Wednesday, June 6, 2012

Chicken Wellington dengan saus BBQ


Sejak kami tinggal di negara orang jarang sekali kami bertemu dengan keluarga besar, banyak peristiwa-peristiwa keluarga yang terlewatkan baik itu peristiwa sedih seperti ada keluarga yang sakit, kehilangan salah satu keluarga maupun peristiwa bahagia seperti ulang tahun, kelahiran dan perkawinan. Walaupun sekarang tehnologi sudah sangat maju dan sepertinya semua berita tidak mungkin terlewatkan tetapi tetap saja rasa ingin berkumpul langsung bersama keluarga dan berbagi suka dan duka selalu menjadi keinginan yang tidak bisa digantikan dengan hanya membaca beritanya saja.
Keinginan ini rupanya terwujud pada liburan kemaren yang bertepatan dengan pesta pernikahan salah seorang sepupu. Wah peristiwa sangat istimewa dan langka yang amat sayang dilewatkan karena sudah pasti semua keluarga besar akan berkumpul bersama.

Seperti biasa pada setiap pesta perkawinan selain pertemuan keluarga besar dan semua kerabat pasti ada juga acara makan-makannya. Setelah asik ngobrol dan bertemu dengan semua sanak keluarga maka mulailah kita berburu makanan yang telah disediakan.

Pada pesta kali ini makanan utama disediakan sedikit saja di meja utama, sisanya dibuat banyak gubuk-gubuk yang menyediakan jajanan khas Indonesia dan juga makanan dari berbagai macam negara.
Dari stand Indonesia ada soto ayam, bakso dan sate serta gubuk jajan pasar, sedang stand asia menyediakan kebab, dimsum serta bebek peking, dan stand eropa yang menyediakan aneka salad, pasta dan beef wellington dengan saus BBQ.

Ternyata banyak sekali orang antre di stand beef wellington ini, rupanya makanan ini sedang trend dan jenis makanan baru sehingga digemari di pesta-pesta pernikahan. Terus terang saya belum pernah mencoba hidangan ini, saya hanya pernah melihatnya di sebuah acara TV masterchef yang amat saya gemari. Buat saya melihat atau mendengar sangat berbeda sekali dengan mencicipinya. Biasanya saya akan lebih tertarik untuk membuat sesuatu masakan kalau masakan tersebut sudah pernah saya cicipi. Oleh karena itu kesempatan ini tidak saya lewatkan, saya pun rela antre bersama para tamu undangan lainnya.

 Hmmm...ternyata beef wellington ini memang enak, layak untuk dicoba.

Maka setelah kembali ke negara saya tinggal sibuklah saya browsing mencari resep makanan ini, dan ternyata dari cara membuatnya tidaklah sesulit yang saya bayangkan. Beefnya saya modifikasi dengan minced chiken karena suami saya tidak makan daging sapi. Biasanya saya padukan chicken wellington ini dengan sayuran rebus, pure kentang serta salad, untuk sausnya saya pakai BBQ botolan yang sudah jadi. Chicken wellington siap dihidangkan dalam sekejap dan sekarang menjadi hidangan andalan saya kalau sedang malas atau tidak punya cukup waktu tapi tetap ingin menghidangkan sesuatu yang special. 

Resep chicken wellington

Chiken wellington siap di oven


Bahan :
- 1 lbr puff pastry siap pakai 
- Lembaran chicken ham
- 300gr daging ayam cincang
- 100gr tepung roti
- 2 btr telur ayam kocok lepas
- garam
- Jamur kancing kalengan potong dadu kecil
- 1/4sdt merica halus
- 1/4sdt pala halus

Cara membuat :
  1. Campur daging ayam cincang, tepung roti, telur ayam, jamur dan semua bumbu didalam mangkuk. Aduk rata dan sisihkan.
  2. Tipiskan kulit puff pastry, setelah tipis seperti yang diinginkan atur diatasnya lembaran chicken ham.
  3. Baru setelah itu ratakan campuran daging ayam diatas ham. Gulung pastry.
  4. Rapatkan ujung-ujungnya dengan putih telur kocok. taruh di oven tray yang sudah dioles mentega.
  5. Oleskan kuning telur diatas permukaan gulungan puff pastry.
  6. Oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 25-30mnt.
  7. Setelah matang dan berwarna coklat keemasan keluarkan dari oven dan oles permukaan puff pastry dengan butter.
  8. Chicken wellington siap dihidangkan.

Catatan :
  • Jamur bisa diganti dengan sayuran jenis lainnya tergantung selera.
  • Untuk saus BBQ kalau terlalu pekat maka bisa ditambahkan air dan bumbu-bumbu lain kemudian direbus kembali dan dikentalkan dengan tepung maizena.



No comments:

Post a Comment