Sunday, June 5, 2011

Cake hias

Cake potong dengan buttercream dan fondant

"Selalu ada yang pertama" mungkin kata ini yang paling tepat diucapkan, hal ini berkaitan dengan kegiatan saya dalam membuat cake hias. Sebenarnya keengganan saya membuat cake hias adalah dikarenakan kemalasan saya dalam membuat hiasan cakenya yang menurut saya ruwet. Menghias cake juga memerlukan ketelatenan dan keahlian tersendiri dan itu saya sadari tidak saya punyai.

Cake pengantin pertama sebelum diberi boneka pengantin
 Saya merasa tidak berbakat dan memiliki keahlian dalam hal hias menghias, jauh lebih enak membuat cake potong polos dengan berbagai rasa dan variasi. Sampai suatu hari seorang teman meminta tolong saya untuk membuatkan cake pengantin.

Wah sudah jelas permintaannya ini saya tolak mentah2. Membuat cake hias saja saya tidak pernah melakukannya kecuali untuk ultah keluarga sendiri, ini membuat cake pengantin lagi......sebuah pekerjaan yang memerlukan tanggung jawab yang sangat tinggi...bukankah pengantin hanya satu kali seumur hidup...dan kenapa mesti saya kan banyak hotel dan coffe shop yang menyediakan cake enak dan indah-indah tentunya....

Tetap kekeuh dengan permintaannya karena dia bilang cake saya biasanya enak dan dia sudah cocok, lagipula cakenya tidak memerlukan hiasan macam2...teman saya coba membujuk hampir tiap hari...sampai akhirnya saya iyakan permintaannya karena kasihan dan bukankah kita harus berani mengambil sedikit resiko kalau mau belajar, pikir saya....Dan dengan terpaksa serta memintanya untuk memaklumi serta menerima berbagai kondisi dan konsekuensi kalau cake ini ternyata tidak sesuai dengan harapannya maka sayapun berani menerima tantangan ini.


Birthday cake coklat buah
Sebenarnya memang permintaannya kedengaran sederhana saja...cake dua tumpuk, tidak mau pakai coklat karena dia benci coklat katanya dan tidak perlu dihias hanya diberi cream putih....Tapi apakah kelihatan sesederhana itu....Wah orderan pertama ini membuat saya grogi, panik dan gelisah tidur berhari-hari...Walaupun sampai pada hari H-nya...teman saya itu merasa begitu puas dan memuji kalau cakenya tandas tanpa sisa dan membuat semua tamu memujinya.....

Bernafas lega saya mendengarnya walaupun juga tidak akan menerima orderan seperti itu lagi apapun bujuk rayunya dan berapapun harganya....Ini bukan masalah cake dan semua ketakutan menghiasnya tapi ini masalah rasa percaya diri......saya merasa belum percaya diri sepenuhnya untuk membuat cake hias yang untuk dijual, karena merasa jauh dari sempurna. Perlu latihan terus menerus atau malah harus mulai mencari kursus yang khusus dibuat untuk menghias cake.


Cake ultah dengan buttercream dan gum paste
 Dari pengalaman ini maka seharusnya untuk pemula seperti saya sepertinya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membuat cake hias ini. Dan juga diperlukan  beberapa tahap lainnya agar sukses menghasilkan cake yang cantik dan rasa yang enak. Tahap-tahapnya adalah :

1. Membuat cake terlebih dulu, bisa dilakukan sehari atau beberapa hari sebelumnya
2. Menentukan jenis cream yang dipakai sebagai pelapis, filling ataupun dekorasi cake
3. Menentukan model hiasan
4. Menyiapkan bahan2 tambahan seperti confeti, buah2an , rhum, pewarna dll.
5. Cake siap dihias sesuai selera

Resep Cake Dasar Sederhana

Bahan:
- Telur 7 butir
- Tepung 7sdm  munjung (untuk cake coklat 4sdm tepung, 3sdm coklat powder)
- Gula 7sdm munjung
- Vanilla essence
Cake menunggu dihias

Cara Membuat :
  • Kocok telur dan gula sampai kental dan berubah warna
  • Masukkan tepung dan essence vanilla, aduk rata
  • Taruh dalam loyang yang telah diberi kertas roti dan dioles mentega
  • Oven sampai matang

Catatan : Cake bisa dicetak di loyang bulat, persegi, atau dipotong2 sesuai selera. Masukkan cake dalam kulkas terlebih dahulu sebelum dihias agar hasil hiasan sempurna.

Resep ganache

Bahan :
- 100gr whip cream
- 300gr DCC/ milk/white
- 30gr butter

Cara membuat :
  • Panaskan whip cream diatas api sampai mendidih,angkat
  • Taruh coklat yang sudah dipotong kecil2 dalam wadah besar
  • Masukkan whip cream panas kedalam coklat, aduk rata
  • Tambahkan butter, aduk
  • Siram diatas cake

Catatan :
Untuk ganache yang akan dibuat hiasan masukkan dalam kulkas sampai beku, keruk dan mixer sampai mengembang. baru di spuit sebagai hiasan.

Resep Butter cream

Bahan :
- 175gr shortening
- 350gr icing sugar
- vanilla essence/essence rasa lain sesuai selera
- Pewarna sesuai selera

Cara membuat :
Masukkan semua bahan jadi satu, mixer sampai halus.

Resep Icing sugar

Bahan :
- 1 putih telur
- 200gr icing sugar
- vanilla essence
- 2sdm lime juice

Cara membuat :
- Kocok putih telur, gula dan lime juice sampai kaku

Catatan :
  • Icing sugar ini bisa dipakai untuk filling, pelapis cake ataupun hiasan lainnya. Dan dapat diwarnai sesuai selera.
  • Kalau dipakai sebagai hiasan ataupun pelapis perlu dijaga kekentalannya. Makin kental adonan maka makin keras hasilnya.
  • Untuk mencapai kekentalan yang diinginkan maka jumlah icing sugar dapat ditambahkan, makin banyak icing sugarnya hasilnya akan makin kental dan keras.

Resep Fondant

Dinegara tempat saya tinggal ini sangat jarang ditemui fondant siap pakai, kalaupun ada harganya sangatlah mahal dan rasanya tidak sesuai selera saya. Maka biasanya saya membuatnya sendiri. Ada satu resep yang saya dapatkan dari internet, bahan dan caranya sangatlah mudah, rasanyapun sangat enak. Dengan resep ini maka cake hias akan tampak semakin semarak dan cantik.

Bahan :
- 450gr marshmellow
- 900gr icing sugar
- Butter untuk melapisi mangkuk.
- Pewarna sesuai selera

Cara Membuat :
1. Lapisi mangkuk tinggi tahan panas dengan butter tebal2
2. Taruh marshmellow yang sudah dipotong kecil2 didalamnya
3. Panaskan mangkuk yang berisi marshmellow dalam microwave, suhu tinggi 1 menit
4. Aduk adonan marshmellow, ulangi panaskan sampai adonan cair dan bening
5. Tuang marshmellow cair dalam icing sugar
6. Aduk rata sampai kalis dan dapat dibentuk

Catatan : Fondant marshmellow ini kalau ingin agak lunak bisa ditambahkan butter dan bila ingin lebih keras bisa ditambahkan icing sugar.

2 comments:

  1. sederhana sekali bahan cakenya mba... saya baca sekali lagi bahan cakenya ga pake mentega or minyak ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak novi, memang bahan cakenya hanya telur, gula dan tepung saja tanpa mentega atau minyak. Kalau mau bias ditambah essence vanilli atau coklat. Hasil akhirnya cake terasa spongy dan gak enek.

      Delete