Sunday, May 18, 2014

Homemade Bagels


Beberapa hari yang lalu saya membuat adonan donat terlalu banyak, karena sayang mau dibuang maka sisa dari adonan itu akhirnya saya simpan di freezer dengan harapan suatu saat nanti kalau saya perlu akan saya gunakan kembali. Terus terang ini pertama kalinya saya menyimpan sisa adonan di freezer, agak kuatir juga apakah adonan roti yang sudah ada raginya ini bisa di bekukan tanpa dibuat setengah matang dulu seperti yang banyak dilakukan bakery-bakery dan akan berhasil bagus lagi bila akan digunakan kembali, tapi karena sayang maka saya coba juga, toch tidak ada ruginya mencoba.

Setelah kurang lebih 3 minggu berada di freezer akhirnya adonan saya keluarkan. Setelah didiamkan beberapa lama adonan kembali menjadi lunak tapi sedikit basah, maka saya tambah sedikit tepung terigu dan diuleni lagi, saya coba ulangi prosesnya seperti cara membuat roti atau donat biasa dan ternyata berhasil, adonan kembali mengembang sempurna. Jadi lain kali kalau ada sisa adonan roti atau donat tidak akan saya buang lagi karena masih bisa digunakan lagi nantinya.

Kali ini sisa adonan tersebut saya pakai untuk membuat bagel. Cara membuatnya sama seperti cara membuat donat atau roti biasa tapi prosesnya saja yang sedikit berbeda, kalau donat di goreng maka bagel di rebus di air baru kemudian di oven. Perebusan ini akan membuat lapisan luar bagel menjadi krispy setelah di oven tetapi dalamnya tetap lembut.

Bagel enak dimakan dengan berbagai variasi seperti diisi selai buah, cream cheese, sayuran dengan kombinasi tuna, ayam ataupun salmon serta mayonnaise, tapi saya lebih suka kalau bagel dinikmati begitu saja bersama secangkir kopi pahit hmmmm...bener-benar enak...

Kalau ingin mencoba resep bagel ada di bawah ini ya.....

Homemade Bagels

Bahan :

- 500gr tepung terigu
- 100gr gula pasir
- 4 kuning telur
- 1sdm fermipan
- 200ml susu fresh dingin (saya pakai air es)
- 100gr mentega cair
- Garam
- Wijen hitam/putih untuk taburan
- Mentega untuk olesan
- 1 kuning telur untuk olesan, kocok lepas
- 1,5sdt bicarbonate soda

Cara :
  1. Campur terigu, gula pasir dan fermipan dalam mangkuk besar.
  2. Buat lubang ditengahnya dan masukkan telur dan susu segar. Uleni hingga rata.
  3. Tambahkan mentega cair dan garam, uleni hingga terasa ringan dan kalis.
  4. Bentuk bulat adonan dan diamkan selama kurang lebih 30 mnt di mangkuk besar yang ditutup dengan wrapping plastic (cling).
  5. Potong-potong adonan, dan bulatkan lagi dalam bulatan kecil-kecil (30gr) dan beri lubang tengahnya, diamkan 10mnt.
  6. Siapkan panci yang diisi dengan air agak penuh. Rebus air sampai mendidih, tambahkan bicarbonate soda.
  7. Masukkan adonan, biarkan sampai mengambang, putar-putar dengan sumpit tengahnya seperti membuat donat agar bentuknya bagus.
  8. Rebus dan balik-balik, tiap sisi sekitar 2 menit dan angkat.
  9. Taruh bagel yang sudah direbus di Loyang datar yang sudah diolesi mentega, susun, oles dengan kuning telur atasnya dan taburi wijen.
  10. Oven selama kurang lebih 10 menit atau sampai berwarna coklat keemasan. Oles kembali dengan mentega. Bagel siap dihidangkan.
Catatan :
  • Kalau ingin krispy lebih tebal maka pada saat merebus tiap sisi dibuat agak sedikit lebih lama.
  • Wijen bisa diganti poppy seeds atau mustard seeds.

No comments:

Post a Comment