Friday, September 17, 2010

Lumpur daging/ cara isi

Lumpur daging setelah dihias
Saat liburan kemaren iseng-iseng saya melewati tempat kost sewaktu saya kuliah dulu. Walaupun sekarang daerahnya sudah lebih padat dari terakhir saya meninggalkan tempat itu tapi jalannya tetap sama, begitu juga rumah kostnya. Tetap berpagar putih dan memiliki teras yang asri dan nyaman, tempat saya dan teman-teman bercengkerama bersama mengerjakan tugas kuliah atau hanya duduk-duduk menghabiskan sore. Kenangan itu membawa ingatan saya kembali ke tahun-tahun dimana saya menempuh ilmu jauh dari orang tua.

Rumah kost tersebut dulu dikelola oleh seorang ibu yang gemar sekali memasak. Dia adalah anak tertua dalam keluarganya sehingga rumah kostnya tersebut terkadang juga dijadikan tempat menginap keluarganya yang tinggal jauh di luar kota. Oleh karena itu kegemarannya memasak bisa tersalurkan dan  sudah pasti kami sebagai anak kostnya sering sekali kebagian makanan hasil olahannya. Sehingga tidak pernah ada istilah kekurangan gizi atau kurang makan buat kami yang tinggal di tempat kost itu. Salah satu yang paling saya sukai selain soto ayam maduranya yang juga sudah terkenal  adalah kue "lumpur daging" atau terkadang orang juga menyebutnya "cara isi".

Lumpur daging ini bentuknya mirip dengan kue lumpur biasa tapi tidak manis, karena diberi topping berupa daging cincang maka rasanya sangat gurih. Perpaduan asin, gurih dan sedikit pedas serta cara membuat yang tidak rumit yang membuat kue ini layak dicoba. Walaupun pada resep aslinya cara memasaknya menggunakan arang tapi  saya sendiri mencobanya diatas api kompor dan ternyata rasanya tetap enak....sudah tentu cukup membuat nostalgia itu tumbuh kembali...

Lumpur Daging 
Lumpur daging/ cara isi ayam

Bahan kulit :
- 3 btr telur
- 125 gr tepung terigu
- 500 cc santan dari 1 btr kelapa (saya pakai thick coconut milk instant)
- 2 bh bawang putih haluskan
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1/4 sdt garam

Bahan Isi :
- 150 gr daging ayam cincang/ boleh diganti dengan daging sapi.
- 1 sdm bawang goreng
- 2 btg daun bawang iris tipis
- 2 bh cabai merah buang biji, iris tipis
- 1 btg seledri iris tipis
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1/4 sdt ketumbar bubuk
- 1/4 sdt garam

Cara Membuat
  • Bahan Kulit : Kocok telur sampai naik dan kental, masukkan bawang putih, tepung, merica, garam dan beri santan sedikit-sedikit bergantian, aduk rata.
  • Bahan Isi : Tumis daging ayam dengan minyak 2 sdm. Masukkan semua bumbu, aduk sampai kering, angkat dinginkan.
  • Oles cetakan kue lumpur dengan minyak, panggang di atas kompor. Isi dengan setengah adonan kulit, beri 1 sdt adonan isi, tutup lagi dengan adonan kulit. Panggang sampai matang, keluarkan dari cetakan.

No comments:

Post a Comment