Monday, June 13, 2011

Tahu Telur/ tahu "tek"



Beberapa minggu ini cuaca di kota tempat kami tinggal sering tidak dapat diprediksi. Terkadang beberapa hari bisa turun hujan terus menerus, kemudian tiba2 panas terik tak terhingga, bahkan sering kali matahari yg bersinar terang benderang dibarengi dengan hujan. Pokoknya bikin badan terasa gak karuan dan tidak fit. Dan biasanya kalau kondisi sedang tidak fit seperti ini harus dibarengi dengan makan yang banyak, istirahat yang cukup agar badan segar kembali dan penyakit menyingkir, tapi terkadang justru kebalikannya, apalagi kalau terkena flu pasti nafsu makan justru menurun.

Demikian juga yang saya alami, sudah beberapa hari saya terus membayangkan makanan apa yang enak, ringan dan segar. Sepertinya sudah terbayang kalau makan tahu telur langganan pasti enak juga. Di Malang saya punya langganan tahu telur yang setiap malam lewat di depan rumah, suaranya yg khas...tek....tek...tek...memanggil2 para langganannya sehingga saya menyebutnya "tahu tek". Biasanya bapak tua penjualnya akan lewat sekitar jam 7 sampai 10 malam. Jangan sampai terlewat karena kalau terlewat maka pak tua tidak akan mendengar panggilan kita sebab ternyata pendengarannya sudah terganggu. Jadi kalau dia sudah membunyikan tanda tek...tek...tek...diujung gang maka kita harus sudah siap menunggu didepan rumah karena sebentar lagi pak penjual tahu telur pasti lewat.

Ada peristiwa lucu tentang tahu tek langganan ini. Ceritanya karena tahu tek ini memiliki rasa yang "legendaris" maka sudah tentu terkenal ke seluruh keluarga besar saya terutama mereka yang tinggal di luar kota malang. Begitu juga dengan salah seorang om saya yang tinggal di jerman yang juga merupakan salah satu penggemar berat tahu telur ini. Pada saat liburan biasanya disempatkan untuk menginap dirumah dan mencicipi hidangan kesukaannya. Kalau dia datang dan menginap maka setiap sore dia selalu berpesan pada orang serumah untuk dipanggilkan si tahu tek, tapi entah kenapa hari itu kita semua sudah pasang telinga tetapi panggilan tek...tek..teknya tidak terdengar. Hari ke-dua pun begitu juga, sampai akhirnya hari ke-tiga, karena kesal dan menganggap kita semua lalai dan tidak tanggap dengan keinginannya serta rasa penasaran maka si om ini sudah berdiri di depan teras mulai jam 6 sore, sampai akhirnya menyerah pada jam 10 malam. Dan selama seminggu penuh si penjual tetap tidak muncul sampai akhirnya liburan kali ini om saya pulang kembali ke jerman dengan rasa kecewa karena tidak dapat menikmati tahu tek kegemarannya. Untung liburan tahun berikutnya Pak tua tahu tek berbaik hati lewat depan rumah saat om sedang dirumah jadi rasa penasarannya terbayar sudah.

Sebetulnya sich ada penjual lain di dekat rumah yang biasa mangkal dan mendirikan tenda, tapi tahu pak tua ini yang paling "sreg" dihati dan setelah saya amati dan perhatikan maka memang rasa tahu tek pak tua memiliki ciri khas sendiri dibanding yang lain. Ini juga mungkin dikarenakan ketimun sebagai sayuran pelengkap untuk tahu tek ini dibuat acar terlebih dahulu. Resep rahasia ini kemungkinan karena pak penjual tahu yang sudah tua ini berdagang dengan cara keliling maka lebih praktis untuk membuat acar ketimun yang sudah disiapkan dari rumah, lagi pula dengan di acar maka daya tahan ketimun akan makin bagus, dan ternyata justru rasanyapun menjadi jauh lebih segar dibandingkan kalau ketimunnya tidak diapa-apakan, sebab ada rasa asem dan manisnya.

Dari pada terus kepengen dan memikirkan tahu tek langganan, maka sayapun mulai menyiapkan bahan-bahan untuk membuat sendiri tahu tek kesukaan saya. Semoga saja bisa sedikit meringankan rasa tidak enak karena flu yang sedang saya alami dan juga dapat menambah nafsu makan.

Resep Tahu Telur

Bahan :
- Tahu potong dadu
- 1 telur kocok lepas
- 1/4 sdt garam
- 1 jumput merica

Cara membuat :
  • Tahu potong dadu.
  • Kocok telur, garam, merica. Masukkan tahu dalam telur.
  • Goreng dalam minyak panas

Saus Kacang

Bahan :
- 200 gr kacang tanah goreng
- 1/4 sdt garam
- 2 siung bawang putih goreng
- gula merah/ pasir
- cabe
- air asam
- air
- Kecap manis

Cara : Haluskan dan campur semua bahan saus.


Acar ketimun :

Bahan :
- 2 Buah ketimun cuci bersih potong tipis
- 1/4 sdt garam
- 1 sdm gula
- 2 sdm cuka

Cara : Campur semua bahan jadi satu

Pelengkap lain :
1. Taoge rebus tiriskan
2. Kerupuk
3. Seledri cincang

No comments:

Post a Comment