Monday, May 23, 2011

Kue Ku


Kue ku hijau dan pink
Mumpung liburan maka kesempatan kali ini saya manfaatkan untuk mencoba resep. Resep yang saya akan uji cobakan adalah resep Kue Ku. Warnanya yang cantik dan rasanya yang lembut pasti akan jadi camilan favorite nantinya. Tapi sebenarnya juga ada alasan lainnya, saya dan anak saya baru-baru ini telah mendapat warisan berupa cetakan kue ku dan sebuah binatang peliharaan baru yaitu  sebuah kura-kura.


Torte si kura-kura lucu
Ceritanya ada beberapa orang teman yang telah selesai masa tugasnya secara bersamaan di negara ini dan mereka akan kembali pulang ke Indonesia, seperti biasa kalau ada orang yang pulang begitu maka barang-barang yang tidak terpakai termasuk juga binatang peliharaan ataupun tanaman akan dibagi-bagikan kepada siapa saja yang membutuhkannya, nah kebetulan anak saya ingin sekali memelihara binatang maka kura-kura peliharaan teman inilah yang dia minta, sedangkan saya pastilah peralatan memasak yang saya inginkan, maka cetakan kue ku jatuh ketangan saya.

Sebenarnya sich sudah lama sekali anak saya minta binatang peliharaan tapi permintaannya selalu saya tolak, bukan karena apa tapi membayangkan memelihara dan merawatnya saja saya sudah pusing, belum lagi membersihkan kotorannya dan saya yakin sekali anak saya belum bisa bertanggung jawab untuk itu semua.
Tapi setelah mendapat kesempatan untuk merawat kura-kura ini terpikir juga oleh saya apa salahnya dicoba, toch kura-kura tidak memerlukan perawatan khusus, cukup dilepas di taman saja dan diberi makan apa saja karena terkadang dia makan keong atau binatang kecil lainnya jadi tidak perlu repot menyediakan secara khusus, ini juga sebagai uji coba untuk anak saya apakah dia mampu bertanggung jawab terhadap peliharaannya tersebut.

Dan ternyata kura-kura ini bisa membuat keriangan tersendiri untuk kami, karena tiap pagi kita jadi sibuk dengan si kura-kura, belum lagi melihat dia berjalan kesana-kemari...benar-benar menghibur....
Bentuk kura-kura inilah yang menginspirasi saya mencoba membuat Kue Ku...Karena ternyata memang bentuknya sangat mirip....Apakah mungkin juga nama Kue Ku itu berarti kura-kura yach.....Siapa tahu....Tanpa menebak-nebak lebih lanjut, yang jelas kura-kura ini saya dapatkan bersamaan waktunya dengan saya dapatkannya cetakan kue Ku....Dan inilah hasilnya...

Bahan Isi :
- 250gr kentang kukus haluskan
- 100gr gula pasir
- 1/2 sdt vanilli

Bahan Kulit :
- 250gr tepung ketan
- 250ml santan kental masak hangat
- 100gr gula
- Pewarna sesuai selera

Cara membuat :

  1. Isi : Campurkentang, gula pasir, vanilli. Buat bulatan-bulatan, sisihkan.
  2. Kulit : Campur tepung ketan, santan dan gula. Uleni sampai kalis, lentur dan lemas.
  3. Beri pewarna, uleni sampai rata. Bagi menjadi bulatan-bulatan kecil.
  4. Ambil satu bagian, tekan sampai pipih dan masukkan isi, bulatkan kembali.
  5. Cetak dalam cetakan kue ku yang sudah diolesi minyak. Tekan-tekan supaya motif tercetak, lalu keluarkan dari cetakan.
  6. Taruh kue ku diatas daun pisang/plastik, kukus sampai matang.

Catatan :
  • Pada saat mengukus buka-buka kukusan setiap 5 menit agar tidak terlalu lembek dan isi keluar.
  • Bahan isi bisa diganti dengan isi kacang hijau dengan perbandingan yang sama, atau campuran setengah bahan kentang dan setengah bahan kacang hijau.

No comments:

Post a Comment