Friday, July 30, 2010

Red velvet cake

red velvet cupcakes
 Pada saat heboh ramai di milist masakan tentang cake ini terus terang saya belum bisa membayangkannya, begitu juga ketika Oprah bilang bahwa cake ini adalah favoritenya dan juga favorite hampir semua orang Amerika. Bukan apa-apa kalau kita belum pernah tahu bagaimana bentuk dan rasa cakenya pasti sangat sulit untuk mengira-ngira seperti apa enaknya, lihat di foto saja tidak akan dapat menggambarkan dengan jelas.
Sampai pada 17 Agustus tahun lalu, saat itu seperti tahun-tahun sebelumnya Embassy Indonesia mengadakan resepsi diplomatik di sebuah Hotel bintang 5 di kota kami. Acara resepsi diadakan dengan tema cocktail party, sudah tentu berhamburan mini cake aneka rupa sebagai menu International disela-sela hidangan tradisional Indonesia lainnya.

Salah satu dari cake tersebut penampilannya sangat menonjol didisplay terpisah dalam piring saji cantik, dengan potongan cake berwarna merah yang "aneh" menurut saya, kontras berpadu dengan warna putih bersih. Sebenarnya bentuknya sich biasa saja seperti cake potong pada umumnya tapi warna merah yang tidak biasa (bukan seperti merah pewarna makanan pada umumnya) membuat penasaran, saya pikir dalam hati apa ini yang namanya Red velvet Cake yang menghebohkan itu karena ciri-cirinya mirip dengan yang saya lihat difoto milist masakan di internet...Dan setelah potongan pertama masuk mulut hmmm...rasanya langsung lumer dilidah...perpaduan antara rasa manis cake, rasa cheese creamy dan asam yang samar begitu pas..belum lagi struktur cakenya ternyata padat tapi kok tidak bikin enek....saya beranikan diri untuk bertanya pada petugas hotel, dan benar dugaan saya ini adalah Red Velvet Cake yang ngetop itu.

red velvet cupcakes sebelum dihias

Besoknya langsung saya cari resepnya di internet, tapi kok "mengerikan" sekali yach cara pembuatan dan bahan baku yang digunakan tidak sesederhana yang saya bayangkan...wach bakalan malas mencoba nich...tapi kok ternyata bayangan rasa cake ini lebih kuat menggoda iman saya dan coba mengalahkan segala rasa malas...putar-putar otak bagaimana cara menyederhanakannya maka akhirnya jadilah resep Red Velvet Cake ala saya. Yang jelas resep ini gampang, cepat dan mudah dicerna untuk "pemula malas" seperti saya, bahan baku semua bisa didapatkan dan tersedia di supermarket sampai warung langganan dekat rumah. Masalah rasa beda-beda tipislah.....yang pasti tetap lumer di lidah....
dan saya tuliskan juga resep red velvet ala Niegella lawson, resep ini cocok untuk cupcakes karena lebih spongy dan ringan dari resep sebelumnya, untuk creamnya bisa gunakan cheese frosting atau whip cream biasa.

Red Velvet Cake ala Saya

Bahan :
- 350 gr tepung terigu
- 2 sdm coklat bubuk
- 1 sdt bicarbonat soda
- 1/2 sdt baking powder
- 350 gr gula pasir (saya kurangi, sesuai selera)
- 350 gr mentega potong dadu
- 200 ml plain youghurt (saya pakai 'curd' untuk rasa lebih asam)
- 1 sdt vanilla essence
- 2 telur kocok lepas
- Beberapa tetes pewarna merah cabe (makin merah makin bagus tp jangan terlalu banyak)
- 1/2 sdt garam

Red velvet ala Niegella lawson

Bahan :
- 250gr tepung terigu
- 2sdm cocoa powder
- 200gr mentega
- 1/2 sdt bicarbonat soda
- 1 sdt baking powder
-1/2sdt garam
- 113 gr butter
- 1sdt vanilla
- 1 cup buttermilk
- 2 sdm pewarna merah
- 1sdt cuka masak



Bahan untuk frosting cheese :
- 100 gr mentega
- 200 gr cream cheese
- 300 gr icing sugar (sesuai selera)
- 1 sdt vanilla essence
- 250 ml whipe cream

Cara membuat resep 1 dan 2 sama :
  1. Alasi loyang dengan kertas minyak dan oles mentega, untuk cupcakes memakai papper cups.
  2. Ayak semua bahan tepung.
  3. Tambahkan mentega, gula, youghurt, aduk rata sampai berbutir halus.
  4. Tambahkan kocokan telur dan vanilla essence. Aduk rata. Tambahkan pewarna makanan.
  5. Masukkan dalam loyang dan oven 180 derajat celcius sampai matang, test tusuk.
  6. Hidangkan dengan memoleskan frosting cheese.

Untuk frosting cheese :
  1. Kocok whipe cream sisihkan.
  2. Masukkan icing sugar, mentega, cream cheese, vanilla essence dalam mangkuk. Mixer sampai putih pucat. Tambahkan ke whipe cream, aduk rata.

Catatan :
  • Whipe cream pada icing bisa ditambahkan atau tidak tergantung selera.
  • Adonan icing bisa sangat banyak, kalau sisa bisa disimpan dalam lemari pendingin untuk digunakan lagi.
  • Cake ini harus dikeluarkan dari lemari pendingin minimal 10 menit sebelum dihidangkan, agar tidak keras.
  • penggunaan youghurt pada resep pertama bisa diganti dengan buttermilk.
  • Kalau tidak punya buttermilk maka 1 cup fresh milk ditambahkan 1 sdm cuka, dan diamkan selama kurang lebih 10mnt.

No comments:

Post a Comment