Tuesday, July 1, 2014

Som Tam


Beberapa hari yang lalu ceritanya tiba-tiba ditawari KBRI untuk mengisi acara memasak yang diadakan oleh embassy Thailand di Srilanka. Undangan mendadak ini diedarkan kepada kedutaan-kedutaan Negara ASEAN termasuk Indonesia. Undangan dalam acara Thailand Night ini adalah dalam rangka promosi kebudayaan Thailand. Tidak ada kriteria khusus hanya disebutkan akan memasak Som Tam dalam lomba nantinya, semua bahan dan peralatan juga disediakan panitia. Wah kesempatan menarik pikir saya, karena Som Tam sudah dikenal luas dan bahan serta pengerjaannya juga tidak terlalu sulit, oleh karena itu langsung saja saya sanggupi. Dan akhirnya saya berdua dengan teman mewakili tim Indonesia.


Som Tam adalah masakan traditional Thailand sebangsa salad sayuran yang terbuat dari papaya muda parut, rasanya yang asam segar serta manis membuatnya menjadi makanan yang digemari semua orang. Jenis som tam sendiri sebenarnya banyak macam, tergantung kreatifitas si pembuat tapi bahan utama yang pasti adalah papaya muda parut, sausnya terdiri dari saus ikan, lime juice, palm sugar, larutan air asam, cabe, dan ebi serta bawang putih. Biasanya Som tam dijajakan sebagai makanan kaki lima di Thailand, cara membuatnya yang unik dengan ditumbuk dengan memakai alat tumbuk. Som tam merupakan hidangan syang disajikan fresh karenanya bahan-bahan yang dipakai juga harus sesegar mngkin.

Ada satu pengalaman saya tentang makanan som tam ini dan merupakan salah satu pengalaman makan ekstrim saya yang pertama. Kejadiannya sewaktu berkesempatan ke Thailand pada saat berjalan-jalan tiba-tiba teman saya mengajak makan som tam yang dijual di kaki lima, karena banyak penjual som tam disana kita piker semua sama saja, makanya tidak pilih-pilih lagi. Saat menunggu itulah saya  melihat secara langsung pembuatan som tam ini dengan menggunakan udang kecil-kecil yang masih hidup. Jadi setiap kali orangnya menumbuk udang ini berloncatan juga kesana kemari, dan sewaktu dihidangkan udangnya masih bergerak-gerak. Tentu saja saya hanya melihat tanpa sanggup memakannya, dan ternyata usut punya usut saya berada di blok makanan ekstrim khas Thailand, ada berbagai sate dengan bahan belalang dan segala macam serangga lain dijual juga disana. Buat yang berani pasti tidak akan melewatkan mencoba, tapi buat saya cukup melihat-lihat saja.....


Akhirnya malam itu kami berlomba beserta 5 perwakilan lainnya. Waktu memasak ditentukan 10 menit, dan walaupun kami malam itu tidak keluar sebagai pemenangnya tetapi sudah banyak mendapatkan pengalaman yang menarik. Acaranya sendiri sangat meriah, didahului dengan tarian-tarian traditional dan juga ada pertunjukan Muang Thai, sebuah pertunjukan bela diri yang terkenal di Thailand. Kami juga berkesempatan untuk berfoto beserta para selebrity Muang Thai ini, kemudian acara diakhiri dengan makan bersama dan ramah tamah. Semua makanan khas Thailand dihidangkan, dan tentunya kue-kuenya yang terkenal. Kami para peserta lomba masak  akhirnya pulang dengan berbagai souvenir di tangan, yang paling saya suka adalah buku masak Thailand ada di antaranya. Wah benar-benar malam yang mengesankan buat kami....

Dibawah ini saya tuliskan resep som tam ala saya, saya modifikasikan sedikit som tam-nya, parutan papaya muda saya campur dengan parutan manga muda untuk sensasi asam segarnya, dan untuk taburannya saya memakai ting-ting kacang (candy peanut) yang ditumbuk kasar. Hidangan ini sepertinya juga cocok sebagai menu pembuka buaka puasa, rasanya yang manis segar bisa bikin ketagihan loh....Silahkan mencoba.....

Som Tam

Bahan :

- 1 buah papaya ukuran sedang, masih hijau dan mengkal
- 2 buah manga muda
- 1 buah wortel ukuran sedang
- 2 suing bawang putih
- 1sdm gula merah sisir halus, tergantung selera
- 1sdm saus ikan, tergantung selera
- 1sdt lime juice
- 1/2 sdt air asam (bila suka)
- 1/2 sdt ebi halus
- Candy peanut ( ting ting siap pakai) tumbuk kasar
- 2 buah cabe rawit, tergantung selera

Cara membuat :
  1. Parut kasar papaya, manga dan wortel (saya pakai parutan khusus sayur), sisihkan.
  2. Dalam tumbukan, tumbuk cabe dan gula merah sampai halus, masukkan bawang putih, tumbuk lagi, masukkan, juice jeruk nipis,air asam, ebi dan saus ikan, campur rata.
  3. Setelah semua tercampur tambahkan parutan sayurnya, tumbuk sedikit tapi jangan sampai hancur.
  4. Som tam siap dihidangkan dengan taburan kacang ting-ting tumbuk.




Kalau mau membuat sendiri ting-ting kacangnya, resep ini juga bisa dipakai :

Ting-ting kacang

Bahan :

- 100gr kacang, sangrai kupas kulitnya.
- 4sdm gula pasir
- 1 sdt air
- 1sdt lime juice
- Garam bila suka
- Cabe bubuk bila suka

Cara membuat :
  1. Masak semua bahan kecuali kacang dalam teflon anti panas. Biarkan gula sampai berkaramel dan berbuih, masukkan kacang, aduk rata. Angkat.
  2. Taruh dalam Loyang yang dialasi kertas minyak, pipihkan. Biarkan dingin dan mengeras. Ting-ting siap dipakai.
Catatan :
  • Sayuran atau buah lain bisa dipakai dalam mebuat som tam ini, asalkan tidak lembek dan berair.
  • Utuk taburan bisa juga dipakai bawang putih goreng.

1 comment: