Monday, June 17, 2013

Kolak campur-campur



Setelah berminggu-minggu dilanda malas memasak yang berkepanjangan, akhirnya menyerah juga dan harus kembali ke dapur lagi. Bagaimana tidak, hujan yang terus menerus menyebabkan rasa ingin ngemil yang tidak bisa ditahan lagi. Gara-gara malas masuk dapur inilah maka otomatis kulkas dan toples bersih dari makanan camilan, padahal hujan-hujan membuat perut sering lapar dan ingin mengunyah sesuatu. Kali ini saya membuat sesuatu yang hangat-hangat dan mudah saja, kebetulan sewaktu pergi ke supermarket dekat rumah ada singkong dan ubi serta pumpkin, terpikir pasti enak makan kolak disaat begini, maka jadilah kolak campur-campur ala saya. Dan semoga saja kolak campur-campur ini bisa mengangkat mood saya untuk brekreasi di dapur lagi.

Kolak campur-campur

Bahan :
- 100gr tepung ketan
- 2sdm tepung kanji
- Pewarna sesuai selera
- Air secukupnya
- 200gr Pumpkin potong kotak
- 200gr Ubi jalar, kupas, potong2.
- 200grSingkong, kupas, potong2.
- 1,5 ltr santan
- Garam secukupnya
- Gula sesuai seler
- Daun pandan, sobek-sobek, ikat
- 1sdm tepung kanji larutkan dalam air

Cara membuat :
  1. Uleni tepung ketan, tepung kanji dengan air sampai bisa dipulung. Beri pewarna dan bentuk bulat-bulat kecil, sisihkan.
  2. Masak air sampai mendidih, lalu masukkan bola-bola ketan, masak sampai terapung, angkat dan masukkan dalam air matang dingin, sisihkan. 
  3. Rebus santan dengan gula, garam dan daun pandan sampai mendidih, masukkan singkong, setelah singkong lunak masukkan ubi dan pumpkin.
  4. Setelah semua matang baru masukkan bola-bola tepung ketan yang sudah ditiriskan terlebih dahulu dan kemudian tuang juga larutan tepung kanji, aduk rata dan agak kental.
  5. Setelah matang angkat dan siap dihidangkan.
Catatan :
  • Untuk isi bisa ditambahkan juga pisang raja/kepok dan nangka matang. Potong-potong sesuai selera.
  • Masak isi dari yang matangnya lebih lama dulu baru yang gampang lunak agar bentuknya bagus dan matangnya rata.


No comments:

Post a Comment