Friday, July 16, 2010

Taiwanese Cheese Cake/Japanese cheese cake

Taiwanese Cake setelah di hias
Entah mengapa Cheese Cake ini di dlm buku resepnya dinamakan Taiwanese Cheese Cake, padahal kalau dilihat dari penampakan dan bahan baku serta cara pembuatan cheese cake yang satu ini sebenarnya mirip dengan Japanese Cheese Cake yang sedang ngetop di milist-milist masakan tanah air.

Saya mendapatkan resep ini sebenarnya tidak disengaja dari sebuah buku masakan yang saya beli pada liburan lalu. Pertama kali sich saya tertarik dengan buku ini karena di dalamnya memuat semua resep cake, pie, soes dan roti dalam satu buku, disertai dengan gambar yang menarik serta step by step cara membuatnya , dan ternyata salah satu dari resep-resep tersebut ada Taiwanese Cheese Cake.


Cantik dibuat birthday cupcake
 Memang kebetulan sekali karena saya sedang mencari resep-resep cheese cake, terutama resep cheese cake yang tidak biasa. Setelah diperhatikan dan dipelajari dengan seksama ternyata mirip dengan resep Japanese Cheese Cake, hanya pada toping yang berbeda. Japanese cheese cake biasanya mempunyai toping terbuat dari buah-buahan atau selai buah, dan taiwanese cheese cake ini memakai toping chedar cheese yang diparut. Saya sendiri lebih memilih memakai toping selai buah atau buah segar yang agak asam. Selai buah sering dipakai karena lebih praktis dan ekonomis, tapi untuk penampilan yang mewah maka buah segar berpadu dengan butter cream atau whipcream menampilkan cake yang terlihat wah dan segar. Jadi menurut saya terserah selera saja mau pilih topping yang mana.

Sedangkan kalau dibandingkan dengan resep cheese cake biasa, bahan baku resep ini sebenarnya mirip dengan resep cheese cake lain, hanya cara membuatnya yang berbeda apalagi metode mengovennya yang memang lain. Metode pembuatan dan cara mengoven yang lain ini menghasilkan tekstur cake yg lebih sponge, ringan, tidak berat, tapi tidak mengurangi rasa khas cheese cakenya. Dan setelah percobaan pertama berhasil dengan sukses dan tandas dalam waktu sekejap..maka sekarang Taiwanese Cheese Cake ini menjadi cake andalan saya untuk setiap hari istimewa....Rasa cake yang lembut berbaur dengan rasa cream cheese yang gurih dan cheesy, serta rasa asam buah dari toping selai diatasnya mampu membuat sepotong terasa tak cukup.....Terasa mewah dilidah walaupun dengan penampakan yang sangat sederhana sekalipun....

Taiwanese Cheese Cake

Bahan :
- 200 gr cream cheese, biarkan disuhu ruang
- 150 ml susu evaporated/fresh cream
- 100 gr mentega tawar
- 60 gr tepung protein rendah
- 40 gr tepung maizena
- 200 gr kuning telur (saya pakai 5 btr kuning telur)
- 225 gr putih telur (saya pakai 5 btr putih telur)
- 1/4 sdt garam
- 1 sdt cream of tartar
- 150 gr gula pasir
- Selai buah untuk toping (saya biasa pakai yang rasanya ada sedikit asam)
- Essence lemon

Cara Membuat :
  1. Letakkan cream cheese diatas mangkuk. Masak diatas air mendidih. Aduk sampai keju leleh. Tuang susu evaporated. Aduk rata. Tambahkan mentega tawar. Aduk rata. Diamkan sedikit dingin.
  2. Tuang sedikit-sedikit ke campuran tepung terigu dan maizena yang sudah diayak, aduk perlahan. Tambahkan kuning telur kocok. Aduk rata. Sisihkan.
  3. Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar, gula halus sampai mengembang.
  4. Tambahkan adonan cheese dan adonan kuning telur ke dalam adonan putih telur sedikit-sedikit, aduk rata.
  5. Tuang diatas loyang bongkar pasang yang dialasi kertas roti.
  6. Panggang dengan suhu 180 derajat dengan cara diletakkan diatas loyang pendek yang diberi air (sistem water bath).
  7. Oven sampai matang, test dengan test tusuk.
  8. Angkat, biarkan dingin.
  9. Olesi dengan selai atau hias atasnya setelah dingin.

Catatan :
  • Loyang tidak perlu dioles mentega.
  • Susu evaporate bisa diganti dengan fresh cream atau fresh milk biasa.
  • Essence lemon bisa diganti dengan juice lemon atau lime juice, sertakan juga parutan kulitnya.
  • Pada saat sebelum memanggang bungkus sekeliling luar loyang dengan aluminium foil agar air rendamannya tidak masuk.
  • Kalau memakai topping keju parut maka keju parut ditaburkan sesaat sebelum cake dipanggang.

No comments:

Post a Comment