Sunday, November 28, 2010

Mie ayam jamur

Tidak  terasa ternyata sekarang sudah masuk akhir November, sebentar lagi pasti akan masuk akhir tahun dan mulai menyambut tahun baru lagi. Yang jelas sejak November pasti dibeberapa daerah tropis yang memiliki 2 musim sudah mulai masuk musim hujan. Di negara tempat saya tinggal awal bulan November ditandai dengan musim guntur dan kilat disertai angin kencang. Guntur bergemuruh tak henti-henti sepanjang hari, yang anehnya terkadang tidak disertai turunnya hujan sama sekali.
Memasuki akhir November sampai dengan akhir Januari, gemuruh guntur akan digantikan dengan hujan tiada henti. Sudah pasti kondisi cuaca yang seperti ini membuat semakin malas keluar rumah untuk beraktivitas di hari libur sekalipun, dan selera makanpun juga berubah. Yang tadinya suka yang seger-seger pasti sekarang suka yang hangat-hangat.
Disetiap hari hujan ada satu makanan yang tidak pernah absent hadir dan selalu dicari yaitu "Mie kuah". Hidangan mie kuah memang selalu dicari karena selain mengenyangkan dan mudah membuatnya (terutama yang punya stock mie instan), juga gampang di modifikasikan dengan berbagai variasi bahan lainnya seperti telur, bakso, sayuran, udang, dll.
Ada salah satu mie kesukaan keluarga saya yang walaupun menurut saya sedikit rumit pengerjaannya tapi juga selalu bikin kangen karena enak... Mie itu adalah Mie ayam jamur....
Mie ini juga biasa saya hidangkan kalau tiba-tiba akan kedatangan tamu mendadak di sore hari....asal semua bahan tersedia maka akan cepat membuatnya dan enak rasanya....

Bahan :
- Mie kuning kering atau fresh
- Daging ayam potong dadu kecil
- Daun sawi atau pakcoi potong2, bersihkan. Masak dan tiriskan.
- Jamur kancing kalengan, potong dadu
- Kulit Wanton goreng
- Bakso

Bumbu Kuah :
- Bawang putih
- Merica
- Daun bawang
- Garam
- Bawang merah goreng
- Kaldu ayam/daging

Bumbu untuk Mie :
- Garam
- Kecap asin (saya pakai kikoman)
- Kecap
- Merica

Bumbu Ayam :
- Bawang merah, haluskan
- Bawang putih, haluskan
- Merica
- Garam
- Kecap manis
- Kecap asin (saya pakai kikoman)

Cara Membuat :
  1. Kalau memakai mie kering rebus dulu mie sampai lunak dan tiriskan. Kalau memakai fresh mie, cukup guyur mie dengan air panas mendidih, lalu tiriskan.
  2. Atur mie dalam mangkuk besar, masukkan bumbu untuk mie, aduk rata. Sisihkan.
  3. Membuat kuah, dengan memasak semua bumbu kuah didalam air kaldu (beserta tulang2 ayam atau tulang sapi) dan bakso (kalau pakai bakso). Sisihkan.
  4. Tumis bumbu untuk ayam dalam minyak panas, masukkan potongan ayam masak sampai berubah warna, masukkan potongan jamur, aduk rata. Terakhir masukkan kecap manis, garam. Tumis sampai air sedikit habis.
  5. Cara menghidangkan : Taruh mie kedalam mangkuk, siram dengan ayam jamur diatasnya dan terakhir siram dengan kuah kaldu. Hidangkan bersama kulit wanton goreng, sawi dan bakso. 

Catatan :
Sepertinya hidangan ini rumit karena melalui 3 tahap, yaitu membumbui mie, bikin kuah, dan ayam jamur. Tapi kalau diperhatikan bumbu dasarnya hampir sama yaitu garam, merica, kecap asin, kecap manis dan bawang putih, bawang merah, asal semua bahan tersedia maka tinggal pengerjaannya saja yang dibuat bertahap. Selamat mencoba....

No comments:

Post a Comment