Monday, May 7, 2012

Cupcakes

Rose cupcake
Sudah beberapa waktu ini lagi ada hobby baru saya yaitu membuat cupcakes. Keranjingan ini sebenarnya bermula tanpa sengaja yaitu sewaktu saya telah menyelesaikan kursus menghias cake yang saya ikuti. Untuk memperlancar membuat hiasan cake terutama dari buttercream maka diperlukan banyak latihan dan latihan. Tanpa latihan maka tidak akan pernah dapat membuat hiasan dari buttercream secara baik. Memang kusulitan utama seorang pembuat cake adalah pada saat membuat hiasannya terutama yang memakai hiasan dari icing sugar. Sebenarnya banyak macam frosting tapi biasanya untuk pemula buttercream banyak dipakai karena memiliki bahan dasar yang murah dan mudah membuatnya, disamping itu tingkat kekentalan buttercream mudah dimodifikasi tergantung dari akan dipakai untuk hiasan model apa. Buttercream juga terkenal akan daya tahannya yang bagus diudara panas serta lembab seperti tempat saya tinggal saat ini.

Flowers

Latihan menggunakan spuit aneka rupa sehingga menghasilkan hiasan yang diinginkan memang sangat diperlukan dalam bekerja dengan buttercream. Tekanan yang berbeda akan menghasilkan efek yang beraneka ragam dan juga mempengaruhi hasil bentuk hiasannya.

Dari berlatih dengan berbagai model inilah maka ide membuat cupcake muncul. Saya pikir kalau kita berlatih diatas cake yang besar maka tidak akan banyak hiasan yang dapat divariasikan, paling-paling hanya untuk beberapa macam saja dalam sekali latihan tapi kalau cakenya saya buat kecil-kecil maka akan banyak variasi dalam sekali berlatih.
Dan ternyata setelah jadi bikin ketagihan....Bentuk cupcakes yang kecil-kecil dengan hiasan yang beraneka ragam membuat siapa saja yang melihat akan cepat jatuh hati...Bahkan anak saya yang biasanya sangat anti dengan buttercream frosting mulai menyukainya...
Mungkin karena hiasannya yang lucu-lucu dan bentuk cakenya yang mini dan mudah dimakan makanya dia suka.

 
Animal series untuk ultah
Cupcakes memang telah membuat jatuh hati semua orang terutama  saya...bukan cuma hiasannya yang sangat bervariasi dan lucu-lucu tapi juga bahan cakenya serta frostingnya bisa menghasilkan rasa dan variasi yang tidak terbatas, tergantung imaginasi si pembuat. Bahkan sekarang sudah banyak cupcakes yang dibuat dengan tema tertentu atau sebagai pengganti cake ulang tahun dan pengantin. Selain mudah mengemasnya dan cantik tentunya tidak perlu repot lagi menyediakan pisau untuk memotongnya sehingga para tamu tinggal mengambilnya satu persatu, pantas juga kalau sekaligus dibuat sebagai souvenir ultah atau pengantin.


Dibawah ini saya tuliskan resep dasar cake untuk cupcake serta buttercream frosting...Selamat mencoba...


Topping buah

Resep Cupcake

Bahan :
- 175gr butter, suhu ruang
- 175gr gula pasir
- 3btr telur
- 175 gr tepung terigu
- 1sdt essence vanilla
- 1/4sdt baking powder

Cara membuat :
  1. Kocok gula dan butter sampai lembut dan berubah warna (gula larut), tambahkan telur satu persatu, kocok sampai mengembang dan berwarna pucat.
  2. Tambahkan tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak, aduk rata.
  3. Terakhir tambahkan vanilla essence, aduk rata.
  4. Masukkan adonan kedalam papercup sampai 3/4 penuh.
  5. Oven dalam suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 15-20mnt.

Resep buttercream frosting 

Bahan :

- 100gr butter, suhu ruang
- 100gr margarine, suhu ruang
- 400gr icing sugar, ayak
- 3sdm susu kental manis
- Pewarna (bila suka)

Cara membuat :
  1. Kocok mentega dan butter sampai lembut.
  2. Tambahkan icing sugar sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai mengembang.
  3. Tambahkan susu kental manis, kocok terus sampai rata.
  4. Beri pewarna sebelum buttercream dipakai untuk menghias.


Catatan :
  • Resep cake diatas menghasilkan kurang lebih 20 cupcakes ukuran sedang.
  • Untuk buttercream frosting kalau menginginkan cream yang lebih lembut maka kuantitas susu kental manisnya bisa ditambahkan, dan bila menginginkan adonan yang lebih kukuh maka kuantitas icing sugarnya yang ditambah.
  • Dalam bekerja dengan buttercream juga perlu diperhatikan adalah suhu dan kelembab-an, karena akan mudah sekali leleh karena suhu panas dan lembab.

No comments:

Post a Comment