Thursday, October 24, 2013

Bolu kukus mekar santan






Menurut pengalaman saya dalam membuat kue2 traditional, ada satu jenis kue yang selalu membuat saya harap-harap cemas menunggu hasil jadinya, kue-kue tersebut adalah jenis kue-kue yang mekrok (mekar atasnya) seperti jenis bolu kukus mekar dan jenis-jenis kue mangkok. Memang salah satu ciri yang menunjukkan berhasil tidaknya kue-kue jenis ini adalah kalau sudah merekah cantik berbentuk bunga, atau kalau istilah para pembuat kue harus berbentuk merekah ngakak lebar. Sayangnya ternyata kue-kue ini amat sangat sensitive sekali, untuk membuatnya merekah lebar tidak segampang seperti yang tertera di resep2, kue-kue manja ini memerlukan perhatian dan ketelitian yang luar biasa sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. 


Setelah mengalami jatuh bangun berkali-kali maka akhirnya saya simpulkan bahwa untuk jenis-jenis kue mangkok dan bolu kukus karena mengharuskan rekahan yang bagus maka diperlukan bahan tambahan yang bersifat mengembangkan disamping bahan utamanya. Pada resep-resep traditional bahan pengembang ini berupa ragi tape ataupun ragi beras, sedangkan untuk bolu kukus biasanya ditambahkan minuman bersoda atau air kelapa, bahan-bahan tersebut dipercaya dapat menghasilkan kue yang "bagus", sayangnya ternyata dengan memakai bahan-bahan tambahan diatas sering kali para pemasak pemula termasuk saya sering gagal, belum lagi ketersediaan bahan yang sulit di dapat dibeberapa Negara sehingga menjadikannya kendala. Bersyukurlah akhirnya sekarang banyak bersliweran resep-resep traditional yang sudah di modifikasi sehingga resep traditional tersebut lebih mudah diikuti dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Didalam resep-resep modern tersebut dipakai juga bahan tambahan lainnya seperti ragi instan dan baking powder. Dengan pemakaian baking powder dan ragi instan selain tingkat keberhasilan "merekah sempurna" lebih tinggi, juga hasil jadi kue-kue traditional ini kualitasnya menjadi lebih baik karena tahan empuk lebih lama. Keuntungan lainnya adalah bahan kue dapat dimodifikasikan dengan menambahkan berbagai macam bahan lainnya, seperti penambahan pumpkin atau ubi dan kentang pada kue mangkok, dan juga pengurangan pemakaian gula pada bolu kukus.

Kalau untuk resep-resep kue mangkok sudah dikupas habis dalam blognya mbak Rina audie, maka resep bolu kukus santan saya dapatkan dari blognya mbak Rina rinso, saya suka sekali resep bolu kukus ini karena tidak menggunakan minuman bersoda sehingga tidak terlalu manis, dan sebagai ganti bahan cairnya ditambahkan santan, rasanya semakin gurih dan wangi....Silahkan mencoba.....

Bolu kukus santan

Bahan :

- 2 btr telur
- 160gr gula pasir
- 1sdt emulsifier
- 1/2sdt baking powder
- 200gr tepung terigu
- 200ml santan cair (santan biasanya saya masak terlebih dahulu dengan daun pandan)
- Pewarna/ pasta pandan (sesuai selera)

Cara :
  1. Panaskan kukusan.
  2. Kocok telur dan gula sampai adonan naik, tambahkan emulsifier lalu kocok lagi sampai adonan berubah warna menjadi pucat dan berjejak kental.
  3. Kurangi kecepatan mixer, secara bergantian tambahkan tepung, baking powder dan santan, terus kocok sampai adonan benar-benar tercampur rata.
  4. Ambil sebagian adonan dan beri warna sesuai selera.
  5. Siapkan cetakan yang sudah dialasi paper cup, masukkan adonan sampai 2/3 penuh.
  6. Kukus selama kurang lebih 15mnt.
  7. Angkat dan hidangkan.

Catatan :
  • Kukusan harus benar-benar panas dan beruap banyak sebelum adonan dimasukkan.
  • Alasi tutup kukusan dengan serbet agar air tidak menetes.
  • Jangan buka kukusan sebelum matang.





No comments:

Post a Comment