Saturday, July 12, 2014

Homemade sunrise bread


Pada saat puasa biasanya saya lebih mudah menentukan menu berbuka tetapi amat sulit menentukan menu sahurnya. Menu berbuka yang terdiri dari takjil, menu utama dan menu tambahan berupa makanan atau camilan kecil lainnya tidak berlaku pada saat sahur, karena rasa kantuk masih ada dan tidak biasa makan diwaktu sepagi itu makanya sering kali orang serumah lebih memilih makanan yang tidak terlalu berat. Saya akhirnya hanya menyiapkan menu yang praktis dan ringan-ringan saja, tapi tentunya kecukupan gizi juga harus diperhatikan. Untuk itu menu sunrise bread ini menjadi andalan saya.

Perkenalan saya pertama kali dengan sunrise bread ini bermula pada saat sebuah bakery franchise sebuah brand terkenal buka cabang didekat rumah, rasanya yag enak bikin ketagihan dan jatuh cinta, apalagi kalau diminum dengan teh susu kental....hmmmm nikmat sekali. Saya biasa menikmatinya setelah pulang berolah raga pagi.

Karena bikin nagih ini makanya berusaha browsing bagaimana cara membuatnya dan sampailah pada resep yang ada di pinterest teman. Cara membuatnya ternyata tidak sulit dan tidak memakan waktu yang lama, oleh karena itu sekarang saya selalu membuatnya sendiri di rumah.

Variasi dan bentuk dari sunrise bread ini bisa beraneka ragam tetapi yang pasti adalah roti dipanggang dengan telur yang dibuat menyerupai bentuk matahari yang bersinar sempurna, oleh sebab itu dinamakan sunrise atau matahari terbit.

Kalau ingin menu sahur yang praktis maka resep sunrise bread ini bisa di coba...

Bahan :

- Roti tawar (saya pakai roti tawar slice biasa dengan pinggiran)
- Telur utuh
- Garam
- Merica

Cara membuat :




  1. Sediakan semua bahan.
  2. Kerat roti tawar bentuk sesuai selera (saya kotak), keratan sebaiknya jangan sampai ke dasar roti. Kalau rotinya tipis maka bisa ditumpuk 2 baru dikerat.
  3. Tekan-tekan pada bentuk yang dikerat dengan menggunakan tangan sehingga membentuk cekungan padat, tuang telur ke tengahnya. Beri merica dan garam.
  4. Panggang selama 3-4 menit, tergantung keinginan kalau mau telurnya setengah matang bisa dikurangi waktu pemanggangannya, atau ditambah kalau ingin matang benar.

Catatan :
  • Chicken strip atau chicken ham bisa ditambahkan ke sunrise ini.
  • Hidangkan dengan sayuran panggang, kacang2an, salad atau sosis.

1 comment: