Tuesday, April 1, 2014

Ayam tepung saus madu


 
 
Dirumah saya ayam adalah lauk utama, bukan karena sangat digemari tapi karena suami saya sudah beberapa tahun tidak makan daging sapi dengan alasan kesehatan. Oleh karena itu agar praktis dan bisa masak sekali buat orang satu rumah maka ayam menjadi pilihan buat kami.
 
Dan agar tidak bosan dengan masakan yang itu-itu saja maka saya sebagai koki utama di rumah harus pintar-pintar memutar otak agar orang serumah tidak dilanda rasa bosan dengan penyajian makanan yang itu-itu saja.
Buat saya sendiri sebenarnya kalau boleh memilih diantara berbagai macam daging yang dijual maka memasak ayam adalah yang paling mudah, gampang mengolahnya dan cepat penyajiannya, tidak perlu merebus atau memasaknya berjam-jam untuk membuat dagingnya empuk, dan ayam gampang dikombinasikan dengan lauk lainnya. Dibandingkan dengan ikan atau sea food lainnya juga membersihkan ayam jauh lebih mudah....maklum di Srilanka jarang sekali supermarket yang mau membersihkan sea food yang kita beli, dan mencari sea food yang benar-benar fresh susahnya bukan main, padahal saya sensitive sekali dengan kesegaran sea food, mulut bisa ba-al dan gatal-gatal kalau sea foodnya tidak fresh.
 
Nah resep di bawah ini idenya diambil dari  ayam tepung bersaus asam manis yang disajikan di restaurant Korea. Anak saya selalu memesannya karena menyukai rasanya, makanya iseng2 saya coba bikin sendiri di rumah dan ternyata resep modifikasi ini langsung disukainya. Buat teman-teman yang sedang bingung dengan mengolah ayam,resep ini bias dicoba ya...
 
Bahan :
 
- 1 dada ayam tanpa tulang, potong dadu (saya tidak pakai kulit)
- Tepung Maizena
- Wijen sangria untuk taburan
 
Bahan pencelup :
- 150gr tepung terigu
- Garam
- Merica
- Air secukupnya
 
Bahan Saus
- 2 sdm saus tomat botolan
- 2 sdt madu
- Merica
- Garam
- Gula
- 3 siung besar bawang putih, parut halus
 
Cara membuat :
  1. Balurkan tepung maizena keseluruh permukaan ayam sampai rata. Sisihkan.
  2. Campur semua bahan pencelup, aduk rata. Celupkan ayam yang telah dibalur tepung maizena, lalu goring di minyak panas.
  3. Angkat ayam yang telah digoreng setelah berwarna coklat dan matang. Sisihkan.
  4. Dalam mangkuk campur semua bahan kecuali bawang putih.
  5. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan campuran saus, masak sampai pinggiran keluar buih dan mulai berkaramel.
  6. Tuang ayam tepung ke saus aduk cepat. Angkat.
  7. Taburkan wijen diatasnya pada saat akan dihidangkan.
 
Catatan :
  • Kalau ingin rasa agak pedas maka saus sambal bisa ditambahkan ke dalam bahan saus.
  • Daging ayam bisa diganti dengan udang, atau daging lainnya.
  • Kalau mau lapisan tepung agak tebal maka buat larutan pencelup sedikit lebih kental.
  • Daging ayam atau udang harus dalam keadaan kering, maka tiriskan atau lap dengan lap kering setelah ayam atau udang dicuci, dan sebelum dibalurkan ke tepung maizena.
 

No comments:

Post a Comment