Sunday, August 1, 2010

Lemon Meringue Pie

Lime Meringue Pie


Seperti biasa saat ada waktu sedikit luang saya dan anak saya mampir ke sebuah kedai kopi  "International brand" favorite saya  yang cukup terkenal di kota tempat kami tinggal. Saya pilih tempat itu karena selain tempatnya yang dekat dengan sekolah anak dan tempat kursusnya suasana dikedai kopi ini juga cukup cozy. Terkadang mereka juga banyak menawarkan menu baru menarik, sehingga saya tidak akan ketinggalan trend selera international yang bisa juga bisa saya pakai nantinya sebagai bahan uji coba di dapur sendiri.
Kali ini mereka menawarkan "lime meringue pie" sebagai pilihan. Saya tertarik sekali dengan bentuknya dan warnanya yang menarik, pie dengan isi hijau pupus dan diselimuti meringue putih bersih, sungguh perpaduan warna yang cantik sekali. Mengenai rasa jangan ditanya...lembut membelai lidah dengan rasa asam lime yang khas...benar-benar sesuai selera saya yang memang tidak suka cake yang terlalu manis dan enek. Sangat cocok dimakan siang-siang yang panas dibarengi dengan segelas juice berry dingin hmmm....

Tanpa banyak membuang waktu, sesampainya dirumah langsung saya cari resepnya di internet, setelah browsing sana sini, pilah pilih semua resep lime meringue pie yang ada maka pilihan saya jatuh pada resep yang di posting Riana pada blognya "for the love of baking"...resepnya mudah dengan bahan yang tidak rumit...

Lemon Meringue Pie
Memakai cetakan pie besar

Bahan Pastry :
- 225 gr plain flour
- 150 gr butter
- 25 gr caster sugar
- 1 btr telur

Filling :
- 375ml Orange juice (Saya lebih suka memakai  lime juice + susu/cream)
- 50 gr butter
- 27 gr corn flour
- 2 eggs yolk
- 1 egg
- 50-75 gr caster sugar ( sesuai selera)
- Pewarna hijau (bila memakai lime juice)

Marique :
- 2 white eggs
- 175 gr sugar

Cara Membuat :
  1. Campur semua bahan kulit, aduk rata sampai bergerindil halus dengan garpu atau food processor. Simpan di kulkas kurang lebih 1/2 jam.
  2. Pipihkan dalam loyang bongkar pasang yang telah diberi olesan mentega dan alas kertas roti
  3. Oven 10-15 mnt. Sisihkan.
  4. Masak orange juice dan gula sampai larut, sedikit-sedikit masukkan kuning telur yang telah dikocok terlebih dahulu dan butter. Terakhir masukkan corn flour dan pewarna hijau, masak sampai meletup-letup.
  5. Isi taruh di kulit pie. Oven lagi 10 mnt
  6. Tutup dengan adonan meringue yang telah dikocok kaku.
  7. Oven selama 5 mnt memakai api atas atau sampai warna meringuenya agak coklat.

Catatan :
  • Bahan pastry bisa diganti dengan biskuit coklat atau vanilla yang dihancurkan ditambah butter.
  • Cara membuat sama dengan cara membuat kulit pastry diatas.
  • Untuk pie yg dicetak kecil2 maka tahap 5 (dari cara membuat) bisa di skip.

No comments:

Post a Comment