Saturday, October 12, 2013

Putu ayu



Pada setiap liburan terutama liburan ke Indonesia ada satu kegiatan yang amat sangat saya sukai yaitu berkeliling di pasar-pasar tradisional. Dan hasil foto cantik putu ayu diatas adalah salah satu hasil dari perburuan saya. Cetakan berbentuk bunga sakura ini saya dapatkan di emperan salah satu lorong pasar besar Malang. Tadinya saya tidak berniat membeli apapun, dan hanya ingin berkeliling melihat-lihat saja, tapi akhirnya saya tertarik melihat berbagai macam barang yang dijualnya karena hampir semua adalah barang-barang dan cetakan untuk membuat kue-kue traditional. Beraneka ragam mulai dari cetakan pudding, cetakan kue lumpur, cetakan martabak, cetakan pukis dan masih banyak lagi lainnya, selain itu dia juga menyediakan beraneka asesories yang menyertainya seperti  beraneka ragam sutil2 kue kecil , sendok2 takar dan lain-lain.

Barang dagangannya sangat komplit dibandingkan dengan ukuran kiosnya yang hanya menempel di kios lain di pasar itu, bapak penjualnya juga amat ramah, dia dengan sabar menerangkan semua pertanyaan saya terutama kegunaan dan cara memakainya, karena terkadang saya memang tidak tahu.

Untuk satu macam kue saja ternyata dia memiliki beraneka ragam bentuk dan ukuran, contohnya untuk cetakan kue putu ayu, mungkin ada sekitar 4 macam model beserta ukuran yang berbeda-beda. Setelah puas melihat-lihat dan bertanya akhirnya saya putuskan untuk membeli beberapa cetakan kue termasuk cetakan putu ayu berbentuk bunga sakura ini. Hasilnya ternyata sangat tidak mengecewakan, amat sangat cantik dan memuaskan, apalagi kalau dilihat dari harganya, untuk 10 buah cetakan sang bapak  memberikan harga Rp 7.000,-

Pada hari itu akhirnya saya tidak hanya pulang dengan menenteng beraneka ragam belanjaan dari kiosnya tapi juga pengetahuan serta kenangan. Sayapun berjanji dalam hati untuk mengunjunginya lagi suatu hari nanti.

Putu Ayu

Bahan :

- 125gr gula pasir
- 2 btr telur
- 1/2 sdt emulsifier
- 150gr tepung terigu
-150ml santan kental (saya pakai coconut milk kaleng)
- Pasta pandan
- 1 btr kelapa parut (saya pakai 200gr kelapa parut)
- 1 sdt garam

Cara membuat :

  1. Kocok telur dan gula sampai mengembang, tambahkan emulsifier, kocok lagi sampai dengan kental dan berwarna pucat.
  2. Tambahkan tepung dan santan bergantian, aduk rata.
  3. Masukkan pasta pandan secukupnya, aduk rata.
  4. Persiapkan cetakan putu ayu, oles permukaannya dengan sedikit minyak.
  5. Masukkan kelapa parut yang sudah dikukus dengan garam sebelumnya, tekan-tekan sampai padat.
  6. Tambahkan adonan tepung diatas kelapa parut sampai 3/4 penuh.
  7. Kukus dalam dandang selama kurang lebih 10 mnt.
  8. Setelah matang keluarkan dari cetakan dan siap dihidangkan.

Catatan :

  • Agar hasil memuaskan maka kocok adonan sampai benar-benar kental.
  • Adonan tidak akan merembes ke bawah kalau kelapa parut ditekan sampai benar-benar padat.
  • Usahan kukusan panas betul dan beruap banyak sebelum memasukkan adonan.
  • Bungkus tutup kukusan dengan serbet agar air tidak menetes ke adonan.

No comments:

Post a Comment