Saturday, June 18, 2011

Nasi Kabuli

Nasi kabuli kambing & martabak

Saya ingat dulu waktu masih tinggal di Indonesia, nasi kabuli sering kali dihidangkan pada saat-saat kendurian atau selamatan lainnya. Biasanya hidangan ini popular diantara masyarakat yang beretnis arab, mungkin pula dikarenakan asal makanan ini pada jaman dulu berasal dan dibawa oleh para pedagang arab yang akhirnya menetap di negara kita. Memang di negara-negara asia selatan hidangan nasi ayam, sapi atau kambing ini sangat popular, walaupun sebenarnya nama nasi kabuli tidak ada di dalam menu hidangan mereka. Mungkin juga nama kabuli diadaptasi oleh masyarakat kita dari kata "kabul" atau "terkabul", yang dapat diartikan agar doa-doa yang mempunyai hajat bisa terkabul.

Di negara tempat saya tinggal sekarang ada sejenis hidangan yang sangat populer bagi masyarakat muslim yang mirip dengan nasi kabuli namanya "Buriyani rice" atau terkadang juga beberapa orang menyebutnya dengan "Biryani rice".
Nasi buriyani juga ada beberapa macam yaitu chicken buriyani dan mutton buriyani jarang sekali orang memasak dengan beef, mungkin ini juga dikarenakan rasa toleransi mereka terhadap masyarakat non-muslim yang memang jarang ditemui yang memakan beef (daging sapi). Cara menghidangkannya dalam sebuah acara adalah diletakkan dalam nampan besar, ditata dengan lauk pauk yang menyertainya dan dimakan bersama-sama oleh 4 atau 6 orang. Hidangan istimewa ini selalu muncul dalam pesta-pesta masyarakat muslim. Perbedaannya dengan nasi kabuli Indonesia adalah adanya penambahan saffron dalam bumbu sehingga membuat warna kuning cantik dan baunya harum khas.

Terpikir juga oleh saya apa salahnya untuk menghidangkan nasi kabuli kambing ala Indonesia sebagai menu makan siang yang akan saya adakan dirumah bersama teman-teman saya. Resepnya saya dapat dari salah seorang tante yang memang penggemar berat nasi jenis ini. Resep aslinya saya modifikasikan sedikit dengan menambahkan kismis didalamnya sehingga rasa berat dari kambing sedikit tertutup dengan rasa manis dari kismis. Sedang untuk lauk penyerta lainnya saya hidangkan juga acar ketimun serta martabak ayam. Semoga saja makan siang kali ini dapat memuaskan semua orang dan doa-doa serta harapan saya ke depannya dapat terkabul.....

Resep Nasi Kabuli

Bahan :
- 1 kg beras basmati (beras india berbutir besar, lonjong dan panjang)
- 500gr daging kambing atau ayam
- 1 bawang bombay iris halus
- 1 sdt pala halus
- 5 butir kapulaga
- 5 butir cengkeh
- 2btg sereh
- Laos
- Jahe
- Merica
- 3 gelas santan
- 3 gelas air kaldu
- Mentega
- Kismis
- Kacang mente
- kacang polong matang
- Daun ketumbar cincang untuk taburan

Bumbu halus :
- 2sdm ketumbar
- 2 sdt jintan
- 1 sdt adas
- 6 bawang putih
- 6 bawang putih

Cara Membuat :
- Tumis semua bumbu dan bumbu halus sampai harum
- Masukkan daging, tuang santan dan kaldu, masak sampai matang dan empuk
- Masukkan beras, diaron sampai 1/2 matang dan air habis, angkat
- Kukus beras, letakkan daging diatasnya sampai jd nasi
- Angkat, beri mentega aduk rata, tambahkan kacang polong, kismis dan mede, aduk
- Hidangkan dengan taburan daun ketumbar sesaat sebelum dihidangkan

Catatan :
  • Taburan daun ketumbar bisa diganti dengan bawang goreng.
  • Untuk taburan bisa juga ditambahkan biji delima matang.
  • Pada saat memasak beras, daging ayam dan kambing bisa diangkat terlebih dahulu agar tidak terlalu lembek dan kelihatan cantik saat dihidangkan.

No comments:

Post a Comment