Wednesday, July 10, 2013

Getuk singkong



Tidak terasa bulan Ramadhan sudah datang, tidak seperti Ramadhan tahun-tahun yang lalu Ramadhan kali ini kami lalui dengan sedikit berbeda. Bulan ini adalah bulan terakhir kami tinggal di rumah yang kami tempati, sibuknya persiapan pindahan ditambah kesibukan-kesibukan lain di luar yang memang sedang sedikit padat membuat saya hampir tidak mempersiapkan apa-apa untuk menyambut Ramadhan ini.

Biasanya dulu saya selalu berbelanja sedikit lebih istimewa dan lebih banyak dari hari biasa. Untuk menu sahur dan berbuka pun saya persiapkan sebaik-baiknya, kali ini karena hampir semua peralatan dapur dan memasak saya sudah rapi masuk box maka sedikit malas saya mempersiapkannya, cukup membuat menu sehari-hari dan yang praktis-praktis saja.

Untuk menu snack hari pertama maka saya membuat getuk singkong ini. Bahannya yang sederhana dan cara membuat yang mudah serta cepat sangat memudahkan. Disamping itu getuk singkong selain enak juga mengenyangkan, bisa juga dipakai sebagai pilihan menu sahur nanti malam.

Selamat berpuasa, semoga puasa kita mendapat berkah......

Getuk singkong

Bahan :
- 1kg singkong, kupas dan cuci bersih
- 200gr gula pasir
- 1/2sdt vanilli
- 2 sdm margarine
- Essence pandan / pewarna sesuai selera.

Cara :
  1. Kukus singkong sampai empuk, haluskan.
  2. Pada saat panas campur singkong yang telah halus dengan gula, vanilli, dan margarine, aduk rata.
  3. Bagi adonan sesuai dengan warna yang diinginkan.
  4. Cetak adonan singkong dengan mesin mie/gilingan daging, potong2 sesuai selera.
  5. Hidangkan bersama parutan kelapa.


Catatan :
  • Getuk bisa dibentuk lain, seperti digulung, dicetak kecil2, tergantung selera masing-masing.
  • Parutan kelapa supaya tahan lama maka sebaiknya dikukus terlebih dahulu dan diberi sedikit garam.





No comments:

Post a Comment