Sunday, November 20, 2011

Pukis

Pukis vanilla coklat

Pengen ngemil tapi malas  keluar rumah, padahal hari libur, lihat persediaan bahan makanan cuma nemu 2 butir telur dan tepung, akhirnya mulai dech buka-buka resep kue dan nemu resep sederhana ini disini dan setelah dicoba ternyata cara membuatnya cepat dan bisa disesuaikan dengan memakai bahan yang ada di rumah.

Sebenarnya pertama kali melihatnya saya sempat sedikit ragu karena selain sederhana juga kalau diperhatikan resep asli kue pukis ini sama dengan resep kue cubit yang saya punya tapi kemudian mungkin dimodifikasikan dengan mengganti bahan susu dengan santan kental, dan dicetak ke dalam cetakan pukis,  tapi ternyata setelah jadi rasanya tidak mengecewakan. Terus terang saya sudah beberapa kali membuat pukis dengan beberapa resep kue pukis yang berbeda-beda tapi kok rasanya belum ada yang pas dihati terkadang juga malah gagal total dan dengan resep inilah yang saya pikir paling mendekati bentuk maupun rasa.

Dari segi bahanpun sangat fleksibel tergantung berapa banyak bahan yang ada di rumah, untuk toppingnya juga dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Pokoknya kalau sedang tidak punya banyak waktu tapi ingin membuat sesuatu untuk teman minum teh atau ngemil resep ini dapat dipakai jadi selamat mencoba....

Resep Pukis

Bahan :
- 2 butir telur
- 100 gr gula pasir
- 140gr tepung terigu
- 60gr tepung sagu
- 1sdt vanilla ekstrak
- 250ml santan hangat
- 2sdm margarine cair
- 1sdm ragi instant (saya pakai fermipan)
- Untuk topping : meises, kismis, keju (tergantung selera)

Cara Membuat :
  1. Kocok telur dengan gula sampai gula larut.
  2. Dalam mangkuk masukkan terigu, tepung sagu dan fermipan, aduk rata.
  3. Campur adonan telur kedalam campuran tepung, tambahkan santan sedikit-sedikit, aduk rata.
  4. Tambahkan vanilla dan margarine cair, aduk.
  5. Diamkan adonan sampai adonan mengembang 2x semula.
  6. Panaskan cetakan diatas kompor, oles dengan sedikit margarine.
  7. Tuang adonan ke dalam cetakan, beri topping, diamkan sampai berlubang-lubang baru tutup.
  8. Angkat setelah pukis matang.

Catatan :
  • Tepung sagu dapat memberi rasa kenyal tapi kalau tidak ada bisa memakai tepung terigu semua.
  • Takaran santan bisa ditambah atau dikurangi tergantung tingkat keenceran adonan, kalau terlalu kental maka hasil jadi pukis akan keras sebaliknya kalau terlalu encer maka bentuk pukis akan jelek.
  • Untuk topping kalau ingin rasa coklat bisa mengambil sedikit adonan pukis dan dicampur dengan sedikit pasta coklat.
  • Jika suka bisa ditambahkan pasta pandan pada adonan maka pukispun akan berwarna hijau cantik dengan harum pandan yang wangi.

2 comments:

  1. halo mbak dini…mau tanya,kalau tidak ada tepung sagu apakah bisa di ganti dengan tepung tapioka( kanji) atau tepung jagung ( maizena)…terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja mbak...biasanya saya selalu pakai pengganti 2 tepung itu kalau gak ada tepung sagu, tapi yang paling mendekati rasa sepertinya tepung tapioca dech. Selamat mencoba ya...

      Delete