Sunday, July 25, 2010

Bika Ambon Tepung Terigu


Bika Ambon


Bikin Bika Ambon sendiri...wuihhh...gak mimpi dech...Ini kue liat cara bikinnya aja bikin bulu kuduk berdiri...belum liat lama pemanggangannya...wach..mulai berhitung berapa mesti bayar listrik bulan depan...Tau sendiri listrik di negara tempat saya tinggal ini muahallllnya.... luar biasa...padahal saya gak punya oven manual atau yang memakai gas..terpaksa resep yang ada ditinggalkan aja...dan mesti nahan pengen makan bika ambon sampai liburan berikutnya...
Serat ciri khas bika ambon

Nah ceritanya pas liburan kemaren, iseng-iseng saya pergi ketempat loak buku di dekat rumah. Menurut adik saya sich bukunya masih2 bagus, bisa milih dan harganyapun murah karena tidak dihitung satuan tapi kiloan, ini untuk yang kategory majalah loh...Dan ternyata setelah sampai disana banyak sekali saya temukan majalah memasak seperti sedap dll dengan kondisi masih baru...mungkin karena tidak laku dari penyalurnya trus diloakin kali yach....

Mulailah perburuan buku dimulai...karena menyadari saya masih pemula dalam hal masak-memasak maka saya putuskan untuk memilih khusus edisi pemula dengan step by stepnya....Salah satu buku tersebut ternyata memuat resep bika ambon tepung terigu...yang setelah dilihat cara memanggangnya bisa dilakukan diatas tungku/kompor dengan memakai cetakan kue lumpur...
Wach... pucuk dicinta ulam tiba pikir saya... resep tersebutpun langsung saya uji cobakan....mengenai rasa...gak kalah dengan bika ambon yang biasa saya beli di tanah air lho....

Bika Ambon Tepung Terigu

Bika ambon dipanggang memakai cetakan kue lumpur

Bahan Biang :
- 100 gr tepung terigu
- 125 air matang/ dingin
- 1 bungkus ragi instant

Bahan II :
- 300 ml santan dari satu butir kelapa
- 1/2 sdt kunyit bubuk
- 15 lbr daun jeruk purut
- 2 btg serai memarkan
- 2 lembar daun pandan
- 1,5 sdt garam
- 300 gr gula pasir
- 7 btr telur
- 150 gr tepung kanji
- 75 gr tepung ketan

Cara Membuat :
  1. Aduk bahan biang. Diamkan 15 mnt.
  2. Bahan II : Rebus santan, kunyit, sereh, daun jeruk, pandan, garam, gula sambil diaduk rata. Saring.
  3. Aduk tepung kanji, tepung ketan. dan biang sampai rata
  4. Tambahkan telur satu-satu sambil dikeplok-keplok adonan selama 20 mnt. Bagi 2 salah satunya beri warna hijau (jika suka).
  5. Diamkan adonan 3 jam.
  6. Panaskan cetakan lumpur/ carabikang. Oles dengan sedikit minyak.
  7. Tuang adonan biarkan sampai matang.

Catatan :
  • Kalau kulit terlalu tebal, kemungkinan pemanggangan terlalu lama karena api terlalu kecil.
  • Jangan tutup cetakan kalau adonan belum berlubang-lubang.
  • Bisa ditambahkan taburan kenari diatas adonan yg dipanggang.

No comments:

Post a Comment