Sunday, May 4, 2014

Bolu kukus tepung beras



Udara di Colombo beberapa waktu ini  sedang tidak bagus, terkadang panas terik lalu tiba-tiba hujan, atau mendung seharian dan kembali panas luar biasa, sudah pasti kalau begini kondisi badan mulai menurun. Benar kata seorang teman, setelah seisi rumah terkena flu maka memang biasanya si Ibu yang terakhir sakit, dan begitulah kondisi saya sekarang.

Setelah sibuk mengurus seisi rumah yang sakit dan mereka sudah agak membaik maka giliran saya yang ambruk, untungnya tidak berlama-lama, karena kerjaan rumah tangga sudah mulai menumpuk juga. Untuk menambah semangat maka pagi-pagi saya sudah mulai mencoba resep baru. Resep ini saya dapatkan sewaktu liburan ke Indonesia kemarin, pada salah satu acara masak memasak di televisi saya lihat chef Farah Quinn membagikan resep dan cara memasaknya. Kebetulan dia waktu itu membuat makanan traditional Indonesia. Dan pada salah satu kuenya ada bolu kukus tepung beras ini. Cara membuatnya yang simple dan bahan baku yang murah dan tersedia dimana saja membuatnya menjadi menarik.

Seperti diketahui resep-resep dari Farah Quinn biasanya simple dan mudah diikuti. Pilihan bahannyapun tidak sulit didapat, cocok sekali untuk orang Indonesia perantauan yang tinggal jauh dari tanah air tetapi tetap ingin masakan traditional Indonesia terutama kue-kuenya. Memang terkadang membuat kue-kue traditional terkendala pada ketersediaan bahan ataupun cetakan, kalaupun semua tersedia masih ditambah dengan "tricky"- nya cara pembuatan sehingga belum-belum sudah malas duluan karena membayangkan sudah pasti gagal, terutama kalau harus membuat bolu kukus.

Bolu kukus memang pada dasarnya kue traditional yang sangat popular dengan bahan baku yang murah dan mudah didapat tapi sayangnya amat sulit ditaklukkan. Saya yang sudah ratusan kali membuatnyapun terkadang masih sering dibuat kesal karena tiba-tiba bolu kukusnya tidak mau merekah sempurna tanpa tahu salahnya dimana.

Makanya begitu Farah Quinn beraksi dengan bolu kukus ini sayapun duduk anteng di depan tv. Ternyata bolu kukusnya tidak perlu diaduk lama menggunakan mixer seperti bolu kukus conventional biasa, karena juga tidak menggunakan telur. Adonan cukup diaduk-aduk dengan spatula dan dicetak di cetakan muffin biasa dengan dialasi papper cup dan tralala....bolu kukusnya tetap merekah.

Resep dari Farah Quinn yang aslinya coklat sedikit saya modifikasi dengan rasa gula merah serta kayu manis. Dan harum kayu manis pada saat dimasak semerbak ke seluruh penjuru  rumah. Membuat semangat saya mulai bangkit lagi.....

Bolu kukus tepung beras

Bahan :
- 200gr tepung beras
- 200gr gula merah, sisir halus
- 250gr air/santan
- 1sdt vanilli
- 2sdt baking powder
- Kayu manis
- Garam


Cara membuat :
  1. Panaskan air/santan dan gula serta kayu manis sampai gula larut dan kayu manis harum, angkat, saring, dinginkan.
  2. Panaskan kukusan dengan api besar, alasi tutupnya dengan serbet.
  3. Taruh semua bahan dalam mangkuk, tambahkan larutan gula, aduk rata.
  4. Lapisi cetakan muffin dengan papper cup, masukkan adonan sampai hampir penuh.
  5. Kukus selama 15 menit.
  6. Angkat dan hidangkan.
Catatan :
  • Kukusan harus beruap banyak dan panas betul
  • Kayu manis powder bisa digunakan, dan air tidak perlu direbus dahulu.
  • Jika suka bisa ditambah serutan jahe.

No comments:

Post a Comment