Monday, June 9, 2014

Kerang masak padang



Sudah sejak lama saya selalu mencari kerang yang dijual di pasar-pasar sekitar Colombo tapi tidak pernah ketemu, mungkin karena di Srilanka kerang bukan merupakan makanan favourite, atau mungkin juga susah didapat, karena walaupun negaranya dikelilingi laut tetapi lautnya dalam dan berombak besar sehingga kerang sulit hidup.

Pencarian kerang ini gara-gara anak saya pernah dibelikan kerang hijau saus padang oleh tantenya sewaktu kita sedang liburan di Indonesia, kenangannya akan makan kerang yang enak ini selalu diingatnya. Dan setiap kali kita berlibur ke Indonesia salah satu makanan yang dia tanyakan adalah kerang selain makanan lainnya.

Makanya begitu pertama kali liat kerang di sebuah pasar traditional senangnya bukan main, di pasar ini menjual beberapa jenis kerang dan tiram tetapi tidak ada kerang hijau, akhirnya saya beli saja kerang yang tersedia disana.


Cari-cari diinternet bagaimana mengolah kerang maka saya dapatkan resep kerang saus padang dari sedap sekejap, resepnya sendiri agak pedas jadi saya kurangi jumlah pemakaian cabenya dan hasilnya ternyata enak sekali, anak saya makan dengan lahapnya. Sayangnya kerang yang saya beli ini berdaging sedikit tidak seperti kerang hijau yang besar dan banyak dagingnya, tapi yang jelas sekarang sudah dapat menyenangkan anak saya karena saya sudah bisa memasak makanan kesukaannya.

Kerang Saus Padang

Bahan:
1kg kerang, dicuci bersih
2 lembar daun salam 
1ltr air untuk merebus
Bahan Saus:
1 buah bawang bombay, diiris
2 buah cabai merah besar, dipotong bulat (saya tidak pakai)
1 sendok makan saus tiram
4 sendok makan saus tomat
2 sendok makan saus sambal
3/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir
1/2 sendok makan tepung sagu dan air, untuk mengentalkan
2 batang daun bawang, potong miring
200 ml air
Mentega untuk menumis (saya pakai minyak sayur)
Bumbu Halus:
3 buah cabai merah keriting (saya tidak pakai)
3 siung bawang putih
2 cm jahe
Cara membuat:
  1. Rebus kerang dalam air bersama daun salam sampai mendidih. Saring dan buang airnya.
  2. Panaskan minyak. Tumis bawang bombay, cabai merah besar, dan bumbu halus sampai harum.
  3. Masukkan saus tiram, saus tomat, saus sambal, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai mendidih.
  4. Masukkan kerang dan daun bawang. Aduk rata. Masak sampai matang. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Masak sampai meletup-letup.
Catatan :

  • Kerang yang segar kalau dimasak akan tebuka cangkangnya.
  • Jangan makan kerang yang tertutup karena berarti sudah tidak fresh dan bias bikin keracunan.


Karena saya beli kerang agak banyak maka sebagian saya rebus kerangnya tanpa bumbu, enak juga buat camilan sore-sore. Sausnya hanya saus sambal botolan dan rajangan daun ketumbar.





No comments:

Post a Comment