Saturday, December 10, 2011

Cendol

Cendol
Cendol adalah minuman favorite  saya dan mungkin juga banyak orang. Es cendol banyak sekali dijajakan oleh pedagang kaki lima maupun bisa kita temui di mall-mall dan pusat perbelanjaan. Rasanya yang manis dan legit dikombinasikan dengan es batu atau es serut sangat cocok dihidangkan sebagai minuman penyegar di kala udara panas. Tapi kalau dikatakan bahwa cendol merupakan minuman asli Indonesia juga tidaklah terlalu tepat karena cendol ini juga banyak saya temui di jalanan Thailand. Mereka menyebutnya "Mung Jelly" dijajakan sebagai jajanan kaki lima, biasanya mereka menanbahkan potongan nangka segar ke dalamnya.

Cetakan cendol
Tanpa mempermasalahkan dari mana asal mula cendol ini berasal mencoba membuat cendol sendiri ternyata tidaklah sulit. Bahan bakunya juga sangat mudah didapat dan murah, untuk cetakannya asalkan ada tempat yang berlubang-lubang maka cendol bisa dicetak. Dulu sewaktu saya belum punya cetakan cendol yang benar maka saya memakai panci kukus-an yang berlubang-lubang sebagai cetakannya. Karena lubang kukusan saya agak kecil maka hasil cendolnyapun menjadi lebih kecil dari biasanya.

Resep cendol saya dapatkan dari hasil browsing di internet, ada beberapa macam resep yang saya dapat, ada yang komposisi bahan dasar utamanya tepung beras, ada yang memakai tepung hun kwe atau gabungan dari keduanya. Menurut saya semuanya layak dicoba walaupun memang hasil akhirnya menjadi sedikit berbeda. Cendol yang berbahan tepung hun kwe akan lebih kenyal dan terasa ringan, sedang yang berbahan tepung beras lebih berat dan gampang patah tetapi memiliki tekstur dan rasa yang enak. Tapi perbedaan2 itu tidaklah mengurangi rasa nikmat dari cendolnya, jadi tergantung selera saja mana yang dipilih, saya sendiri menyukai resep yang menggabungkan tepung hun kwe dan tepung beras. Jadi selamat mencoba....

Resep cendol tepung beras

Bahan cendol:
- 75gr tepung beras
- 25gr tepung tapioka
- 1sdm pasta pandan
- 1sdm air kapur sirih
- 500ml air
- 2sdm gula pasir
- 2ltr air es

Resep cendol tepung hunkwe

Bahan :
- 75gr tepung hunkwe
- 25gr tepung tapioka
- 500ml air
- 1sdm pasta pandan
- 2sdm gula pasir
- 2ltr air es

Resep cendol tepung hunkwe dan tepung beras

Bahan :
- 50gr tp hunkwe
- 25gr tepung beras
- 25gr tepung tapioka
- 1sdm pasta pandan
- 2sdm gula pasir
- 2ltr air es

Bahan sirup gula merah :
- 250gr gula merah sisir halus
- 50gr gula pasir
- 150gr air
- 1 lbr daun pandan

Bahan kuah santan :
- 1 ltr air
- 1 btr kelapa parut ambil santannya
- 1/2 sdt garam
- 1 daun pandan

Cara Membuat :
Cendol : Masukkan semua bahan kecuali 2ltr air es kedalam panci, aduk rata.
Masak sambil terus diaduk-aduk sampai mengental.
Taruh saringan cendol diatas 2ltr air es, tuang adonan cendol diatas saringan.
Tekan-tekan dan biarkan adonan jatuh ke dalam air es, berbutir-butir berbentuk cendol.
Sisihkan.
Sirup gula merah : Masak semua bahan sampai gula larut. Angkat dan saring.
Bahan Kuah : Masak semua bahan, aduk terus agar santan tidak pecah. Angkat dan saring.
Penyajian : Saring cendol, masukkan dalam mangkuk saji, tambahkan sirup gula merah dan kuah santan serta serutan es batu. Sajikan dingin-dingin.

Catatan :

  • Potongan nangka segar atau kaleng serta butiran jagung manis yang sudah direbus di dalam larutan gula bisa juga ditambahkan dalam cendol untuk memperkaya rasa.
  • Kalau tidak ada tepung tapioka maka bisa di skip, tambahkan persentase bahannya ke bahan lainnya.

No comments:

Post a Comment