Tuesday, October 29, 2013

Sate komoh (sate daging pedas)



 
 
 
Kemarin tiba-tiba mendapat kiriman daging sapi dari seorang teman yang tinggal di luar kota, bingung juga mau diolah apa karena sudah lama tidak mengolah daging sapi. Memang selama ini kami mengurangi konsumsi daging merah terutama daging sapi, disamping suami yang memang sudah tidak makan daging sapi sama sekali, dan saya sendiri kurang menyukai bau dari daging sapi yang dijual disini, yang menurut saya baunya tidak enak, jadi biasanya hanya anak saya saja yang mengkonsumsinya. Tapi karena kiriman kali ini sedikit banyak maka mau tidak mau harus segera dimasak untuk mengurangi penumpukan bahan makanan di kulkas mungil kami.
 
Setelah browsing sana sini akhirnya saya putuskan untuk membuat saja sate komoh. Namanya memang aneh sate komoh, tapi jangan ditanya rasanya, pasti bikin ketagihan. Sate daging sapi ini mempunyai aroma yang amat harum pada saat dibakar jadi mungkin cocok untuk menyamarkan bau daging yang akan saya masak nantinya. Selain itu bumbunya yang melimpah memiliki rasa manis pedas bikin ketagihan. Limpahan bumbu inilah yang membuat sate ini dinamakan sate "komoh" karena satenya "komoh-komoh" dalam bahasa Jawa yang artinya "basah melimpah".
 
Hidangan ini amat terkenal di kota Malang, saya ingat ada satu tempat makan yang menjadi langganan ibu saya yaitu Warung Lama H. Ridwan. Di warung ini selain menyediakan masakan khas Jawa timur lainnya juga menyediakan sate komoh. Sate komohnya besar-besar dan enak sehingga amat ramai pelanggan yang dating, dulu tempatnya di lantai dasar Pasar besar malang, warungnya kecil dengan kursi-kursi kayu, tapi karena permintaan dan pelanggan yang semakin banyak maka H.Ridwan akhirnya membuka cabang di dekat daerah situ juga tetapi dengan tempat yang lebih nyaman.
 
Resep sate komoh dibawah ini saya dapatkan dari "resep masakan online.com", hasilnya mirip dengan milik sate komoh H.Ridwan, jadi selamat mencoba....
 
 
Resep Sate Komoh
 
Bahan :
 
- 300gr daging sapi
- 200ml santan kental (saya pakai santan instan)
- Minyak untuk menumis
- Tusuk sate
- Garam
- Gula
- 5 suing bw merah
- 2 suing bw putih
- 1sdt ketumbar
- 1/2sdt jinten
- 2btr kemiri
- 4bh cabe merah (kalau mau pedas bisa ditambah)
- 2lbr daun jeruk
- 1 lbr daun salam
- 1 lbr sereh
- seruas laos
- 1sdt air asam
 
Cara :
  1. Bersihkan daging dan potong dadu, sisihkan.
  2. Haluskan semua bumbu kecuali daun salam, daun jeruk dan sereh.
  3. Tumis bumbu halus dan semua bumbu lainnya sampai harum.
  4. Masukkan daging, aduk dan biarkan sampai daging berubah warna.
  5. Tambahkan santan sebagian, masak terus sampai daging empuk. (kalau perlu tambahkan air).
  6. Angkat daging bila sudah empuk dan tusuk dengan tusukan sate, sisihkan.
  7. Masak terus sisa bumbu dan tambahkan sisa santan, masak sampai mengental, lalu sisihkan.
  8. Bakar sate daging sesaat sebelum dihidangkan, lalu siram dengan bumbu diatasnya.
 
Catatan :
  • Selalu gunakan daging dengan kualitas yang bagus agar cepat empuk.
  • Bersihkan daging dari urat-urat dan lemak sebelum dipotong-potong.


2 comments:

  1. Makasih nih Resepnya Sangat Bermanfaat. Saya Juga Mengoleksi Banyak Resep nih. Silakan Cek Langsung Disini http://www.resepmu.com/

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sudah mampir dan memberi support ya...

    ReplyDelete