Monday, November 18, 2013

Gulo kacang aka ampyang kacang



Wah makanan masa kecil.....makanan nostalgia....begitu komentar teman-teman ketika saya suguhkan makanan ini. Dulu saya menyebutnya dengan nama gulo kacang tetapi beberapa teman menyebutnya dengan ampyang kacang, dan biarpun namanya berbeda tapi yang jelas rasanya sama dan tetap enak... Sambil makan perlahan pasti ingatan kita kembali ke masa lampau..... Ya memang makanan ini selalu mengingatkan kita akan masa kecil kita dulu. Saya ingat dulu sewaktu kecil pada saat berkunjung ke rumah kakek di Malang selalu saja dibawakan oleh-oleh Gulo kacang ini. Atau terkadang bapak saya mengajak saya dan adik untuk membelinya sambil berjalan-jalan sore hari. Penjualnya ada di sekitar alun-alun kota Malang, tepatnya di depan kantor pos besar berjejer-jejer sampai di depan Masjid Agung Malang, berbaur dengan para penjual jajanan lainnya. Mereka berjualan digerobak kayu dorong berkaca sehingga kita dapat melihat apa yang dijual. Gulo kacang yang dijual lebar-lebar dan padat dengan kacang, rasanya manis gurih dengan kacang yang renyah, kami memakannya berlahan sambil asik berjalan melihat pemandangan alun-alun kota.

Saat terakhir liburan kemaren saya coba untuk mencari pedagang gulo kacang disekitar alun-alun kota malang tetapi ternyata sudah amat sulit didapat dan kalaupun ada yang berjualan, bentuk dan rasanya sudah tidak seperti dulu lagi, mungkin karena kalah bersaing dengan pedagang-pedagang jajanan modern lainnya atau juga dampak dari krisis ekonomi berimbas pada dagangannya. Amat sangat disayangkan karena pasti banyak yang kangen pada jajanan nostalgia ini.

Makanya begitu melihat resep gulo kacang ini dibeberapa blog milik teman-teman langsung saja gatal untuk mencoba, dan ternyata cara membuat serta bahannya tak sesulit yang saya bayangkan.
Resep aslinya saya dapatkan di disini dan dengan sedikit modifikasi maka jadilah gulo kacang ala saya tersedia untuk camilan sore dan menjadi primadona pada suguhan kali ini.


Gulo kacang

- 2 cup kacang tanah sangrai sampai matang
- 1 cup gula merah sisir halus
- 1/2 cup gula pasir
- 1/2 cup air
- 4lbr daun jeruk
- 1 ruas jahe, parut dan peras ambil airnya.

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan kecuali kacang, masak sampai mendidih.
  2. Setelah sedikit berbusa angkat daun jeruk, teruskan memasak.
  3. Kacang yang telah disangrai dimasukkan kedalam larutan gula setelah gula mulai berbuih dan buihnya berwarna lebih pucat.
  4. Aduk cepat, tuangkan didalam cetakan datar yang sudah dialas dengan kertas roti.
  5. Ratakan tipis-tipis dan bentuk dengan sendok selagi panas-panas.
  6. Tunggu dingin dan mengeras sebelum ditaruh di toples kedap udara.


Catatan :
  • Agar kacang tetap garing dan krispy campur saat larutan gula sudah cukup keras tapi belum sampai mengkristal (buihnya mulai pucat).
  • Aduk cepat dan langsung tuang ke cetakan untuk menghasilkan bentuk gula kacang yang bagus.
  • Daun jeruk bisa diganti dengan pandan atau bisa ditambahkan kayu manis.
  • Kacang Tanah bisa diganti almond atau kacang jenis lainnya.

No comments:

Post a Comment