kita buat. Jadi selamat bereksperimen....

Tempura udang dan sayuran

Bahan :
- Udang kupas bersih, tinggalkan bagian ekornya
- Wortel, kupas iris tipis
- Buncis, bersihkan potong panjang-panjang
- Terong, potong melintang
- Bawang bombay, potong melintang, lepaskan satu2 (bentuk ring)
- 1 cup tepung terigu
- 3 sdm tepung maizena
- 1 btr kuning telur
- 100ml air es (saya tambahkan lagi 1 blok es batu ukuran kecil)
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
  1. Kerat-kerat bagian bawah udang dalam 4 kali potongan dan agak ditekan2 agar udang berbentuk lurus dan panjang.
  2. Cuci bersih sayuran yang sudah di potong dan tiriskan.
  3. Keringkan udang dan sayuran dengan menggunakan serbet atau tissue agar benar-benar kering.
  4. Gulingkan pada tepung maizena sampai benar-benar tertutup seluruh permukaannya.
  5. Bikin adonan kulit dengan mencampurkan tepung, telur dan air es.
  6. Aduk asal rata saja, biarkan kalau menggerindil dan tidak rata benar (saya mengaduknya dengan sumpit).
  7. Panaskan minyak goreng sampai panas benar
  8. Celupkan udang dan sayuran kedalam adonan sesaat sebelum di goreng.
  9. Goreng dalam minyak panas sampai keseluruhan udang atau sayuran terbenam.
  10. Angkat setelah berwarna coklat keemasan.
  11. Kalau bahan udang dan sayuran sudah habis sisa adonan bisa digoreng untuk kremesannya.

Catatan :
  • Sayuran bisa apa saja tergantung selera. Bisa juga ditambahkan seafood lainnya seperti cumi dan ikan.
  • Pada saat mengeringkan udang dan sayuran harus benar-benar kering agar hasilnya krispy sempurna.

No comments:

Post a Comment