Thursday, September 13, 2012

Soto mie Jakarta


Soto mie Jakarta
Seperti umumnya seorang ibu pasti sangat sibuk mengurus keperluan keluarganya, begitu pula dengan saya. Mulai pagi hari sampai malam jadwal rasanya penuh sesak tanpa jeda. Jadwal harian saya setiap hari adalah di mulai pada pagi hari dimana saya harus bangun lebih awal untuk menyiapkan sarapan dan bekal sekolah anak. Sekolah anak saya dimulai jam 7.30 dan kantor suami mulai jam 9 pagi, tapi karena sekolah dan kantor suami berdekatan dan lokasi rumah kami agak keluar kota (kurang lebih 15km dr sekolah) dan lalu lintas yang sangat padat di pagi hari, sedang kendaraan kami sekarang hanya satu maka untuk praktisnya saya antar mereka bersamaan. Dari ngedrop mereka biasanya saya sempatkan untuk berolah raga sedikit, setelah itu belanja keperluan rumah tangga dan pulang untuk memasak. Disiang hari saya kembali harus mengantarkan makan siang untuk mereka, karena sekolah anak saya berakhir jam 3 siang dan dia harus makan siang disekolah, begitu juga suami yang sedang dalam kondisi diet sehingga makannya harus diawasi jadi makan siang mereka saya kirimkan dari rumah, kalau anak ada les tambahan (biasanya 4kali dalam seminggu) maka berarti sayapun harus mengantarkannya dan kemudian sore hari saya jemput kembali suami dan anak sekalian untuk sama-sama pulang kerumah. Jadwal ini terus berlangsung setiap hari kecuali weekend, maka dari itu terkadang jadwal makan sayapun kacau balau terutama untuk makan pagi. Di pagi hari saya hanya sempat minum kopi saja sebelum berolah raga setelah itu baru makan makanan yang tidak berat tapi berenergi untuk keperluan sepanjang hari. Karena jarak makan pagi yang sudah terlambat dan makan siang yang tanggung inilah maka saya memilih menu yang gampang, cepat tapi bergizi salah satunya adalah soto mie jakarta ini.
Soto mie Jakarta ini merupakan favorite saya dulu sewaktu kami masih tinggal di Jakarta. Waktu itu saya selalu membelinya di abang-abang yang lewat depan rumah, rasanya yang segar dan gizi yang komplit membuatnya digemari banyak orang, makanan ini juga amat diburu orang saat jam makan siang kantor. Dapat dinikmati bersama dengan lontong atau begitu saja, cukup mengenyangkan karena ada mie kuning didalamnya. Ciri khas dari soto mie Jakarta ini adalah penambahan sayur-sayurnya yang mentah, tomat iris dan juga potongan risolesnya, paling enak dinikmati saat panas. Dibawah ini akan saya tuliskan resep soto mie jakarta, resepnya mudah dibuat dan cepat terutama bila daging dan risolesnya sudah dibuat sebelumnya. Selamat mencoba....
Soto Mie Jakarta
Bahan :
- 500gr Daging iga, rebus sampai empuk
- Mie kuning rebus, tiriskan
- Risoles/ spring roll isi sayuran atau bihun matang, potong2
- Kubis iris tipis
- Tomat segar iris besar2
- Daun bawang & seledri iris tipis, utk taburan
- Bawang goreng untuk taburan
Bahan kuah :
- 2ltr Air kaldu
- 1/4 sdt merica bubuk
- 7 siaung bw merah haluskan
- 4 siung bw putih
- 2 iris jahe
- 1 btg sereh, memarkan
- Daun bawang iris tipis
- Garam
- Sedikit kunyit bubuk untuk warna kuah yang cantik bila suka
Cara :
  1. Rebus jadi satu bahan kuah sampai mendidih dan matang. Sisihkan
  2. Atur mie, sayur2, daging dalam mangkuk, siram dengan kuah panas sesaat sebelum dihidangkan.
  3. Taburi dengan bawang goreng.
Resep risoles/ spring roll

Bahan :
- Kulit spring roll siap pakai
- Bihun/ soun, rebus tiriskan
- Sayur2an (wortel, kubis, taoge) iris tipis halus
- Daun bawang cincang
- Bawang merah dan putih, haluskan
- Merica
- Kecap ikan atau soya sauce (tergantung selera)

Cara :
  1. Campur jadi satu bihun, sayuran, daun bawang dan kecap ikan dalam mangkuk, sisihkan.
  2. Tumis bawang putih dan merica hingga harum. Angkat.
  3. Campur tumisan bawang dengan bahan lain, aduk rata.
  4. Taruh campuran bahan bihun diatas kulit spring roll, gulung memanjang.
  5. Tutup tepian kulit dengan sedikit air.
  6. Goreng spring roll dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan.
  7. Spring roll siap dipakai.

Catatan :
  • Risoles dan daging dapat dimasak beberapa hari sebelumnya, dan dapat disimpan.
  • Daging iga bisa diganti dengan daging sapi dari bagian lainnya atau dapat juga dicampur jerohan jika suka.
  • Enak dihidangkan beserta lontong, emping dan sambal cuka godok.
  • Resep sambal cuka godok. Rebus cabai merah dan rawit sampai empuk, haluskan. Masak kembali cabai dengan menambahkan cuka, garam, gula dan sedikit air.

No comments:

Post a Comment