Tuesday, April 24, 2012

Siomay bungkus pangsit


Siomay bungkus pangsit
Kota Colombo tempat saya tinggal sedang diguyur hujan beberapa hari ini, padahal sedang dalam suasana liburan juga. Wah kalau sudah begini pastilah saya harus menyediakan makanan camilan untuk anak dan suami di rumah, karena pasti mereka ingin makan sesuatu terutama yang hangat-hangat.
Setelah beberapa saat membongkar resep-resep yang saya punya akhirnya pilihan jatuh pada siomay bungkus pangsit ini. Resepnya saya dapatkan pada buku resep yang dikeluarkan oleh "Bakul kuliner populer" keluaran tim dapur Demedia seri "variasi pempek dan siomay". Buku ini saya beli sewaktu liburan ke Indonesia Desember lalu. Menurut saya bukunya termasuk komplit dan mudah diikuti dan harganyapun amat sangat terjangkau untuk saya, pokoknya tidak rugilah.

Sebenarnya siomay bungkus pangsit ini kalau di kota Malang tempat orang tua saya tinggal bahannya dibuat hanya dari campuran daging sapi atau ayam saja dan dibungkus dengan kulit pangsit, sedang sebagai pendamping berupa kuah kaldu spt kuah bakso. Terkadang siomay ini juga merupakan bagian dari bakso Malang, jadi kalau makan bakso Malang komplit pasti disertai siomaynya. Ada yang hanya di steam ada pula yg kering digoreng. Dalam resep ini siomay bungkus pangsitnya merupakan campuran dari daging ayam, udang dan juga ikan, serta diberi bumbu sambal kacang, jadi sedikit menyerupai siomay bandung dalam penyajian dan rasanya, tapi tidak disertai dengan sayur-sayuran atau komponen lain yang biasa ada didalam siomay bandung.

Kalau rasanya sich tergantung selera mana yang disukai, disajikan beserta kuah kaldu ataupun bumbu sambal kacang semuanya layak dicoba dan sama-sama enak menurut saya..Silahkan mencoba....

Siomay bungkus pangsit

Bahan Biang :
- 2 sdm tepung terigu
- 300ml air
- 1 sdm garam
- 1/2 sdm gula
- 2 siung bawang putih haluskan
- Merica sesuai selera
- Bumbu penyedap (saya skip)
- 3 sdm minyak goreng

Cara : Masukkan semua bahan dalam panci kecuali minyak goreng, masak sampai kental dan meletup-letup. Angkat, masukkan minyak goreng aduk rata, kemudian sisihkan dan biarkan dingin.

Bahan Siomay :
- Bungkus pangsit siap pakai
- 200 gr ikan haluskan
- 200 gr ayam cincang
- 200 gr udang kupas kulit dan cincang kasar
- 400 gr tepung kanji
- 1 btr telur ayam kocok lepas
- Daun bawang potong halus
- wortel parut untuk hiasan

Cara membuat :
  1. Campur bahan biang dan ikan serta 200gr kanji uleni sampai rata.
  2. Kemudian campur adonan ikan dengan telur, udang, dan ayam aduk rata.
  3. Masukkan sisa tepung kanji aduk dengan sendok sampai semua tercampur.
  4. Olesi mangkuk cetakan dengan minyak, taruh kulit pangsit didalam cetakan dan masukkan adonan siomay dengan sendok.
  5. Baru atasnya beri hiasan wortel parut, kukus sampai matang kurang lebih 20 mnt.

Bumbu Saus Kacang

Bahan :
- 250 gr kacang tanah goreng haluskan
- 1 sdm gula merah iris
- Air asam/ air jeruk limau
- Cabe merah giling
- Bawang putih haluskan
- Garam
- Gula
- Air
  

Cara membuat :
  • Campur semua bahan jadi satu dan masak sampai kental dan berminyak.

Catatan :
  • Adonan siomay sedikit lembek jd harus disendok untuk memasukkan kedalam kulit pangsitnya.
  • Kalau suka maka ganti air dengan santan kental pada bahan bumbu saus kacangnya, masak seperti cara diatas.
  • Bahan-bahan untuk siomay bisa diganti sesuai selera atau ditambahkan potongan kecil-kecil sayuran dalam bahan adonannya.

2 comments:

  1. Hasil siomaynya bagaimana mba dengan resep ini? Empuk atau kenyal? Saya ingin coba ��

    ReplyDelete