Saturday, November 26, 2011

Samosa pisang coklat balut wijen

Teh jahe dan samosa pisang coklat balut wijen


Musim hujan sudah mulai tiba, sudah beberapa minggu ini hujan terus menerus mengguyur daerah tempat saya tinggal, bahkan sudah beberapa hari tanpa berhenti. Memang udara menjadi sejuk setelah hari-hari panas yang berkepanjangan di bulan-bulan lalu tapi akibatnya jadi mulai gak enak badan tanda-tanda awal flu mulai tampak. Kalau sudah mulai flu begini paling enak minum teh jahe dan malas-malasan sambil ngemil sesuatu yang hangat.

Tapi ternyata setelah melongok persediaan bahan yang ada di kulkas yang ada tinggal sisa pisang tanduk yang saya beli di pasar kemaren, tapi kok bosan juga ya kalau dibuat pisang goreng terus, akhirnya dengan mengumpulkan semua persediaan bahan-bahan kue yang tersisa maka jadilah samosa pisang coklat balut wijen ini.

Setelah jadi ternyata enak sekali....cocok sekali untuk camilan di hari dingin yang suram...membuatnya mudah, cepat dan tidak memerlukan keahlian khusus....
Anak-anakpun pasti langsung jatuh hati...Selamat mencoba....

Samosa pisang coklat balut wijen

Bahan :
- Kulit spring roll/ samosa sheet
- 1 buah pisang tanduk potong kecil-kecil
- Dark cooking coklat secukupnya potong2 halus
- 1 sdm gula pasir (bisa di skip)
- 1 putih telur kocok lepas
- Wijen untuk taburan

Cara Membuat :
  1. Campur potongan pisang, coklat dan gula dalam mangkuk.
  2. Taruh diatas spring roll/ samosa sheet, bentuk menjadi amplop segitiga, rekatkan ujungnya dengan sedikit putih telur.
  3. Celup ke dalam putih telur dan taburi wijen.
  4. Goreng dalam minyak panas sampai berwarna kuning keemasan, angkat.
  5. Hidangkan.

Kalau sudah mulai tenggorokan terasa tidak enak dan kepala berat maka biasanya saya suka membuat minuman yang hangat-hangat, favorite saya selama ini adalah gingger tea, biasanya sich tehnya saya beli saja dalam kemasan tea bag karena praktis tinggal seduh, kemasan tea bag memang banyak dijual di Srilanka ini dalam berbagai macam rasa termasuk rasa jahe. Tapi kalaupun tidak ada teh jahe bisa di buat sendiri dirumah, perpaduan rasa jahe yang hangat serta rasa teh yang khas membuatnya menjadi istimewa, bila suka teh jahe ini bisa dinikmati dengan mencampurnya bersama susu segar.

Teh Jahe

Bahan  & cara membuat :
  1. Seruas jahe bersihkan dan panggang diatas api sebentar. Iris tipis dan sisihkan.
  2. Masak air sampai mendidih, masukkan jahe baru seduh dengan teh celup.
  3. Sajikan beserta gula atau tanpa gula (saya biasanya memakai gula batu).

Catatan :
  • Bila memakai spring roll sheet maka potong sheet menjadi dua bagian sama panjang untuk memudahkan membentuk samosa (bentuk sampul segitiga).
  • Pada isi bisa ditambahkan potongan keju atau kismis bila suka.
  • Samosa pisang coklat balut wijen ini juga bisa dihidangkan dengan maple syrup atau madu sebagai pelengkap.

No comments:

Post a Comment