Thursday, September 20, 2012

Talam ebi

Talam ebi

Kue talam adalah kue traditional Indonesia yang popular, kue ini banyak sekali jenisnya karena mudah dimodifikasikan dengan bermacam bahan dan rasa. Walaupun bentuk talam bermacam-macam (seperti lapis talam dll) tapi bentuk khasnya adalah berbentuk bulat setengah lingkaran, besarnya sich bervariasi sesuai dengan mangkuk cetakannya tp biasanya tidak lebih besar dari telur ayam yg dibelah 2. Saya sendiri sebenarnya baru saja menyukainya kue ini, bukan apa2 dari kecil memang saya bukan penggemar santan termasuk jajanan yang diberi santan dan parutan kelapa, selain itu kue talam ini kalau dipegang sedikit basah dan lengket, makanya saya malas untuk mencicipinya. Ketidak sukaan pada talam ini akhirnya berakhir juga ketika suatu hari saya diajak adik ipar untuk berbelanja makanan traditional di pasar dekat rumahnya. Ada satu stall yang khusus menjual beraneka ragam jenis talam, mulai dari yang bijian ataupun juga yang loyangan (talam lapis) semua dijual disini. Dan karena adik ipar saya amat menggemarinya maka menjadikan toko ini langganannya. Menurutnya talam ditempat itu enak. Dan memang toko ini laris sekali, selain itu bisa bingung kita dibuatnya karena ternyata rasa dan bentuk talam yang dijual amat sangat banyak dan bervariasi.

Teman minum teh di sore hari


Rasa talamnya benar-benar enak, tidak enek dan padat seperti yang saya bayangan. Ada beberapa jenis talam yang saya suka tapi talam ebi adalah favorite saya. Rasa gurih dari kuenya berpadu dengen rasa gurih ebi dan sedikit segar dan pedas dari cabe dan potongan seledri membuat talam ini benar-benar layak dapat jempol. Karena penasaran untuk membuat sendiri talam dengan rasa talam yang ringan dan tidak enek inilah maka saya berusaha untuk mendapatkan resepnya. Setelah browsing sana sini dan mencoba beberapa resep yang ada akhirnya pilihan saya jatuh pada resep yang ada di buku Kue-kue Traditional Nusantara seri memasak Femina keluaran Primarasa Indonesia. Cara membuatnya simpel dan dengan sedikit modifikasi penambahan teri medan sebagai taburannya maka rasanya yang sudah enak akan bertambah dengan rasa krenyes dari terinya. Selamat mencoba....


Talam ebi

Bahan lapisan bawah :
- 100gr tepung beras
- 50gr tepung kanji
- 1 sdm gula pasir
- 1sdt garam
- 1/4sdt merica bubuk (bila suka)
- 300ml santan hangat & 300ml santan mendidih
- Minyak goreng untuk olesan

Lapisan atas :
Campur hingga rata : 250ml santan encer, 4 sdm tepung beras, 1/4 sdt garam.

Taburan :
- 75gr ebi, rendam air panas, goreng dan haluskan campur 3 sdm dengan gula.
- Seledri rajang halus
- Cabe merah buang bijinya dan iris halus
- Teri medan kecil goreng kering

Cara Memasak :
  1. Lapisan bawah : Campur jadi satu tepung dan bahan lainnya, tuang dengan santan hangat, aduk rata, kemudian tuang santan mendidih, aduk.
  2. Tuang ke dalam mangkuk2 kecil cetakan talam yang sudah dioles minyak 2/3 penuh.
  3. Kukus kurang lebih 15 menit.
  4. Lapisan atas: Tuang adonan lapisan atas ke dalam talam sampai penuh. Kembali kukus 5 menit.
  5. Masukkan taburan, kukus terus 5 menit sampai matang.
  6. Angkat, taburkan seledri dan potongan cabe serta teri medan yang telah digoreng kering ke atas kue yang masih panas.
  7. Siap dihidangkan.

Catatan :
  • Keluarkan kue talam dari cetakan setelah dingin benar, agar bentuknya cantik.

No comments:

Post a Comment