Friday, December 2, 2011

Kepiting bumbu ketumbar

Kepiting bumbu ketumbar
Kesukaan saya akan daun ketumbar bermula ketika suatu hari saya menemukannya di rak yang menjual sayuran segar ini di sebuah supermarket. Sebenarnya saat itu saya sedang mencari daun parsley tapi karena tidak menemukannya maka kemudian saya tertarik pada daun lain yang bentuknya mirip namun memiliki bau yang sangat khas menyengat dan harum. Bau inilah yang sangat menarik perhatian dan ketika saya tanyakan ternyata namanya coriender leaves (daun ketumbar).
daun ketumbar

Setelah googling karena penasaran mencari tahu kegunaan dan untuk apa saja daun ini maka saya dapatkan bahwa ternyata daun ketumbar ini yang terkadang juga disebut "cilantro" termasuk didalam "daun bumbu" yang bisa dimanfaatkan mulai dari akar, batang dan daun, selain tentu saja bijinya yang mana sudah lama saya kenal sebagai salah satu bumbu penting dalam masakan Indonesia. Di Srilankapun daun ketumbar ini kalah populer dengan daun karapincha (curry leaves) tapi hampir di setiap supermarket dan pasar traditional menyediakannya, mungkin hal ini juga dikerenakan banyak warga negara asing yang tinggal disini.
Daun ketumbar memang banyak digunakan dalam makanan India, Thailand, Midle East dan sebagian Eropa serta Amerika.

Saya pikir daun ketumbar yang berbau tajam dan segar ini sangat cocok dihidangkan sebagai salad segar ataupun dikombinasikan dengan masakan seafood, oleh karena itu terpikir juga untuk mengolah daun ketumbar ini dengan kepiting. Kebetulan juga di daerah ini kepiting sangat berlimpah setiap saat. Banyak macam yang dijual tapi biasanya saya sangat suka dengan jenis "blue sea crab" karena cangkangnya tidak terlalu keras sehingga tidak menyulitkan untuk mengeluarkan dagingnya, selain itu bumbu bisa menyerap sampai tulang-tulangnya.

Yang membuat bahagia ketika mencoba resep ini adalah saat anak saya bisa menghabiskan 3 kepiting sekaligus dalam sekejap dan meminta tambah nasi beberapa kali....sungguh sesuatu hal yang jarang terjadi sebab anak saya termasuk anak yang sulit makan....

Kepiting Masak Ketumbar

Bahan :
- 4 buah kepiting jenis blue sea crab ukuran sedang
- 10 buah bawang merah
- 5 Siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar bubuk
- 1 buah cabe merah rajang halus
- 3 rumpun daun ketumbar ukuran sedang mulai dari akar sampai daun bersihkan.
- 1 sdm lime juice
- Gula secukupnya
- Garam secukupnya
- Minyak untuk menumis


Cara Membuat :
  1. Bersihkan kepiting, rebus dalam air mendidih kira-kira 3-4 menit (sampai warna berubah). Angkat, dinginkan.
  2. Lepaskan dari cangkang dan potong menjadi 2 bagian sama besar.
  3. Bersihkan daun ketumbar, rajang daun ketumbar mulai dari batang sampai akar, sisihkan bagian daunnya untuk hiasan.
  4. Panaskan wajan, beri minyak, tumis bawang merah dan putih yang sudah dihaluskan, beri garam, irisan cabai dan ketumbar bubuk dan irisan akar & batang ketumbar. Tumis sampai harum.
  5. Masukkan potongan kepiting, tambah sedikit air dan lime juice, masak sampai matang.
  6. Irisan daun ketumbar segar dapat ditaruh diatas kepiting sesaat sebelum dihidangkan.

Catatan :
  • Terkadang ada orang yang sensitif dan alergi terhadap seafood terutama kepiting yang tidak fresh, untuk mencegahnya biasanya saat merebuasnya pertama kali saya masukkan juga sedikit arang. Menurut ibu saya pada jaman dahulu arang dipercaya bisa menetralisir racun yang ada di dalam kepiting/seafood.
  • Kepiting juga bisa diganti dengan udang.

No comments:

Post a Comment