Wednesday, May 30, 2012

Cream caramel dengan saus markisa


Terus terang sudah beberapa minggu ini saya terkena "baking blue", selain sedang bosan "baking" berurusan dengan dapurpun  malas, kondisi ini bisa jadi dikarenakan udara yang tidak mendukung, rasanya semua serba salah, mau bikin apa saja bahkan yang gampang dan sering saya lakukan saja hasil akhirnya tidak seperti yang saya harapkan. Hujan yang datang tiba-tiba tidak disertai hawa sejuk tetapi amat sangat panas dikarenakan kelembaban udaranya yang tinggi. Kalau sudah "bad mood" seperti itu biasanya saya tinggalkan dulu urusan masak memasak untuk beberapa saat, tapi tiba-tiba seorang teman memberikan undangan mendadak.

Wah undangan mendadak kali ini sangat sulit ditolak karena yang membuat acara salah seorang sahabat dekat, jelas saya pasti datang dan pastinya membawa buah tangan. Memang sudah menjadi kebiasaan diantara kita sesama teman siapapun yang membuat acara pasti hampir semua undangan membawa buah tangan. Dan ajang kumpul-kumpul ini sangat dinanti-nantikan, mulai dari saling bertukar makanan, ngobrol-ngobrol sampai ada juga yang menggelar dagangan, pokoknya komplit. Setelah kita bicarakan bersama menunya maka seperti biasa saya sepakati untuk membawa dessert-nya, walaupun belum tahu apa jenisnya yang penting saya sanggupi saja dulu.

Untuk mencari inspirasi akhirnya saya putuskan berputar-putar di supermarket terlebih dulu, biasanya sich dari acara cuci mata ini ide-ide bisa muncul. Tempat pertama yang saya kunjungi seperti biasa di supermarket untuk mencari inspirasi adalah tempat bahan kue, tapi setelah berputar beberapa kali ide itu belum juga muncul dan karena bosan maka saya ke tempat stall buah-buahan, ditempat itulah saya mencium harum khas buah markisa. Baunya menyebar keseluruh ruangan, buahnya yang besar-besar dan warna yang menggoda sayang sekali untuk dilewatkan, rupanya sedang musimnya. Akhirnya saya putuskan untuk membelinya. Ada beberapa macam buah markisa yang dijual, favorite saya adalah yang berwarna merah maroon, buahnya lebih besar dari jenis yang lain dan baunya lebih harum serta manis segar, daging buahnya juga tebal dan berwarna kuning orange, sangat cantik sekali. Wah kebetulan sekali...Markisa ini mudah dipadu padankan dengan bahan lain sehingga menghasilkan dessert yang enak serta cantik dipandang.
Saya ingat dirumah masih ada persediaan susu dan telur serta gula, jadi saya putuskan saja untuk membuat dessert dengan bahan yang saya punya dan ditambah dengan buah markisa ini.

Untuk menonjolkan rasa buah yang manis segar maka saya pilih membuat cream caramel puding. Saya pikir rasa puding yang manis dan sedikit berat serta rasa caramel yang pekat sangat cocok bila dipadukan dengan rasa markisa yang manis segar. Lagipula cara membuat pudingnya sangat sederhana dan cepat, tidak perlu repot. Puding ini akan terasa bertambah segar bila dihidangkan dingin, cocok dengan kondisi panas saat ini.
 
Akhirnya "baking blue" saya berakhir juga, melihat hasil dan rasanya membuat "mood" kembali ceria dan bersemangat.

Di bawah ini saya tuliskan resep dari cream caramel puding dengan saus markisa, semoga saja juga dapat mencerahkan hari anda...Selamat mencoba...

Cream Caramel Puding dengan Saus Markisa

Bahan Caramel :
- 150gr gula pasir
- 1sdt lime juice
- 2sdm air

Cara :
  1. Masak semua bahan diatas sampai kental dan berwarna coklat (berkaramel)
  2. Tuang diatas pirex (wadah tahan panas) yang telah dioles margarine, dinginkan dan sisihkan
Bahan Puding :

- 500ml susu
- 5 btr telur kocok lepas
- 125gr gula pasir (ukuran sesuai selera)
- 2sdm tepung maizena
- 1sdt vanilla essence
-1/4 sdt garam
- Buah markisa

Cara :
  1. Campur semua bahan kecuali markisa dalam mangkuk, aduk rata.
  2. Saring adonan dan tuang dalam wadah yang berisi caramel.
  3. Oven dengan cara water bath dengan suhu 180 derajat celcius kurang lebih 1,5 jam.
  4. Setelah dingin tuang dan keluarkan puding dari cetakan.
  5. Siram dengan buah markisa sesaat sebelum menghidangkan.

Catatan :
  • Cream caramel puding ini bisa juga dimasak dengan cara di steam/kukus. Lamanya mengukus kurang lebih 30mnt.
  • Puding dinyatakan sudah matang apabila sudah set (tetap soft tapi tidak cair), bisa dites dengan tusukan.
  • Bila buah markisa terlalu asam maka bisa ditambahkan sedikit gula halus kedalamnya.

No comments:

Post a Comment